Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Selasa, 3 Agustus 2021 21:47
Rawat 37 Pasien Covid-19, BOR RSUD Indrasari Rengat Capai 87,18 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 19:47
Satu Dalam Pencarian, Tim Polair Polres Rohil Selamatkan Dua Nelayan

Selasa, 3 Agustus 2021 19:31
Dua Pencuri Pipa Besi Chevron Dibebaskan Polres Rohil

Selasa, 3 Agustus 2021 19:28
Okupansi di RSUD Puri Husada Capai 67 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 18:24
Gubri Keluarkan SE Aturan Kerja ASN Selama Masa PPKM Level 4

Selasa, 3 Agustus 2021 16:45
Dampak Covid-19 di Pekanbaru, Kendaraan yang Uji KIR Turun 10-15 Persen

Selasa, 3 Agustus 2021 16:42
Layani Aduan Secara Online, KPBD Inhu Gandeng Dua OPD

Selasa, 3 Agustus 2021 14:04
Buang Janin ke Sumur, Mahasiswi di Kuansing dan Pasangannya Ditangkap

Selasa, 3 Agustus 2021 13:56
KPA Riau Akan Pertanyakan Alasan Polres Kampar tak Tahan Pelaku Penganiaya Anak

Selasa, 3 Agustus 2021 13:51
DPRD Riau Terima Kunjungan Studi Banding Pansus RPJMD DPRD Sumbar

Selasa, 3 Agustus 2021 13:00
Diperpanjang, Wagubri Minta Masyarakat Patuhi Aturan PPKM

Selasa, 3 Agustus 2021 12:55
Riau Berwakaf 2021 Sukses Galang Rp 212,8 Miliar

Selasa, 3 Agustus 2021 10:34
Hari ini 23 Calon Pejabat Tinggi Pemkab Bengkalis Ikuti Wawancara

Selasa, 3 Agustus 2021 10:31
Istri Bupati Kuansing, Salurkan Bantuan pada Korban Kebakaran 

Selasa, 3 Agustus 2021 08:50
Pemkab Rohil Mediasi Warga Tinggali Tanah Negara untuk Jaringan Pipa Minyak Blok Rokan



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 19 Juli 2021 18:15
DPRD Riau RDP Dengan Sejumlah Mitra Kerja

Sejumlah RDP atau hering dilakukan DPRD Riau bersama Mitra kerjanya. Membahas sejumlah permasalahan dan program pembangunan di Negeri Lancang Kuning.

Riauterkini-PEKANBARU-Dalam beberapa hari terakhir, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah mitra kerja. Diantaranya, Komisi IV dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Komisi II dengan Mitra Kerja, Komisi IV dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Komisi IV dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov.

RDP ini berdasarkan informasi yang berhasil riauterkinicom rangkum dari media sosial Humas DPRD Riau, Komisi IV RDP dengan Dinas LHK, di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Senin (12/07/2021). Rapat dipimpin Ketua Komisi IV Parisman Ihwan, didampingi Wakil Ketua Komisi IV, Dani M. Nursalam dan Sekretaris Komisi IV Almainis serta Anggota Komisi IV lainnya, Farida H. Saad, Mardianto Manan, Nurzafri, Sahidin, Yuyun Hidayat, Tumpal Hutabarat, dan Syafrudin Iput, serta dihadiri Wakil Ketua DPRD, Syafaruddin Poti.

Dari pihak Dinas LHK Provinsi Riau dihadiri Kepala Dinas (Kadis) LHK Provinsi Riau M. Murod, Kepala UPT Laboratorium DLHK Provinsi Riau Matnuril, PPLH Madya DLHK Provinsi Riau Nelson, beserta jajarannya.

Kadis LHK menjelaskan terkait realisasi program/kegiatan pada urusan bidang lingkungan hidup TA 2021 per 7 Juli 2021 dan hal-hal lainnya.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan, menanyakan terkait permasalahan tanah yang terkontaminasi minyak PT. Chevron Pacifik Indonesia (CPI).

Kadis LHK Provinsi Riau M. Murod menjawab hal tersebut bahwa sudah ada kesepakatan antara masyarakat dan PT. Chevron untuk ganti rugi. Masalah ini juga tergantung dari anggaran.

RDP juga dilakukan Komisi II dengan Mitra Kerja, di Ruang Rapat Komisi II DPRD Provinsi Riau, Rabu ( 14/07/2021). Rapat yang dipimpin Ketua Komisi II Robin P. Hutagalung, turut didampingi Wakil Ketua Komisi II M. Arpah, Sekretaris Komisi II Sugianto dan Anggota Komisi II Manahara Napitupulu. Turut hadir langsung dalam rapat ini Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi beserta jajarannya.

Rapat ini juga dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan Zulfadhi, Kabid BPN Provinsi Riau Masrul, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Inhu Paim, perwakilan BPN Inhu Taufik S. Wibowo, Advokat PT Inecda Aswandi, Humas PT Inegda Joko Dwi Yono, Kepala Desa Talang Mamak, Subandrio, dan perwakilan Desa Talang Mamak yakni Batin Adat Tiyau.

Robin P. Hutagalung mengatakan tujuan diadakan RDP menindaklanjuti rapat sebelumnya terkait persoalan pengaduan masyarakat Batin Adat Talang Mamak dari Inhu, dimana Masyarakat Adat Talang Mamak berkeyakinan desanya termasuk dilewati hamparan HGU PT. Inegda.

