Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Selasa, 3 Agustus 2021 21:47
Rawat 37 Pasien Covid-19, BOR RSUD Indrasari Rengat Capai 87,18 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 19:47
Satu Dalam Pencarian, Tim Polair Polres Rohil Selamatkan Dua Nelayan

Selasa, 3 Agustus 2021 19:31
Dua Pencuri Pipa Besi Chevron Dibebaskan Polres Rohil

Selasa, 3 Agustus 2021 19:28
Okupansi di RSUD Puri Husada Capai 67 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 18:24
Gubri Keluarkan SE Aturan Kerja ASN Selama Masa PPKM Level 4

Selasa, 3 Agustus 2021 16:45
Dampak Covid-19 di Pekanbaru, Kendaraan yang Uji KIR Turun 10-15 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 16:42
Layani Aduan Secara Online, KPBD Inhu Gandeng Dua OPD

Selasa, 3 Agustus 2021 14:04
Buang Janin ke Sumur, Mahasiswi di Kuansing dan Pasangannya Ditangkap

Selasa, 3 Agustus 2021 13:56
KPA Riau Akan Pertanyakan Alasan Polres Kampar tak Tahan Pelaku Penganiaya Anak

Selasa, 3 Agustus 2021 13:51
DPRD Riau Terima Kunjungan Studi Banding Pansus RPJMD DPRD Sumbar

Selasa, 3 Agustus 2021 13:00
Diperpanjang, Wagubri Minta Masyarakat Patuhi Aturan PPKM

Selasa, 3 Agustus 2021 12:55
Riau Berwakaf 2021 Sukses Galang Rp 212,8 Miliar

Selasa, 3 Agustus 2021 10:34
Hari ini 23 Calon Pejabat Tinggi Pemkab Bengkalis Ikuti Wawancara

Selasa, 3 Agustus 2021 10:31
Istri Bupati Kuansing, Salurkan Bantuan pada Korban Kebakaran 

Selasa, 3 Agustus 2021 08:50
Pemkab Rohil Mediasi Warga Tinggali Tanah Negara untuk Jaringan Pipa Minyak Blok Rokan



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 28 Juni 2021 20:39
Bupati Rohil Resmikan Dua Sumur Air Bersih dalam Sehari

Keinginan mayarakat Kelurahan Rantau Kopar dan Sedinginan akan akses air bersih kini terpenuhi. Bupati resmikan dua sumur air bersih.

Riauterkini–Penantian panjang masyarakat Kelurahan Rantau Kopar dan Sedinginan, Kabupaten Rokan Hilir,untuk mendapatkan akses air bersih berakhir sudah. Ini setelah diresmikannya pembangunan sumur air bersih di kedua wilayah tersebut pada hari Minggu (28/6). Pembangunan kedua sumur tersebut digagas oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) yang menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Riau (LPPM Umri) sebagai mitra pelaksana.

Fasilitas tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman.“Kemitraan Rokan Hilir dengan PT CPI telah berlangsung sejak lama dan terjalin erat. Pembangunan sumur air bersih untuk masyarakat ini merupakan salah satu contoh bahwa PT CPI selalu hadir untuk masyarakat Rohil, semoga hal seperti ini semakin intens dilakukan dikemudian hari,” kata Bupati Afrizal Sintong.

Bupati meresmikan kedua sumur tersebut secara beruntun dalam satu hari. Setelah meresmikan di Sedinginan, beliau bergerak menuju Rantau Kopar yang berjarak sekitar 40 menit untuk melakukan peresmian berikutnya.

Pembangunan sumur air bersih di Rantau Kopar dimulai sejak tahun lalu. Sumur dibangun dengan kedalaman 108 meter dan dilengkapi tangki penyimpanan berkapasitas lebih dari 22.500 liter. Sumur ini didesain untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi lebih dari 50 KK dan 500 jamaah masjid perharinya. Sedangkan untuk di Sedinginan, sumur memiliki kedalaman 102 meter, tiga sumur bor dangkal, dan tangka penyimpanan berkapasitas 22.500 liter.

”Keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih sehingga turut mendukung kesehatan masyarakat. Kami berharap agar fasilitas ini dirawat sehingga bermanfaat dalam jangka panjang,” ungkap VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin saat memberikan sambutan.Selain pembangunan fasilitas, masyarakat juga akan diberikan pendampingan bagaimana mengelola, memanfaatkan serta memelihara sumur air bersih tersebut secara kolektif sehinggadapat bertahan lama.

Sumur air bersih di Kelurahan RantauKopar dan Sedinginanini merupakan lokasi ketiga dan keempat yang dibangun PT CPI di bawah ProgramChevron untuk Riau Sehat Sejahtera(Cherish). Pembangunannya didanai langsung oleh KorporasiChevronmelalui mekanisme solecost. Tiga sumur sebelumnya dibangun di Minas Barat (Siak) dan Sukaramai (Kampar). Program ini selaras dengan upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian dan mempromosikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Dalam acara peresmiansumur air bersih di Rantau Kopar dan Sedinginan, tampak juga hadir Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Rektor Universitas Muhamaddiyah Dr. H. Mubarak, M.Si, dan para tokoh masyarakat. “Meskikontraknyaakan berakhirdi Blok Rokan, semangat PT CPI tidak pernah padam untuk membantu masyarakat melalui berbagai program.Kami juga mengapresiasi langkah PT CPI yang melibatkan institusi pendidikan untuk bersinergi menciptakan program-program yang bagus,” ungkap Rikky Rahmat Firdaus.

Ditengah situasi pandemi seperti sekarang, ketersediaan dan akses air bersih menjadi sangat penting. Air bersih diperlukan untuk mendukung sanitasi masyarakat sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19 lebih jauh.Beberapa wilayah di sekitar operasiPT CPI tergolong sulit mendapatkan akses air bersih. LPPM Umri menggunakan teknologi Geogreen Water Finder System (GWFS)dalammelakukan survei untuk menentukan titik-titik potensial menghasilkan air bersih.

Di bawah Program Cherish, PT CPI juga melaksanakan program Ketahanan Pangan melalui bantuan sarana-prasarana, pendampingan lapangan, dan pelatihan pemasaran digital kepada 20 kelompok tani. Pada akhir Februari lalu, PT CPI meluncurkan sebuah platform pemasaran online PetaniRiau.id yang dapat menjadi sarana para petani untuk memasarkan produknya. PT CPI juga mengadakan Program Pemberdayaan Kelurahan Siaga COVID-19.

Selama masa pandemi COVID-19 ini, PT CPI juga memberikanbantuan bersifat tanggap darurat seperti penyediaan masker, hand sanitizer, APD, tempat tidur rumah sakit, pembagian sembako yang disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten/ kota dan provinsi. PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com.***

Keterangan Foto: (dari kiri ke kanan) VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, dan Wakil Bupati Sulaiman berfoto bersama dengan latar belakang tangki penyimpanan air bersih di Rantau Kopar pada Minggu (27/6).

Loading...


Berita lainnya..........
- Operasi PT CPI Makin Kompetitif Kinerja Keselamatan dan Efisiensi Naik secara Signifikan
- Kinerja Produksi Migas Tetap Kokoh di Tengah Pandemi,
PT CPI Manfaatkan Solusi Digital untuk Tekan Penyebaran Covid-19

- Tim Fire Fighter PT RAPP Bantu Padamkan Karhutla di 5 Lokasi di Siak
- Cegah Kerusakan,
Jalan Alternatif Rohul-Bengkalis akan Dipasangi Portal

- Dalam Rangka Bulan K3, Pertagas Pastikan Kelancaran Proyek Pipa Rokan
- Peringatan Bulan K3 Nasional,
RAPP-APR Tetap Fokuskan K3 di Masa Pandemi

- Cegah Karlahut di Masa Pandemi, DBA Asian Agri Tingkatkan Immunitas dengan Madu Kelulut
- Kota Dumai dan Jejak Caltex
- Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi,
SKK Migas-PT CPI Bantu Pelatihan hingga Sarana Produksi

- Pilkada Inhu Kondusif, Bupati Yopi Apresiasi Kinerja KPU


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com