Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Senin, 27 September 2021 21:27
Kemeriahan MTQ ke - II, Ini Harapan Lurah Duri Timur

Senin, 27 September 2021 20:52
Bank Riau Kepri Masuk 10 Terbaik se Indonesia dalam Mendukung Program Perumahan Pemerintahan Jokowi

Senin, 27 September 2021 19:39
Pemprov Gratiskan Rapid Antigen Untuk Pelamar CPNS

Senin, 27 September 2021 17:09
Bupati Kuansing Resmikan Pasar Pokan Selasa Desa Teluk Pauh

Senin, 27 September 2021 17:07
Bawa Kabur Sepeda Motor Warga Riau, Pria Asal Sibuhuan Ditangkap Polisi Rohul

Senin, 27 September 2021 15:58
Tekan Kecelakaan di Tol Permai, PT HK Pasang 20 Rumble Strip dan 15 Lampu Flip Flop

Senin, 27 September 2021 15:33
Empat Poin Penting Putusan Rapimwil PPP Riau

Senin, 27 September 2021 13:12
Wako Paisal Lantik Indra Gunawan Sebagai Sekda Kota Dumai

Senin, 27 September 2021 11:37
Bupati Kuansing Kembali Ingatkan Prokes Diperketat Saat Sekolah PTM

Senin, 27 September 2021 11:00
Disdik Pekanbaru Targetkan 80 Persen Pelajar Di Pekanbaru Tuntas Divaksin

Senin, 27 September 2021 07:38
Layanan Pengujian KIR di Kuansing Kini Berbasis Elektronik

Senin, 27 September 2021 07:35
Rp25 Miliar Penyertaan Modal PT Jamkrida Diganjal DPRD Riau

Senin, 27 September 2021 05:32
Musdalub Sempat Ricuh, Rahmad Ilahi Nahkodai BPD HIPMI Riau 2021-2024

Ahad, 26 September 2021 21:40
Dewan Ajak Masyarakat Pekanbaru Budayakan Tanjak

Ahad, 26 September 2021 21:36
Tolak Bantuan RLH, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Minta Pemprov Beri Sanksi Tiga Kabupaten



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 1 Agustus 2021 13:05
Menyimak Agenda DPRD Riau di Akhir Juli 2021

Beberapa komisi di DPRD Riau melaksanakan fungsi legislasinya. Berikut ini rangkuman kegiatan di akhir Juli 2021.

Riauterkini-PEKANBARU-Akhir Juli 2021, Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau memiliki agenda. Agenda tersebut, mulai dari Pansus Perubahan Perda Pajak DPRD Riau Raker Dengan Mitra Kerja, DPRD Riau RDP Dengan Disdik, Banmus DPRD Riau Susun Kegiatan, sampai DPRD Riau Kunjungan Observasi ke Bank Nagari Cabang Payakumbuh.

Berdasarkan media sosial resmi Humas DPRD Provinsi Riau, diuraikan, Panitia Khusus (Pansus) Perubahan Peraturan Daerah (Perda) Pajak DPRD Riau melaksanakan Rapat Kerja (Raker) dengan mitra kerja, diantaranya Dirlantas Polda Riau, Bapenda, Dishub, DPMTSP, Dinas PMD Kependudukan dan Capil, serta Biro Hukum Setda Prov. Riau di Ruang Komisi III, Kamis (29/07/2021).

Rapat yang dipimpin Ketua Pansus Perubahan Perda Pajak DPRD Provinsi Riau Sugeng Pranoto, didampingi Wakil Ketua Pansus Sofyan Siroj Abdul Wahab dan Anggota Pansus, Karmila Sari, Yanti Komala Sari, Syafrudin Iput, Mira Roza, Agus Triansyah, dan Syamsurizal.

Mitra kerja yang hadir, Kepala Bapenda Provinsi Riau Herman, Kasubdit RI Dirlantas Polda Riau Budi, Sekretaris Dinas PMD Kependudukan dan Capil Raja Saspi, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Riau Indrawansyah, DPMTSP Provinsi Riau Vera Wirniati, beserta anggota rapat lainnya.

Rapat dilaksanakan guna pembahasan perubahan ketiga atas Perda Provinsi Riau nomor 8 tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Pembahasan difokuskan mengenai permasalahan kendaraan non BM milik perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Provinsi Riau mengakibatkan tidak dapat dikenakan pajak.

Budi menjelaskan dari pihak Dirlantas Polda Riau menggunakan langkah-langkah persuasif seperti melakukan himbauan kepada perusahaan. Selain langkah persuasif, inovasi-inovasi demi mendorong tingkat pembayaran pajak ini juga telah digagas seperti pelaksanaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

Lebih lanjut Herman menjelaskan jika Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan peringanan pembayaran pajak dengan melakukan program pemutihan pajak mengingat kondisi pandemi saat ini.

“Hasil dari program ini walaupun pendapatan berkurang namun tingkat pajak kendaraan bermotor meningkat dibuat juga unit pelayanan untuk menjangkau masyarakat. Namun dengan adanya inovasi SIGNAL ini diharapkan program pemutihan tidak diperlukan lagi di tahun berikutnya,” tuturnya.

Sementara itum agenda lain, Pimpinan DPRD Provinsi Riau bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau dan Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kota Pekanbaru terkait Evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021, Kamis (29/07/2021).

Bertempat di Ruang Medium DPRD Provinsi Riau, RDP ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho, didampingi Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Riau Sulastri beserta anggota komisi V lainnya yakni Kasir dan Ade Hartati Rahmat.

Sementara dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Zul Ikram beserta jajarannya dan Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kota Pekanbaru.

