Logo RTC
 
 
Tandatangani MoU, Jalin dan Bank Riau Kepri Kolaborasi Solusi Digital Banking

Riauterkini-PEKANBARU-Tren pertumbuhan transaksi digital banking kian melesat seiring dengan meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring. Pertumbuhan ini diakselerasi oleh inovasi para pelaku industri serta inisiatif layanan keuangan digital Pemerintah yang dituangkan dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

Selaras dengan hal tersebut, PT Jalin Pembayaran Nusantara menyepakati beragam kolaborasi digital dengan perbankan termasuk Bank Pembangunan Daerah (BPD), diantaranya Bank Riau Kepri terkait pengembangan layanan integrasi issuer untuk pembayaran lewat Jalin Payment Integrator. Bergabungnya Bank Riau Kepri dalam kemitraan juga menandakan BPD kesebelas yang bersinergi dengan Jalin dalam berbagai layanan pembayaran digital, baik untuk layanan switching Link ATM, Debet, QRIS, hingga Payment Integrator. Hingga akhir tahun 2022 Jalin menargetkan dapat meraup 50 persen segmen perbankan daerah dari total 27 BPD di Indonesia.

"Sinergi yang terjalin ini menjadi penanda kepercayaan terhadap kualitas layanan digital yang disediakan Jalin untuk perbankan, serta mengukuhkan komitmen kami untuk terus mendorong inklusi keuangan," ujar Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista disela kegiatan penandatanganan kerjasama dengan Bank Riau Kepri di Batam, Rabu (03/08/22) kemarin.

Melalui rilis yang diterima riauterkini.com, Boyke menjelaskan, Jalin Payment Integrator sendiri diperkenalkan sebagai solusi layanan yang mengintegrasikan kebutuhan member Issuer (Source of Fund) atas pembayaran biller dan top up uang elektronik (UNIK), baik pembayaran top up berbasis server berupa e-wallet (server-based) maupun top up berbasis kartu (card-based) melalui kanal bank seperti ATM dan mobile banking.

"Solusi layanan ini bukan hanya memberikan manfaat bisnis lewat penambahan revenue dan feebased income, namun juga efisiensi biaya berkat fee payment integrator yang lebih kompetitif," tutur Boyke.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Dana & Jasa Bank Riau Kepri, MA Suharto mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah konkret Bank Riau Kepri dalam mewujudkan roadmap pengembangan sistem pembayaran demi menyediakan delivery channel yang andal bagi para nasabah.

"Kami akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi, sekaligus memperkaya fitur pembayaran non tunai nasabah sehingga dapat menikmati pengalaman transaksi yang semakin luas dan beragam," sebut Suharto.

Dia menjelaskan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers hasil RDG BI pada Mei lalu menyebutkan nilai transaksi digital banking sampai dengan akhir April 2022 tumbuh 71,4 persen secara tahunan (yoy) atau telah mencapai Rp 5.338,4 triliun. Sedangkan transaksi perbankan nonfisik lain seperti uang elektronik tumbuh pesat sebesar 50,3 persen (yoy) mencapai Rp 34,3 triliun. Peningkatan ini turut mengindikasikan potensi yang tinggi terhadap pengembangan layanan Jalin Payment Integrator sejalan dengan pergeseran kebiasaan masyarakat kearah non tunai.

"Dengan menggandeng Jalin sebagai partner, kami optimis dapat menyediakan layanan digital banking berkualitas yang bisa memenuhi beragam kebutuhan nasabah sekarang dan di masa depan," kata Suharto.

Sebagai tahap awal, nasabah Bank Riau Kepri akan dapat menikmati layanan top up uang elektronik server-based dan card-based, pembelian voucher digital, pembayaran kartu kredit, pembayaran utilitas, pembayaran multifinance, hingga pembayaran asuransi melalui kanal ATM maupun aplikasi BRK mobile dengan mudah. Untuk tahap selanjutnya, perluasan fitur akan mencakup penambahan bermacam biller, termasuk biller syariah.

Seperti diketahui, saat ini Bank Riau Kepri melakukan konversi menjadi bank syariah, sesuai dengan keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 4 Juli 2022 yang menetapkan Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah (BRKS).

"Jalin juga siap mendukung target Bank Riau Kepri dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, sejalan dengan visi kami dalam menjadi The National Digital Highway yang menghubungkan masyarakat luas dengan ekosistem finansial maupun non finansial," tutup Boyke mengakhiri.***(gas)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Bupati Tabur 20 Ribu Ekor Benih Kakap Putih

Bupati Muhammad Adil meninjau ruang pendederan ikan sekaligus menaburkan 20 ribu ekor benih ikan kakap putih di BBIP Dinas Perikanan Meranti.

