Home > Covid19 >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 23 Juli 2021 21:37
Bincang Bincang Blok Rokan di Duri, Masyarakat Mandau Minta Porsi Ideal ke PHR

Jum’at, 23 Juli 2021 21:10
Sabet Peringkat 4 Nasional Kota Perlindungan Anak,
Komnas PA Bengkalis: Bukti Kerja Keras Bupati Kasmarni


Jum’at, 23 Juli 2021 20:27
PCR Peduli Salurkan Santunan Anak Yatim di Tiga Rumah Ibadah

Jum’at, 23 Juli 2021 20:18
Tiga Pelaku Pembakaran Hutan Lindung Bukit Suligi Diamankan Polisi Rohul

Jum’at, 23 Juli 2021 20:03
Diduga Dicovidkan dan Diterlantarkan, Keluarga Korban Kecelakaan di Inhu Lapor Polda Riau

Jum’at, 23 Juli 2021 20:01
Hadir di Pangkalan Kerinci Spektra Fair Tebar Promo

Jum’at, 23 Juli 2021 18:58
PT. SLS Bantu 1 Unit Ambulan untuk Kelurahan Pangkalan Lesung, Pelalawan

Jum’at, 23 Juli 2021 18:55
Kuansing Dapat 51,66 Kilometer Feeder Jalan Tol Dharmasraya-Kuansing-Rengat

Jum’at, 23 Juli 2021 16:46
TNI AL Terus Gencarkan Serbuan Vaksin di Dumai

Jum’at, 23 Juli 2021 16:14
Ditpolairud Polda Riau Gagalkan Penyelundupan 3 Kilogram Sabu Asal Malaysia


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 21 Juli 2021 20:31
Setahun Bertugas, Tim Covid-19 KPBD Inhu Makamkan Ratusan Korban Corona

Suka dan duga dialami Tim Covid-19 KPBD Inhu setelah setahun bertugas. Ratusan korban terkonfirmasi corona telah dikuburkan.

Riauterkini-RENGAT-Setahun sudah Tim Covid-19 Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bertugas dan dalam setahun tersebut telah memakamkan ratusan korban corona (Covid-19).

Banyak suka dan duka yang dialami Tim Covid-19 KPBD Inhu dalam melaksankan bakti pertiwi nya dengan melakukan tugas pemulasaran hingga pemakaman korban Covid-19, tidak mengenal waktu siang maupun malam. Tim yang beranggotakan sepuluh personil dan satu koordinator ini selalu siap siaga selama 24 jam memenuhi panggilan untuk pemakaman, baik dari RSUD Indrasari, klinik dan PKM maupun rumah pribadi serta dari luar kota.

"Walau bertugas siang malam dan bersiaga selama 24 jam, tdak ada keluhan para anggota karena kami menyadari ini adalah tugas pokok dan fungsi kami mengurangi seminimal mungkin, dampak sebuah bencana terhadap masyarakat kita," tegas Amrianto Rahmat Koordinator Tim Covid-19 KPBD Inhu, kepada riauterkinicom Rabu (21/7/21) di ruang kerja nya.

Diungkapkan Amrianto yang juga menjabat sebagai Kasie Kedaruratan di KPBD Inhu, tugas kemanusian ini diawali pada 7 Juli 2020 lalu dan terus berlanjut hingga hari ini. Dimana saat awal dulu tim nya hanya memakamkan korban Covid-19 dua kali dalam sebulan, saat ini durasinya terus meningkat hingga mencapai dua kali dalam sehari pemakaman korban Covid-19.

"Durasi nya terus meningkat, bahkan saat ini rata-rata dua kali pemakaman dalam sehari dan sesuai Prokes, pemakaman terhadap korban Covid-19 ini harus dilakukan empat jam setelah korban meninggal dunia," ujar nya.

Dalam melaksanakan tugas kemanusian ini, tim Covid-19 KPBD Inhu kerap menghadapi dinamika dilapangan, baik yang menerima maupun yang menolak proses pemakaman sesuai standar Prokes. Berkat arahan Ergusfian Kepala KPBD Inhu, tim Covid-19 KPBD Inhu selalu dapat menghadapi dinamika-dinamika di lapangan dengan sabar dan profesional.

"Dinamika dilapangan itu selalu ada, seperti yang pernah kami alami di Siambul. Dimana saat itu dari jam delapan malam hingga jam delapan pagi kami baru bisa memakamkan korban Covid, itu bisa dilakukan setelah mengedukasi dan negosiasi kepada keluarga dan para tetua adat yang sebelum nya bersikukuh dengan aturan adat dan tradisi nya," tandas nya.

