Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 23 Juli 2021 21:37
Bincang Bincang Blok Rokan di Duri, Masyarakat Mandau Minta Porsi Ideal ke PHR

Jum’at, 23 Juli 2021 21:10
Sabet Peringkat 4 Nasional Kota Perlindungan Anak,
Komnas PA Bengkalis: Bukti Kerja Keras Bupati Kasmarni


Jum’at, 23 Juli 2021 20:27
PCR Peduli Salurkan Santunan Anak Yatim di Tiga Rumah Ibadah

Jum’at, 23 Juli 2021 20:18
Tiga Pelaku Pembakaran Hutan Lindung Bukit Suligi Diamankan Polisi Rohul

Jum’at, 23 Juli 2021 20:03
Diduga Dicovidkan dan Diterlantarkan, Keluarga Korban Kecelakaan di Inhu Lapor Polda Riau

Jum’at, 23 Juli 2021 20:01
Hadir di Pangkalan Kerinci Spektra Fair Tebar Promo

Jum’at, 23 Juli 2021 18:58
PT. SLS Bantu 1 Unit Ambulan untuk Kelurahan Pangkalan Lesung, Pelalawan

Jum’at, 23 Juli 2021 18:55
Kuansing Dapat 51,66 Kilometer Feeder Jalan Tol Dharmasraya-Kuansing-Rengat

Jum’at, 23 Juli 2021 16:46
TNI AL Terus Gencarkan Serbuan Vaksin di Dumai

Jum’at, 23 Juli 2021 16:14
Ditpolairud Polda Riau Gagalkan Penyelundupan 3 Kilogram Sabu Asal Malaysia

Jum’at, 23 Juli 2021 14:58
Carut Marut Penyeberangan Bengkalis-Pakning,
Dewan Sudah Sering Peringatkan Dishub Bengkalis


Jum’at, 23 Juli 2021 14:36
Siapkan Dapur Umum, Gubri Lepas Tim Pemberian Makanan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Jum’at, 23 Juli 2021 14:01
Kabar Baik, Pemprov Riau Anggarkan Kembali Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Bidikmisi

Jum’at, 23 Juli 2021 13:32
Dua Pelaku Narkoba Diringkus Polsek Keritang, Inhil

Jum’at, 23 Juli 2021 13:21
14 KCP Bank di Riau Diajukan Ditutup



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 20 Juli 2021 14:22
DPRD Riau Terima Kunker DPRD Kabupaten/Kota, Sumbar dan Sumut

Selain melakukan Kunker DPRD Riau juga menerima Kunker dari DPRD kabupaten/kota di Riau dan Sumbar dan Sumut. Dalam pekan kedua ini ada enam diantaranya komisi.

Riauterkini-PEKANBARU-Selain melakukan kunjungan kerja, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau juga menerima kunjungan kerja dari DPRD kabupaten/kota di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Dalam minggu kedua ini ada enam, Komisi V DPRD Riau terima kunker DPRD Kuansing, Komisi II DPRD Kota Medan dan Komisi I DPRD Bengkalis, Komisi II DPRD Riau terima kunker Komisi III DPRD Bengkalis, Komisi IV DPRD Riau terima kunker Komisi II DPRD Bengkalis, Komisi I DPRD Riau terima kunker Komisi I DPRD Kota Bukittinggi.

Informasi yang berhasil riauterkini.com rangkum dari pihak Humas DPRD Provinsi Riau (media sosialnya), untuk Komisi V DPRD Riau terima kunker DPRD Kuansing, diwakili Anggota Komisi V Marwan Yohanis, menerima kunjungan kerja gabungan Banggar DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dan Banmus DPRD Kabupaten Kuantan Singingi di Ruang Rapat Medium, Jumat (09/07/2021).

Kunjungan dari Banggar DPRD Kabupaten Kuatan Singingi di hadiri oleh Ketua Banggar Zulhendri beserta anggota banggar lainnya, dan dari Banmus DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dihadiri oleh Ketua Banmus Juprizal beserta anggota banmus lainnya.

Dalam pertemuan, Zulhendri memaparkan bahwa DPRD Kabupaten Kuansing sedang membuat Perda tentang Perangkat Daerah yang di buat oleh Pansus. Namun yang menjadi permasalahan adalah perda yang saat ini dibuat belum selesai dikarenakan regulasi yang terus berubah dan masa kerja pansus yang sudah 1 tahun. “Bagaimana langkah atau solusinya dalam menghadapi situasi ini,?” tanyanya.

Menanggapi hal itu Marwan Yohanis menjelaskan jika perda tersebut masih terdapat anggaran sebaiknya dilanjutkan, namun jika memerlukan anggaran, diajukan kembali ke Prolegda.