Dalam pada itu, RDP juga antara Komisi IV dengan BPBD Riau, terkait evaluasi program kegiatan tahun anggaran 2021, di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Kamis (15/07/2021).

Rapat ini dipimpin Anggota Komisi IV Adam Syafaat dan Anggota, Piter Marpaung. Dari pihak BPBD Provinsi Riau dihadiri Kepala BPBD Provinsi Riau M. Edy Afrizal, Kabid Kedaruratan, Jim Gafur, beserta jajarannya.

Edy Afrizal menjelaskan, salah satunya terkait dana respon cepat bencana, dimana anggaran tersebut baru masuk dan dipangkas untuk covid-19.

“Untuk pencegahannya, kabupaten/kota terus intens melakukan patroli rutin di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kami menindaklanjuti bupati dan walikota untuk membentuk satgas ke tingkat desa dengan membuat kegiatan kesiapan desa menghadapi bencana," ujarnya.

Lebih lanjut, M. Edy Afrizal menjelaskan bahwa untuk mendeteksi karhutla, pihaknya mendapat bantuan pesawat patroli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Terdapat 346 desa di Provinsi Riau yang rawan bencana.

Adam Syafaat menyarankan kepada pihak BPBD untuk memasukkan anggaran pendidikan kepada masyarakat. Karena jika sudah terjadi kebakaran, pihak manapun akan kewalahan jika tidak dibantu oleh masyarakat khususnya di daerah full gambut.

Lebih lanjut Piter Marpaung juga menambahkan agar BPBD membuat program yang melibatkan masyarakat dan semoga seluruh program BPBD dapat berjalan dengan baik.

Kemudian dari pada itu, RDP juga dilakukan antara Komisi IV dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau, terkait evaluasi program kegiatan tahun anggaran 2021, di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Kamis (15/07/2021).

Rapat ini dipimpin Ketua Komisi IV Parisman Ihwan, didampingi Anggota Komisi IV, Adam Syafaat, Farida H. Saad, Nurzafri, Piter Marpaung, Syafrudin Iput, Tumpal Hutabarat, dan Yuyun Hidayat.

Hadir juga Kepala Biro (Kabiro) Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Agusalim beserta jajarannya.

Dalam rapat, Agusalim memaparkan terkait realisasi keuangan dengan pengeluaran pada sewa bandwidth dan beberapa perjalanan dinas. Pada proses tender, terdapat harga tidak wajar. Aturan sekarang, harga tidak wajar dapat diklarifikasi dan dapat digugurkan. Apabila ia tidak bisa memberikan dokumen pendukung pada harga tidak wajar, maka perusahaanya akan digugurkan.

"Untuk saat ini, proses tender kita berjalan lambat. Upaya yang dapat dilakukan adalah pada bulan November kami mengirim surat ke OPD untuk mengikuti proses tender," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Farida H. Saad bertanya masih banyak tender yang belum selesai. Sehingga kapan batas waktu tender dapat diselesaikan atau tidak.

Agusalim mengatakan bahwa paket yang belum selesai berjumlah 106 paket dan akan berakhir pada tanggal 22 Juli 2021. Proses pelaksanaan tender harus selesai pada tanggal 31 Agustus 2021. Terkait proses tender gagal atau diulang, itu penyebabnya karena ada kesalahan dokumen dari OPD dan mereka yang meminta pembatalan.

Lain halnya dengan Nurzafri, dia bertanya adanya kegiatan yang ditenderkan dan ada kegiatan yang ditunjuk langsung. “Kalau penunjukan langsung prosesnya seperti apa dan kewenangannya dari siapa?," ujarnya.

Hal tersebut ditanggapi langsung oleh Agusalim bahwa untuk penunjukan langsung ada beberapa kriterianya.(Advertorial Humas DPRD Riau/noprio sandi)

Keterangan Foto Rapat Dengar Pendapat (RDP)

1. Komisi IV dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK),

2. Komisi II dengan Mitra Kerja,

3. Komisi IV dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau,

4. Komisi IV dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov.

Semua Foto bersumber dari Humas DPRD Riau.

Loading...


Berita lainnya..........
- Operasi PT CPI Makin Kompetitif Kinerja Keselamatan dan Efisiensi Naik secara Signifikan
- Kinerja Produksi Migas Tetap Kokoh di Tengah Pandemi,
PT CPI Manfaatkan Solusi Digital untuk Tekan Penyebaran Covid-19

- Tim Fire Fighter PT RAPP Bantu Padamkan Karhutla di 5 Lokasi di Siak
- Cegah Kerusakan,
Jalan Alternatif Rohul-Bengkalis akan Dipasangi Portal

- Dalam Rangka Bulan K3, Pertagas Pastikan Kelancaran Proyek Pipa Rokan
- Peringatan Bulan K3 Nasional,
RAPP-APR Tetap Fokuskan K3 di Masa Pandemi

- Cegah Karlahut di Masa Pandemi, DBA Asian Agri Tingkatkan Immunitas dengan Madu Kelulut
- Kota Dumai dan Jejak Caltex
- Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi,
SKK Migas-PT CPI Bantu Pelatihan hingga Sarana Produksi

- Pilkada Inhu Kondusif, Bupati Yopi Apresiasi Kinerja KPU


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com