Zul Ikram menjelaskan dan menyampaikan bahwa PPDB pada tahun ini yang menggunakan Google Form memang memiliki banyak kekurangan, namun hal ini masih jauh lebih baik dibandingkan dengan provinsi lain, dimana terjadi kendala yang sulit ditanggulangi yakni seperti perlemahan server, dan tenaga operator dan IT yang sudah ditunjuk juga telah menanggulangi kendala-kendala yang memiliki kemungkinan akan terjadi dalam PPDB 2021 ini.

Mendengar hal tersebut, Agung Nugroho ingin mengetahui status dari tenaga operator dan IT dimana mereka memberikan tenaga kerja yang banyak namun DPRD Provisi Riau mendapatkan adanya laporan bahwa kerja lembur dan libur mereka tersebut tidak terbayarkan.

Kadisdik Zul Ikram memberi penjelasan terkait Status dari Tenaga Operator dan IT tersebut memang belum ada.

"Namun mereka juga telah diberi penanggulangan dalam hal Konsumsi, kedepannya kami akan menindaki perihal ini,” jelas Zul Ikram.

Disatu sisi Agung Nugroho mengapresiasi bahwa sistem PPDB tahun lalu lebih baik dari pada PPDB pada tahun ini, namun ada beberapa kekurangan juga yang harus dievaluasi untuk perbaikan dimasa depan.

Kemudian dari pada itu, agenda berikutnya, Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Riau kembali melaksanakan rapat guna menyusun kegiatan anggota DPRD untuk Agustus 2021, di Ruang Medium DPRD Provinsi Riau, Kamis, (29/07/2021).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Syafaruddin Poti, Agung Nugroho dan Hardianto, turut didampingi Kabag Persidangan dan Produk Hukum DPRD Provinsi Riau Samto dan Kabag Keuangan DPRD Provinsi Riau Irwan Suryadi.

Sementara anggota DPRD yang hadir dalam rapat tersebut, Nurzafri, M.Arpah, Syahroni Tua, Tumpal Hutabarat, Sewitri serta anggota lainnya via zoom meeting.

Dalam pembukaan rapat, Syafaruddin Poti menanyakan tentang rancangan reses selama 1 bulan. “Saya ingin dijelaskan apa itu hanya tertulis atau sudah dibuat suratnya,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Samto menjelaskan hal tersebut tidak tertulis dan harus mengikuti level PPKM.

Lebih lanjut Nurzafri meminta penjelasan tentang agenda yang diberikan Sekretariat DPRD Provinsi Riau kepada dewan.

“Ini sudah saya tanyakan sudah ada surat dari mendagri apa tidak. Jika kita tunda apakah PPKM ini berakhir atau berlanjut,” ucapnya.

Dengan kesepakatan bersama akhirnya ada beberapa agenda dewan direvisi, yakni mundurnya jadwal reses anggota dewan yang semula 1 Agustus menjadi 5 Agustus. Sementara rapat paripurna akan diundur menjadi 2 Agustus.

Terakhkir, agenda akhir Juli, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto dan Komisi III DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan observasi ke Bank Nagari Cabang Payakumbuh, untuk sharing informasi terkait Kerja sama perbankan antar BUMD termasuk asuransi kredit perbankan dengan BUMD, Selasa (27/07/2021).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Husaimi Hamidi didampingi Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Karmila Sari beserta Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau lainnya yakni Sofyan Siroj Abdul Wahab, Syamsurizal, Sugeng Pranoto dan Syahroni Tua.

Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bank Nagari Cabang Payakumbuh, kunjungan di terima oleh Kepala Cabang (Kacab) Bank Nagari Payakumbuh Oktra Firdaus beserta Jajarannya.

Dalam sambutannya Oktra Firdaus menjelaskan tentang Bank Nagari Cabang Payakumbuh merupakan kantor cabang pertama dari 35 cabang yang ada, sehingga sering disebut sebagai Bank Legend. Secara Profil keuangan sampai sekarang cukup baik dengan total aset hampir mencapai Rp1,3 trilun. Jika di klafisikasikan secara kluster di antara cabang, Bank Nagari Payakumbuh termasuk kategori Bank kelas A, selain itu secara pertimbangan dari tahun ke tahun meraih dan mengumpulkan laba.

“jadi kita hanya mengedepankan regulasi-regulasi yang di titip oleh kantor pusat menjadi pelaksanaan yang efektif di masyarakat,” terangnya

Usai mendengar penjelasan tersebut, Husaimi Hamidi menanyakan persoalan target pencapaian dari bank tersebut.

“Bagaimana lahirnya sebuah target serta konsekuensi apa yang diberikan bila target tercapai dan tidak tercapai? dan apa saja Lembaga Penjamin Asuransi ketika akad kredit?,” tanyanya.(Advertorial Humas DPRD Riau/noprio sandi)

Loading...


Berita lainnya..........
- DPRD Riau Bicara Pandemi Covid-19
- DPRD Riau Terima Kunker DPRD Kabupaten/Kota, Sumbar dan Sumut
- Jambi dan Sumbar Jadi Lokasi Kunjungan Observasi DPRD Riau
- DPRD Riau Mencari Titik Terang Bankeu Khusus RLH
- Mendadak, DPRD Riau Kuntil Kesejumlah Perusahaan dan Rohil
- DPRD Riau RDP Dengan Sejumlah Mitra Kerja
- Advertorial DPRD Riau,
DPRD Riau Lakukan Kunker Keberbagai Tempat

- Webinar Nasional Program CSR PT CPI,
Sandiaga Uno: Cherish Harus Lahirkan Ide-Ide Baru

- ApresiasiKontribusi PT CPI di Riau,
Calvron Anugerahkan Lancang Kuning Award

- Korem 031/WB dengan SKK Migas-PT CPI Kembangkan Program Babinsa Berbakat


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com