Lebih lanjut Marwan Yohanis menjabarkan untuk solusi masalah perda yang tidak selesai maka ada beberapa tahap penyelesaian, seperti diajukan langsung perpanjangan masa kerja pansus ke banmus dengan rekomendasi pemerintah daerah, perpanjangan pansus melalui paripurna yang dijadwalkan oleh banmus dan wacana membentuk pansus baru dengan implikasi yang dianggarkan.

“Untuk permasalahan masa kerja pansus sebenarnya kembali lagi ke tata tertib (tatib) DPRD masing-masing yang berdasarkan PP 12 tahun 2018. Berarti tinggal kembali ke tatib dari DPRD Kabupaten Kuansing ini apakah bisa melenturkan masa kerja atau tidak,” jelasnya.

Diakhir pertemuan, Marwan Yohanis berharap pertemuan dapat memberikan manfaat bagi masing-masing DPRD sehingga dapat memberikan kontribusi baik bagi daerah.

“Mudah-mudahan hasil rapat ini memberikan manfaat yang baik untuk Kabupaten Kuansing, mari kita jalan bersama dan tetap bersama dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat,” tutupnya.

Kemudian, Komisi V DPRD Riau terima kunker Komisi II DPRD Kota Medan, dalam rangka mencari informasi tentang penerapan belajar tatap muka tahun ajaran 2021-2022 di masa pandemi, Rabu (14/07/2021).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Komisi V DPRD Provinsi Riau, dipimpin Ketua Komisi V Eddy A Moh. Yatim didampingi Anggota komisi V, Zulkifli Indra, Abu Khoiri, Ramos Teddy Sianturi, Marwan Yohanis, dan Mira Roza. Dari pihak DPRD Kota Medan dihadiri oleh Anggota Komisi II, Haris Kelana Damanik dan jajarannya.

Dalam penjelasannya, Haris Kelana Damanik mengatakan Pemerintah Kota Medan telah membuat himbuan terkait pembelajaran tatap muka, muncul kebijakan PPKM, sehingga kondisi tersebut membuat pihaknya harus mencari informasi di provinsi lain dalam menanganinya.

Merespon hal ini, Eddy Moh. Yatim menjelaskan bahwa sebelum terdapat kebijakan PPKM, Provinsi Riau sebenarnya juga telah mempersiapkan pola pembelajaran tatap muka karena ditemukan pola daring menimbulkan banyak hal negatif terhadap anak-anak. Sehingga diberlakukannya kebijakan PPKM tersebut menyebabkan rencana pembelajaran tatap muka harus ditunda kembali.

“Tetapi di beberapa daerah seperti Dumai dan Meranti tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka hanya saja jumlah siswa dibagi,” ujar Eddy A Mohd. Yatim.

Dalam pada itu, Komisi II DPRD Riau terima kunker Komisi III DPRD Bengkalis di Ruang Rapat Komisi II DPRD Provinsi Riau, Kamis (15/07/2021).

Kunjungan diterima Tenaga Ahli Komisi II DPRD Provinsi Riau Harisiyanto. Dari DPRD Kabupaten Bengkalis dihadiri Ketua Komisi III Kabupaten Bengkalis Adri dan anggota komisi III lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Bagian Keuangan DPRD Kabupaten Bengkalis Akmal dan Kepala Bagian Risalah DPRD Kabupaten Bengkalis Nawawi Arif.

Selanjutnya, Komisi V DPRD Riau juga menerima kunker Komisi I DPRD Bengkalis, dalam rangka Konsultasi dan koordinasi, di Ruang Rapat Komisi V DPRD Provinsi Riau, Kamis (15/07/2021).

Kunjungan ini dihadiri Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkali Zuhandi dan Wakil Ketua, Arianto, Anggota Komisi I, Syafroni Untung, Nanang Haryanto, Horas Sitorus, Siantar, Al Azmi, Mustar J Ambarita, Sanusi dan Sugianto, Disnaker Kabupaten Bengkalis Kholijah, Ismetinol, Halazmi Julizar dan dan Mawar Fadhila.

Kunjungan ini diterima Tenaga Ahli Komisi V DPRD Provinsi Riau Faisal Umar.

Dalam diskusinya Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis berterima Kasih kepada DPRD Provinsi Riau karena telah menyambut dengan baik kedatangan rombongan dan menanyakan beberapa hal terkait saran dan informasi untuk pengembangan Kabupaten Bengkalis.