Kamis, 28 Juli 2022

New Colt L300 Resmi Diperkenalkan di Pekanbaru, Buktikan Ketangguhannya

New Colt L300 hadir di Pekanbaru. Varian terbaru ini miliki berbagai keunggulan. Buktikan.

Galeri
Kamis, 16 Juni 2022

Galeri Foto, Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP Dinkes Inhil

Dinas Kesehatan Inhil gelar penyuluhan Keamanan Pangan Bagi IRTP dan Bimtek Kader Keamana Pangan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Jenguk Masyarakat dan Sahabat di RSUD Meranti, Wabup H.Asmar: Jangan Putus Asa, Terus Ikhtiar

Wakil Bupati Meranti mengunjungi warga sekaligus sahabatnya yang sedang sakit. Ia menyemangati untuk terus berikhtiar mencari kesembuhan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Rekonsiliasi Stunting di Meranti : Laporkan Jika Ada yang Tidak Mendukung

Dukung penuh penanganan stunting di Meranti, Bupati berjanji akan menindak tegas mereka yang menghalangi.

Galeri
Selasa, 14 Juni 2022

Galeri Foto,
Ketua DPRD Inhil H.Ferilyandi Pimpin Rapat Paripurna Besempena Milad Inhil ke-57

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir Dr H Ferryandi ST MT MM pimpin rapat paripurna yang bersempena dengan Milad Inhil ke-57, di Gedung DPRD Jalan Soebrantas Tembilahan.

Advertorial
Jumat, 29 Juli 2022

Advertorial,
Wabup Meranti H Asmar Tutup Secara Resmi Turnamen Sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup 1

Wakil Bupati Meranti menutup secara resmi Turnamen sepakbola Desa Tanjung Bakau Cup I dan mengucapkan selamat kepada para pemenang.

Berita Lainnya

Jumat, 05 Agustus 2022

Satgas Waspada Investasi Hentikan investasi ilegal AGT


Jumat, 05 Agustus 2022

Revolusi Informasi Positif bagi Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah


Jumat, 05 Agustus 2022

Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Tabligh Akbar MUI Riau di Masjid Al Mujahidin


Jumat, 05 Agustus 2022

FKPMR Bersiap Gelar Bincang Migas Riau Bersama Hadirkan Direktur PHR dan BSP


Jumat, 05 Agustus 2022

Sembunyikan di Mulut, Pengedar Sabu di Bantan Tua, Bengkalis Diringkus Polisi


Jumat, 05 Agustus 2022

Bawaslu Bengkalis Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu


Jumat, 05 Agustus 2022

HPT Batang Lipai Siabu Kuansing Dibabat, DLHK Riau Panggil Saksi dan Pemilik Lahan


Jumat, 05 Agustus 2022

Baru 15 Tahun, 'Raja' Asal Riau Ini Jadi Mahasiswa Termuda UGM Yogyakarta


Jumat, 05 Agustus 2022

Antisipasi Covid-19 Berlanjut, BIN Riau Gelar Vaksinasi Booster di Inhu


Kamis, 04 Agustus 2022

Kacabwil II Disdik Riau Tinjau Lahan SMA Baru di Duri Timur, Warga Sambut dengan Antusias


Kamis, 04 Agustus 2022

Gubri Tanam Padi Gogo Spesifik Riau


Kamis, 04 Agustus 2022

Dua Atlet Bulutangkis Binaan PBSI Inhil, Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022


Kamis, 04 Agustus 2022

Tandatangani MoU, Jalin dan Bank Riau Kepri Kolaborasi Solusi Digital Banking


Kamis, 04 Agustus 2022

Nihil Kasus Covid-19, PTM di Kuansing Tetap Berlanjut 100 Persen


Kamis, 04 Agustus 2022

Istri Tak di Rumah, Pria di Kampar Ini Cabuli Anak Tirinya yang Sedang Beranjak Dewasa


Kamis, 04 Agustus 2022

BUMD Milik Pemda Kampar Diminta Bisa Ubah Konsep Pengembangan


Kamis, 04 Agustus 2022

Kontraktor Migas Riau Apresiasi PHR WK Rokan


Kamis, 04 Agustus 2022

Putra Bupati Bengkalis Akhiri Masa Lajang


Kamis, 04 Agustus 2022

DPC PBB Meranti Distribusikan Kartu Tanda Anggota


Kamis, 04 Agustus 2022

Pesawat Citilink Gagal Mendarat, Dua Pesawat Lainnya Mutar-mutar Hampir Satu Jam di Pekanbaru