Home > Covid19 >>
Berita Terhangat..
Senin, 27 September 2021 05:32
Rahmad Ilahi Nahkodai BPD HIPMI Riau 2021-2021

Ahad, 26 September 2021 21:40
Dewan Ajak Masyarakat Pekanbaru Budayakan Tanjak

Ahad, 26 September 2021 21:36
Tolak Bantuan RLH, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Minta Pemprov Beri Sanksi Tiga Kabupaten

Ahad, 26 September 2021 20:25
SEF Kembali Selenggarakan Webinar Riset Komunikasi

Ahad, 26 September 2021 19:56
Memalukan, Anggota DPRD Riau Tak Bisa Bedakan Triliun dengan Miliar

Ahad, 26 September 2021 19:09
Kumpulkan 450 Juta dari Balontum, Musda HIPMI Riau Masih Diragukan Legitimasinya

Ahad, 26 September 2021 18:30
Tiga Ketua Fraksi DPRD Riau Telat,
Pandangan Umum Fraksi Terhadap Perubahan APBD 2021 Sempat Terganggu


Ahad, 26 September 2021 16:49
Vaksinasi Kompak Relawan Peduli Covid-19 Bengkalis Sasar 1.266 Warga

Ahad, 26 September 2021 15:48
Tekad Syamsurizal Tegakan PPP di Riau Setelah Terjerembab 2019 Lalu

Ahad, 26 September 2021 13:29
Rapimwil Tetap Dibuka, Pelantikan Pengurus DPW PPP Riau Diundur Akhir Oktober Secara Serentak


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 21 Juli 2021 20:31
Setahun Bertugas, Tim Covid-19 KPBD Inhu Makamkan Ratusan Korban Corona

Suka dan duga dialami Tim Covid-19 KPBD Inhu setelah setahun bertugas. Ratusan korban terkonfirmasi corona telah dikuburkan.

Riauterkini-RENGAT-Setahun sudah Tim Covid-19 Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bertugas dan dalam setahun tersebut telah memakamkan ratusan korban corona (Covid-19).

Banyak suka dan duka yang dialami Tim Covid-19 KPBD Inhu dalam melaksankan bakti pertiwi nya dengan melakukan tugas pemulasaran hingga pemakaman korban Covid-19, tidak mengenal waktu siang maupun malam. Tim yang beranggotakan sepuluh personil dan satu koordinator ini selalu siap siaga selama 24 jam memenuhi panggilan untuk pemakaman, baik dari RSUD Indrasari, klinik dan PKM maupun rumah pribadi serta dari luar kota.

"Walau bertugas siang malam dan bersiaga selama 24 jam, tdak ada keluhan para anggota karena kami menyadari ini adalah tugas pokok dan fungsi kami mengurangi seminimal mungkin, dampak sebuah bencana terhadap masyarakat kita," tegas Amrianto Rahmat Koordinator Tim Covid-19 KPBD Inhu, kepada riauterkinicom Rabu (21/7/21) di ruang kerja nya.

Diungkapkan Amrianto yang juga menjabat sebagai Kasie Kedaruratan di KPBD Inhu, tugas kemanusian ini diawali pada 7 Juli 2020 lalu dan terus berlanjut hingga hari ini. Dimana saat awal dulu tim nya hanya memakamkan korban Covid-19 dua kali dalam sebulan, saat ini durasinya terus meningkat hingga mencapai dua kali dalam sehari pemakaman korban Covid-19.

"Durasi nya terus meningkat, bahkan saat ini rata-rata dua kali pemakaman dalam sehari dan sesuai Prokes, pemakaman terhadap korban Covid-19 ini harus dilakukan empat jam setelah korban meninggal dunia," ujar nya.

Dalam melaksanakan tugas kemanusian ini, tim Covid-19 KPBD Inhu kerap menghadapi dinamika dilapangan, baik yang menerima maupun yang menolak proses pemakaman sesuai standar Prokes. Berkat arahan Ergusfian Kepala KPBD Inhu, tim Covid-19 KPBD Inhu selalu dapat menghadapi dinamika-dinamika di lapangan dengan sabar dan profesional.

"Dinamika dilapangan itu selalu ada, seperti yang pernah kami alami di Siambul. Dimana saat itu dari jam delapan malam hingga jam delapan pagi kami baru bisa memakamkan korban Covid, itu bisa dilakukan setelah mengedukasi dan negosiasi kepada keluarga dan para tetua adat yang sebelum nya bersikukuh dengan aturan adat dan tradisi nya," tandas nya.