Sehari setelah itu, Komisi IV DPRD Riau menerima kunker Komisi II DPRD Bengkalis di ruang Rapat Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Jumat (16/07/2021).

Rombongan diterima Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ikhwan beserta Kepala Bidang Kedaruratan BPBD (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Provinsi Riau Jim Gofur dan Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum sekaligus Kepala Sub Bagian Produk Hukum.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Khairul Umam menyampaikan kunjungan kerja dalam rangka konsultasi terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) dan hal-hal yang lain.

Dihari yang sama, Komisi I DPRD Riau menerima kunker Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, di ruang rapat Komisi I DPRD Provinsi Riau, Jumat (16/07/2021).

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua DPRD Kota Bukittinggi Herman Sofyan, Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi Sabirin Rachmad serta Anggota Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial, Zulhamdi Nova Candra, Edison Katik, Dedi Fatria, Ali Zarman dan Arnis.

Kunjungan ini diterima Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Ustad Suhaidi didampingi Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Produk Hukum DPRD Provinsi Riau, Samto.

Herman Sofyan menjelaskan tujuan utama pihaknya untuk menggali informasi terkait peranan DPRD Provinsi Riau dalam mengelola adat yang ada.

Hal senada diungkapkan Sabirin Rachmad, pihaknya menyanjung tinggi apa yang ada di Provinsi Riau sebagai contoh di setiap rambu-rambu lalu lintas. Dimana Provinsi Riau menampilkan dua tulisan, yakni bahasa Indonesia dan tulisan arab melayu.

“Kami melihat begitu baik dan fokusnya pemerintah Riau dalam penerapan yang melekat pada adat. Bagaimana peran dan fungsi DPRD Provinsi Riau memberikan fasilitas kepada lembaga adat baik berupa fasilitas bentuk anggaran maupun kebijakan,” tuturnya.

Menanggapi hal itu Ustad Suhaidi menjelaskan peran DPRD dapat dilakukan melalui pokok-pokok pikiran DPRD dan upaya lainnya dengan mendukung lembaga-lembaga adat yang ada.

“Biasanya tidak merata namun ada sentral-sentral budaya yang menjadi perhatian khusus dan inilah yang di suport pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Riau,” jelas Ustad Suhaidi.

Lebih lanjut dijelaskan, secara kronologis, melihat secara berangsur-angsur adat di Kota Bukittinggi hanya tinggal simboliknya saja, sehingga harus ada perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih Riau dan Bukittinggi adatnya sudah hampir menyerupai.

“Saya fikir sangat bagus sekali kita kembangkan diskusi ini agar dijadikan satu agenda DPRD sehingga bisa berkolaborasi antar adat dan pemerintahan,” tutupnya.(Advertorial Humas DPRD Riau/noprio sandi)

Teks foto

1. Komisi V DPRD Riau diwakili Anggota Komisi V Marwan Yohanis, menerima kunjungan kerja gabungan Banggar DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dan Banmus DPRD Kabupaten Kuantan Singingi di Ruang Rapat Medium, Jumat (09/07/2021).

2. Komisi V DPRD Riau terima kunker Komisi II DPRD Kota Medan, dalam rangka mencari informasi tentang penerapan belajar tatap muka tahun ajaran 2021-2022 di masa pandemi, Rabu (14/07/2021).

3. Komisi I DPRD Riau menerima kunker Komisi I DPRD Kota Bukittinggi, di ruang rapat Komisi I DPRD Provinsi Riau, Jumat (16/07/2021).

Foto dan narasi bersumber dari Humas DPRD Provinsi Riau.

Loading...


Berita lainnya..........
- Bangkitkan UMKM di Masa Pandemi,
SKK Migas-PT CPI Bantu Pelatihan hingga Sarana Produksi

- Pilkada Inhu Kondusif, Bupati Yopi Apresiasi Kinerja KPU
- Dua Periode Memimpin, Bupati Yopi Tinggalkan Kesan Dihati Warga Inhu
- Gantikan Eet dan Husni,
Dua Srikandi Dilantik Sebagai PAW di DPRD Riau

- Bahas SKM, Bapemperda DPRD Riau Kunker ke Kemendagri
- Promo Wisata Kesehatan, Tourism Malaysia Medan Adakan Webinar
- APRIL 2030: Target Satu Dekade Grup April di Bidang Berkelanjutan
- Bupati Inhil HM.Wardan Buka Secara Resmi Pelatihan Kader PKK Inhil
- Dibina PT CPI-SKK Migas, Desa Wisata Kampung Patin Makin Bersinar
- DPRD Riau Gesa Pembahasan KUA-PPAS APBD Riau 2021 dengan Instansi Terkait


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com