Home > Advertorial >>
Berita Terhangat..
Senin, 25 Oktober 2021 11:28
Ujian AKM di SDN 140 Pekanbaru Digelar dalam Genangan Banjir

Senin, 25 Oktober 2021 10:29
Amblas, Jalan Lobak Pekanbaru Terancam Putus

Senin, 25 Oktober 2021 10:02
Jajakan Togel dan KIM, Pria Paruh Baya di Suriname, Bengkalis Ditangkap

Senin, 25 Oktober 2021 09:58
IDI Kuansing Bagikan 140 Paket Sembako dan Al-Quran 

Ahad, 24 Oktober 2021 21:15
Usai Lantik Pengurus, Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan Jajal Lapangan Tenis Indoor DPRD Riau

Ahad, 24 Oktober 2021 20:48
Dirut BRK Diminta Gerak Cepat Lengkapi Syarat Konversi ke Syariah

Ahad, 24 Oktober 2021 18:43
Ketua KBB Riau: Peringati Maulid, Jadikan Pemersatu Bubuhan Banjar

Ahad, 24 Oktober 2021 17:29
Ketum PAN Ogah Bahas Irwan Nasir, Tapi Siap Dukung Syamsuar Walau Sudah di Golkar

Ahad, 24 Oktober 2021 15:54
Kisruh Pengelolaan Kebun, Petani Kopsa-M Nyatakan Sikap

Ahad, 24 Oktober 2021 15:47
Ketum PAN Lantik Pengurus DPW/DPD PAN Riau

Ahad, 24 Oktober 2021 12:42
Usai Dilantik Jadi Ketua DPW PAN Riau, Alfredli Minta Kader Jangan Suka Tebar Janji

Ahad, 24 Oktober 2021 10:30
RKS Pekanbaru Deklarasi Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024

Ahad, 24 Oktober 2021 07:04
Heboh Status FB Bupati Kuansing, KPK Geledah Tahanan dan Pastikan Hoaks

Sabtu, 23 Oktober 2021 21:41
Hari Kelima, Serbuan Vaksinasi BAIS TNI di Kabupaten Pelalawan Diadakan di Tujuh Titik

Sabtu, 23 Oktober 2021 18:54
Lapas Kelas IIA dan Imigrasi Tembilahan Gelar Saturday Morning Bike Bersama



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 23 September 2021 12:59
Dinas Pendidikan Bengkalis Mantap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Setelah lebih setahun sekolah tutup karena Pandemi Corona, Dinas Pendidikan Bengkalis mulai laksanakan belajar tatatp muka.

Riauterkini – DURI – Memasuki pekan ketiga, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis tampak mantap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan sejumlah aturan sesuai dengan telah ditetapkan Pemerintah dengan tetap memnjalankan Protokol kesehatan (Prokes) ketat dimasa Pandemi Corona Virus Disease – 2019 (Covid -19).

Sejumlah persiapan untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan pun tetap dilakukan sesuai petujuk teknis Surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/242//2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaran pembelajaran dimasa Pandemi Corona Virus Disease – 2019 (Covid -19). Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan kapaasitas maksimal 50 persen, kecuali untuk SDLB, MILB, SMPLB dan SMLB, MALB maksimal 62 persen sampai dengan 100 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta perkelas serta PAUD maksimal 33 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik perkelas.

Kadisdik Bengkalis, Edi Sakura M.Pd menjelaskan jika pihaknya sangat siap melaksanakan PTM dengan dukungan seluruh pihak dengan ketentuan yang telah diatur Pemerintah pusat bahkan pemerintah daerah yang tertuang dalam surat edaran bernomor 081/SE/SATGAS/2021 tentang Pedoman Penerapan Pembatasan Kegiatan Masayarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten Bengkalis.

“Jika terjadi hal hal yang tiudak diinginkan seperti satu orang saja terkonfirmasi Corona, kita akan tutup sekolahnya. Berbekal SK Bersama, Instruksi Bupati dan Edaran Satgas Covid Kabupaten, kita coba memantapkan PTM ini. Mudah mudahan dengan semua proses yang kita laksanakan, PTM bisa berjalan dengan baik dan pihak sekolah melaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak boleh lengah dan Harus selalu memantau aktifitas peserta didik di sekolah,”ujarnya.

Dikatakan Edi, hingga bulan Agustus 2021 vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan jumlahnya telah lebih dari 50 persen dari jumlah total pendidik sebanyak 4.500 orang. Kendala kita untuk vaksinasi Guru dan Tenaga Kependidikan mencapai 100 % dikarenakan stok vaksin yang masih terbatas. ”Kedepannya mudah mudahan kebutuhan vaksin untuk tenaga pendidik akan terpenuhi guna menciptakan pendidik yang sehat dalam menciptakan generasi penerus yang dapat memajukan bangsa dan negara,” harapnya.

Sebelumnya, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis menggelar rapat bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis yang diwakili Asisten III Setdakab Bengkalis, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Kementrian Agama Kabupaten Bengkalis dalam rangka keseragaman tatap muka untuk sekolah negeri dan swasta.

Febriza Luwu selaku Ketua Komisi IV menyampaikan perkembangan terkait keseragaman tatap muka terutama akan aturan aturan yang nantinya benar benar harus dijalankan untuk suksesnya Pembelajaran Tatap Muka tersebut.”Perlu ditegaskan aturan aturan agar dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan, baik dari Prokol kesehatan maupun proses belajar mengajar secara offline maupun tatap muka ini. Perlunya keseragaman aturan yang diberlakukan sehingga jika aturan yang diberlakukan boleh dilaksanakan dengan aturan yang telah ditetapkan,”ungkapnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis melalui Kepala bidang P2P, Alwizar mengatakan hingga saat ini Penerapan Pembatasan Kegiatan Masayarakat di Kabupaten Bengkalis masih berada di Level III.