"Namun kami juga pernah disambut hangat dengan para tokoh masyarakat, Camat, Kapolsek, Danramil (Tim gugus kecamatan) di Kemuning Inhil yang akses sarana kesehatan nya lebih dekat ke Inhu. Bahkan kami di jamu makan bersama dengan penuh kekeluargaan," ungkap nya.

Selama menjalankan tugas dari mulai pemulasaran hingga pemakaman terhadap korban Covid-19, anggota tim Covid-19 KPBD Inhu juga punya rasa takut terpapar virus Covid-19. Namun dengan menerapkan disiplin Prokes baik dengan menggunakan APD maupun asupan vitamin dan lainya, tim Covid-19 KPBD Inhu tetap semangat dalam menunaikan tugas.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Inhu, sudah banyak korban yang berjatuhan dan Covid ini tidak memandang latar belakang korban nya. Mari bersama kita terapkan Prokes dan dengan disiplin selalu melaksnakan Prokes dengan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak," tambah nya.

Sementara itu Ergusfian Kepala KPBD Inhu mengungkapkan rasa bangga nya atas apa yang telah dilakukan tim Covid-19 KPBD Inhu, dirinya berharap tugas mulia tersebut dapat terus di lakukan hingga Pandemi Covid-19 ini berakhir. Untuk itu Ergusfian terus mengingatkan kepada seluruh personil tim Covid-19 KPBD Inhu, agar selalu berdisiplin tinggi dalam menerapkan standar Prokes.

"Apa yang telah dicapai dan dilakukan tim Covid-19 KPBD Inhu dalam melaksanakan tugas kemanusian ini, tidak terlepas dari arahan dan bimbingan dari pimpinan Satgas Covid-19 Inhu baik dari Bupati Inhu dan Sekda Inhu serta stake holder lainya seperti TNI dan Polri. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhu atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan secara langsung, baik dalam pengamanan dan pengawalan serta bantuan lain nya. Demikian juga terhadap Kodim 0302 Inhu, instansi terkait dan Camat serta pihak lainya, kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan bantuan yang telah diberikan. Semoga jalinan kerjasama ini dapat terus dilakukan hingga Pandemi Covid-19 ini berakhir," jelas nya. * (guh)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...


Berita Covid19 lainnya..........
- Vaksinasi Kompak Relawan Peduli Covid-19 Bengkalis Sasar 1.266 Warga
- Sembuh 1, Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Bertambah 4 Orang
- Kasus Melandai, Masyarakat Bengkalis Diingatkan Jangan Lengah
- Walikota: Pekanbaru Mendekati Indikator PPKM Level 1
- Kadiskes Pekanbaru: Tinggal 7 Kelurahan Zona Merah di Pekanbaru
- Sembuh 9, Pasien Positif Covid-19 Kuansing Bertambah 3 Orang
- Cegah Penukaran COVID-19, DWP Kota Pekanbaru Gelar Vaksinasi Massal di Gedung Maharatu
- Berjalan Sebulan, PTM Inhu Masih Aman dari Covid-19
- Meski Diundur, GAPKI Riau Komitmen Dukung Program Vaksinasi Sektor Perkebunan
- Sembuh 2, Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Bertambah 5 Orang
- PT NSK Bersama Kodim 0301 Bukit Barisan Gelar Vaksin Masal
- Sembuh 7, Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Bertambah 10 Orang
- Terapkan Prokes dengan Ketat, Pelatihan Public Speaking IMM PK Hisyam Berlangsung Sukses
- Tim Yustisi Covid-19 Inhil SIdang di Tempat 3 Pelanggar Prokes
- Disupport Mabes Polri dan Polda Riau, UMRI Kembali Gelar Vaksinasi untuk 4.000 Peserta
- Warga Binaan Lapas Pekanbaru Diberi Vaksin Dosis Kedua
- Bupati Kuansing Tinjau Sekolah Tatap Muka di Muaro Sentajo
- Disdag Bengkalis Bina dan Latih UMKM Menghadapi Pandemi Covid-19
- Tinjau Proses Belajar Tatap Muka, Bupati Kuansing Tekankan Patuhi Prokes
- Sembuh 6, Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Bertambah 5  Orang


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com