Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Ahad, 7 Maret 2021 18:31
700 Persil Lahan Pemprov Belum Bersertefikat, KPK Minta Sebelum 2024 Tuntas

Ahad, 7 Maret 2021 15:12
Fuad Santoso Pimpin KNPI Riau Secara Aklamasi

Sabtu, 6 Maret 2021 19:16
Warga Hulu Kuantan Laporkan Alat Berat Kembali Beroperasi PETI di Sungai Alah

Sabtu, 6 Maret 2021 14:37
Syamsuar Paparkan Kondisi Riau Akibat Covid-19 di Hadapan Petinggi Golkar

Sabtu, 6 Maret 2021 14:24
Rumah Diteror Potongan Kepala Anjing, Pejabat Kejati Riau Lapor Polisi.

Sabtu, 6 Maret 2021 11:16
5 Rumah di Jakan Panger Pekanbaru Terbekar

Jum’at, 5 Maret 2021 22:35
Personel Satlantas Polres Rohul Bantu Panti Asuhan dan Kaum Dhuafa di Kaiti

Jum’at, 5 Maret 2021 21:32
Cegah Karhutla Dengan Berdayakan Kelompok Tani Peduli Api

Jum’at, 5 Maret 2021 17:28
Kecamatan Binawidya, Pekanbaru Segeral Gelar MTQ Tingkat Kelurahan

Jum’at, 5 Maret 2021 17:24
Bupati Meranti Buka dan Ikuti Musrenbang Tebing Tinggi Barat

Jum’at, 5 Maret 2021 17:19
Terkendala Perda, Retribusi Pasar di Meranti Sudah Dua Tahun Tidak Bisa Dipungut

Jum’at, 5 Maret 2021 17:11
Groundbreaking Pembangunan Rusun Ponpes Syeh Burhanuddin Kuntu Digelar

Jum’at, 5 Maret 2021 17:10
Bongkar Jaringan Narkoba Internasional, Polda Riau Sita 40 Kg Sabu dan 50.000 Butir Ekstasi

Jum’at, 5 Maret 2021 16:55
Diduga Tercemar, Air Sungai di Bengkalis Ini Tak Lagi Bersahabat Saat Kemarau

Jum’at, 5 Maret 2021 16:26
Jumat Berokah, Polres Inhil Bagi Nasi Bungkus Sekaligus Sebar Himbauan Taati Perlalin



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 21 Pebruari 2021 16:46
Cegah Kerusakan,
Jalan Alternatif Rohul-Bengkalis akan Dipasangi Portal

Mencegah kerusakan akibat kendaraan ODOL, maka jalan operasional migas Rohul-Bengkalis akan dipasangi portal.

Pekanbaru-Riauterkini– Lalu lalang kendaraan bermuatan melebihi kapasitas, atau disebut dengan Over Dimension Over Loading (ODOL), berdampak terhadap kondisi jalan pendukung operasi migas di Rokan Hulu (Rohul) dan Bengkalis. Jalanan menjadi rusak sehingga turut merugikan masyarakat sekitar yang juga memanfaatkan ruas jalan tersebut.

Sejauh ini, kerusakan parah terjadi di sejumlah titik di Dusun Tegar, Mandau, Bengkalis, dan Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul. Tak hanya itu, kendaraan bertonase besar juga menyebabkan kerusakan sejumlah jembatan di area operasi PT CPI, yakni Jembatan I Jurong di Desa Petani, Bathin Solapan; Jembatan Jurong II yang merupakan penghubung Jalan Rangau di Bengkalis, dengan Bonai Darussalam, Rohul; serta jembatan di dekat South Bekasap GS, Dusun Tegar, Mandau.

PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), selaku pengelola jalan operasional migas tersebut, telah berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat dan pihak terkait lainnya. PT CPI sedang berupaya memperbaiki jalan dan jembatan tersebut. "Perhatian utama kami adalah keselamatan masyarakat sekitar yang menggunakan jalan tersebut. Proses perbaikan diperkirakan memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan,” kata Rudi Arief selaku Manager Corporate Affairs Asset North PT CPI.