Sesuai dengan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30, boleh melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka dengan pembatasan yang berlaku.

“Proses pembelajaran pada satuan pendidikan dapat dilakuan pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri dengan kapasitas maksimal 50 persen kecuali untuk SDLB, Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa, Madrasah Aliyah Luar Biasa maksimal 62 persen hingga 100 persen dengan menjaga jarak 1,5 meter dengan maksimal 5 peserta didik per kelas dengan protokol kesehatan ketat,” jelasnya.

Koordinator Wilayah Satuan Pendidikan Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan, Peppi Sumanti menyambut baik Pembelajaran Tatap Muka ditengah Pandemi Covid – 19 tersebut. Sejumlah langkah dan persiapan pun telah matang dilakukan pihaknya dan seumlah perangkat dalam menjalankan intruksi SKB 4 Menteri itu.

”Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Tentunya dengan komunikasi disetiap harinya dengan kepala sekolah dan guru,”akunya.

Ditambahkan Peppi, dengan cara dan triknya dengan turun langsung kesetiap sekolah, terutama yang terletak dipinggiran wilayah kerjanya menjadi salah satu kunci mutlak informasi perkembangan pembelajaran tatap muka tetap berjalan dengan baik.

”Saya selalu memantau perkembangan sekolah terutama dipinggiran wilayah kerja yang selama ini jarang terpantau dan saya selalu menekankan agar setiap harinya seluruh sekolah selalu melaporkan perkembangan PTM nya dan juga koordinasi dan saling mengisi setiap saatnya bersama tenaga kesehatan terkait penerapan protokol kesehatan,”ujarnya mantap.

Menjalani Pembelajaran Tatap Muka tersebut, sejumlah Kepala sekolah, baik ditingkat Sekolah Dasar maupun tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Duri, Kecamatan Mandau tampak antusias dan memiliki harapan khusus kedepannya. Juniarti, Kepala Sekolah Dasar Negeri 11 Mandau menyambut antusias bersama komite sekolah sebagai perwakilan orang tua murid. Dengan PTM ini, kepada Seluruh Guru, Tenaga Kependidik dan peserta didik harus senantiasa mematuhi protocol Covid 19, imbuhnya.

“Proses Pembelajaran Tatap Muka kita laksanakan mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB dengan kapasitas siswa 50 persen dari total keseluruhan didalam ruang belajar, memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk keruang belajar serta menjaga jarak selalu kami terapkan dan yang terpenting, kami tidak was was lagi satu sama lainnya karena tenaga pendidik kami 100 persen telah menjalani vaksin Covid – 19,”tuturnya.

Dikatakan Juniarti, pihaknya berharap dengan berjalannya Pembelajaran Tatap Muka tersebut dapat terus berjalan sesuai harapan seluruh pihak seperti sedia kala bahkan kembali normal.”Jika melihat perkembangannya, kita optimis, pembelajaran tatap muka ini dapat berjalan terus seperti sedia kala,”ungkapnya berharap.

Dikesempatan yang sama, Kepala sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Mandau, Maesuherni S.Pd memaparkan kondisi Pembelajaran Tatap Muka yang dilakukan pihaknya. Selama 2 jam perhari peserta didik menjalankan pembelajaran itu, peran serta orang tua sangat besar dengan harus mengantar dan menjemput buah hatinya serta mesti membimbing proses belajar mengajar secara daring dirumah. Selain itu, guna mengejar ketertinggalan pelajaran, literasi pemahaman anak dilipat gandakan dalam pembelajarannya.

“Mudah mudahan aman, selain telah terpenuhinya kebutuhan vaksinasi tenaga pendidik, protokol kesehatan ketat pun terus kami lakukan. Peran orangtua juga kami libatkan secara luas dengan mengantar dan menjemput anak,”jelasnya.

Hingga kini, pekan ketiga proses Belajar Tatap Muka di Kabupaten Bengkalis terus berjalan dengan aman dan tertib tanpa kendala suatu apapun serta harapan sejumlah pihak agar belajar tatap muka tatap itu tetap berlanjut hingga full seratus persen.***(hen)

Keterangan Foto:

1. Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura, M.Pd
2. Pelajar wajib cuci tangan sebelum mengikuti belajar tatap muka.
3. Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Febriza Luwu.
4. Korwilcam Pendidikan Mandau dan Bathin Solapan Peppi Sumanti.
5. Suasana belajar tatap muka di salah satu sekolah di Mandau.
6. Ketua OPSAD Bengkalis Dodi Akbar.


Loading...


Berita lainnya..........
- DPRD Riau DPRD Riau Dorong Kerjasama Energi Antar Daerah
- Advertorial DPRD Riau,
Banggar DPRD Riau Bahas Perubahan APBD 2021

- Advertorial DPRD Riau,
Pimpinan DPRD Riau Dalam Bingkai Forkopimda

- Advertorial DPRD Riau,
Sekwan DPRD Riau Jadi Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau ke-64

- DPRD Riau Bicara Pandemi Covid-19
- DPRD Riau Terima Kunker DPRD Kabupaten/Kota, Sumbar dan Sumut
- Jambi dan Sumbar Jadi Lokasi Kunjungan Observasi DPRD Riau
- DPRD Riau Mencari Titik Terang Bankeu Khusus RLH
- Mendadak, DPRD Riau Kuntil Kesejumlah Perusahaan dan Rohil
- DPRD Riau RDP Dengan Sejumlah Mitra Kerja


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com