"Namun kami juga pernah disambut hangat dengan para tokoh masyarakat, Camat, Kapolsek, Danramil (Tim gugus kecamatan) di Kemuning Inhil yang akses sarana kesehatan nya lebih dekat ke Inhu. Bahkan kami di jamu makan bersama dengan penuh kekeluargaan," ungkap nya.

Selama menjalankan tugas dari mulai pemulasaran hingga pemakaman terhadap korban Covid-19, anggota tim Covid-19 KPBD Inhu juga punya rasa takut terpapar virus Covid-19. Namun dengan menerapkan disiplin Prokes baik dengan menggunakan APD maupun asupan vitamin dan lainya, tim Covid-19 KPBD Inhu tetap semangat dalam menunaikan tugas.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Inhu, sudah banyak korban yang berjatuhan dan Covid ini tidak memandang latar belakang korban nya. Mari bersama kita terapkan Prokes dan dengan disiplin selalu melaksnakan Prokes dengan menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak," tambah nya.

Sementara itu Ergusfian Kepala KPBD Inhu mengungkapkan rasa bangga nya atas apa yang telah dilakukan tim Covid-19 KPBD Inhu, dirinya berharap tugas mulia tersebut dapat terus di lakukan hingga Pandemi Covid-19 ini berakhir. Untuk itu Ergusfian terus mengingatkan kepada seluruh personil tim Covid-19 KPBD Inhu, agar selalu berdisiplin tinggi dalam menerapkan standar Prokes.

"Apa yang telah dicapai dan dilakukan tim Covid-19 KPBD Inhu dalam melaksanakan tugas kemanusian ini, tidak terlepas dari arahan dan bimbingan dari pimpinan Satgas Covid-19 Inhu baik dari Bupati Inhu dan Sekda Inhu serta stake holder lainya seperti TNI dan Polri. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhu atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan secara langsung, baik dalam pengamanan dan pengawalan serta bantuan lain nya. Demikian juga terhadap Kodim 0302 Inhu, instansi terkait dan Camat serta pihak lainya, kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan bantuan yang telah diberikan. Semoga jalinan kerjasama ini dapat terus dilakukan hingga Pandemi Covid-19 ini berakhir," jelas nya. * (guh)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...


Berita Covid19 lainnya..........
- TNI AL Terus Gencarkan Serbuan Vaksin di Dumai
- Pasien Sembuh dari Covid-19 Lebih Banyak Dibanding Positif
- Apical Gelar Vaksinasi Gotong Royong Tahap II di Dumai
- TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Tahap II Sasar 49 Masyarakat Dumai
- Meledak, 49 Warga Desa Teluk Pambang Bengkalis Dilaporkan Positif Covid-19
- Setahun Bertugas, Tim Covid-19 KPBD Inhu Makamkan Ratusan Korban Corona
- Operasi Prokes, Petugas Incar Warga Bengkalis Bandel Memakai Masker
- Sholat Idul Adha di Mesjid An-Nur Dibatalkan
- Warga Bengkalis Meninggal Dunia Tepapar Covid-19 Tembus 201 Orang
- Bupati Kuansing Imbau Masyarakat Patuhi Prokes Dalam Pelaksanaan Kurban 
- Terapkan Prokes, Sholat Idul.Adha di Kuansing Hanya di Zona Hijau
- Vaksin Habis, Bupati Meranti Kritik Kinerja Tim Gugus Tugas Provinsi Riau
- Datangi Rumah, Warga tak Menyangka Pembagi Sembako Ternyata Langsung Gubri
- Gencarkan Vaksinasi Gotong Royong,
Karyawan RAPP: Saya Siap dan Mau Divaksin

- Vaksinasi Lansia dan Umum Masih Rendah
- Sudah 10 Hari Disurati Gubri, Menkes Belum Kirim Vaksin
- Update Covid-19, Positif 999, Sembuh 516, Meninggal 22
- Lanal Dumai Optimis Masyarakat Maritim Terima Vaksin Covid-19
- Tingkatkan Imun, Puluhan ASN dan Honorer Bapenda Bengkalis Vaksinasi Covid-19
- Kapolres Kuansing Serahkan Bantuan Sosial untuk Warga Terdampak Covid - 19


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com