Namun, PT CPI mengajak semua pihak terkait agar bersama-sama menjaga kondisi jalan dengan membatasi lalu lalang kendaraan ODOL. Berdasarkan kesepakatan, salah satu upaya yang segera ditempuh adalah pemasangan portal di sejumlah titik agar kendaraan yang melintas sesuai dengan daya dukung atau kekuatan jalan. Upaya tersebut juga bertujuan melindungi keselamatan pengguna jalan dari kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat jalan yang rusak.

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia di Blok Rokan yang mengelola aset-aset negara, termasuk jalan operasional. Dalam perkembangannya, jalan operasional migas ternyata juga dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Pemeliharaan jalan-jalan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan operasional dan tidak didesain untuk lalu lintas kendaraan-kendaraan bertonase besar dan melebihi kapasitas.

”PT CPI mengharapkan semua pihak ikut bersama-sama menjaga jalan dan jembatan yang diperbaiki ini dengan mematuhi batasan tonase setiap kendaraan untuk menghindari kerusakan jalan yang parah,” tegas Rudi.

PT CPI juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait kebutuhan normalisasi gorong-gorong di dekat Jembatan II Jurong. Normalisasi tersebut diperlukan agar tidak ada genangan air sehingga perbaikan jalan dapat dilakukan.

Pada Selasa lalu (16/2), Rudi berdiskusi dengan Kanit Bimas Polsek Bonai Darussalam, Babinsa, humas PT Bina Daya Bentala (PT BDB), dan warga setempat. Kendaraan-kendaraan PT BDB, salah satu mitra pemasok Hutan Tanaman Industri (HTI) bahan baku pembuat kertas, juga memanfaatkan jalan operasi migas yang dikelola PT CPI.

Pihak PT BDB telah melakukan normalisasi kanal air di sekitar kebun masyarakat. Kombinasi curah hujan yang tinggi, tersumbatnya gorong-gorong jalan, dan minimnya saluran kanal pada lahan gambut yang dikonversi menjadi lahan perkebunan mengakibatkan banjir dan kerusakan jalan di sekitarnya sepanjang 500 meter.

Kanit Bimas Polsek Bonai Darussalam Ramadanus menyampaikan, semua pihak berkepentingan untuk bersama-sama mencari solusi atas persoalan banjir dan jalan rusak. "Mari kita bersinergi, saling berkontribusi memperbaiki jalan ini. Terima kasih atas perhatian Chevron (PT CPI, Red.) yang sangat responsif terhadap keluhan masyarakat sekitar,” kata Ramadanus. Dia juga menginformasikan, Camat Bonai Darussalam juga mengapresiasi langkah yang diambil PT CPI.***(adv)

teks foto: Antrean kendaraan bertonase besar di jalan Desa Bonai, Rohul, (foto kiri) dan Dusun Tegar, Bengkalis, yang melebihi kemampuan daya dukung jalan di area tersebut yang sebenarnya didesain hanya sebagai jalan pendukung operasional migas.

Loading...


Berita lainnya..........
- Bupati Yopi, Jadikan Idul Fitri Momen Intropeksi Diri
- Dibawah Bupati Yopi Penanganan Covid-19 Inhu Berjalan Maksimal
- RAPP, APR, Asian Agri Serahkan Bantuan APD bagi Tenaga Kesehatan
- Dikomandoi Bupati Yopi Penanganan Covid-19 di Inhu Terus Digesa
- Antisipasi Covid-19, DPRD Riau Bagikan Handsanitizer Gratis ke Pengemudi Ojol
- Update Covid-19, 12 ODP di Inhil Telah Selesai Masa Pemantauan dan Dinyatakan Aman
- Komisi IV DPRD Riau Tinjau Jalan Provinsi Ruas Tandun Hingga ke Pasirpangaraian
- Kepentingan Masyarakat dan Daerah,
Fraksi DPRD Bengkalis Setujui Usulan Ranperda RTRW dan RDTRW

- Bosda SMA/SMK di Riau Segera Cair
- Komisi VIII DPR RI Janji Percepat Terwujudnya Embarkasi Haji Penuh


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com