Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Berjalan Sukses, MTQ XLI Riau di Inhu Resmi Ditutup

Riauterkini-RENGAT-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Propinsi Riau XLI yang digelar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang mulai dibuka pada 11 November 2023 hingga berakhir dan ditutup secara resmi pada 18 November 2023 berjalan sukses.

Sukses pelaksanaan kegiatan syiar Islam yang digelar di objek wisata Danau Raja Rengat, Inhu ini terlihat dari berbondong-bondongnya masyarakat mulai dari pembukaan hingga penutupan MTQ yang diikuti seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Riau, ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi seluruh arena, stand stand yang ditampilkan disesaki oleh pengunjung, bahkan jalan-jalan yang ada di Kota Rengat macet total baik saat pembukaan maupun penutupan yang dilakukan secara resmi oleh Plt Gubernur Riau yang didampingi Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi.

Tidak hanya masyarakat Inhu yang terkesan dan bangga akan pelaksanaan MTQ Riau XLI yang digelar megah dan meriah, para peserta baik qori maupun qoriah serta peserta pawai taaruf dan pendukung lainya dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau menyatakan kepuasan nya atas pelaksanaan MTQ Riau XLI yang digelar di Inhu, mulai dari penyambutan, pawai taaruf, pemondokan, pelayanan konsumsi dan pelayanan kesehatan semua mendapat apresiasi yang baik dari para peserta.

"Pelaksanaan secara umum bagus, panitia bagus, pemondokan dan makanan nya juga bagus. Begitu juga pelayanan kesehatan yang diberikan sangat bagus, kesan Danau Raja di MTQ Inhu ini sangat mendalam bagi saya. Namun suasana kurang hidup baik saat pembukaan maupun penutupan ini, karena sound systim yang kurang bagus dan kurang menggelegar. Lebih bagus sound systim nya saat pelaksanaan di Rohil," ujar Tajussalim peserta dari Rohil kepada riauterkinicom disela-sela penutupan MTQ Riau XLI.

Hal senada juga disampaikan salah seorang warga Inhu yang mengapresiasi kesiapan panitia dalam pelaksanaan MTQ Riau XLI di objek wisata Danau Raja Rengat, Inhu. Selain kehadiran stand stand yang memikat serta penataan anjungan dari kabupaten dan kota yang tertata dengan baik disekitar replika istana, penonton juga dimanjakan dengan adanya layar besar yang menampilkan seluruh rangkaian acara secara langsung.



dan "Selain stand stand yang diikuti kecamatan yang ada di Inhu, penonton juga dapat berbelanja di sentra bazar yang disediakan. Namun yang paling penting di arena MTQ tersebut adalah adanya posko kesehatan yang dapat melayani masyarakat secara langsung, tidak hanya yang sakit. Tapi juga melayani untuk pemeriksaan seperti kokesterol dan gula, terutama saat penutupan seperti saat ini dengan kehadiran warga yang berdesakan kehadiran posko kesehatan ini sangat dirasakan manfaatnya," ujar Satria Bima Pratama salah seorang warga Inhu yang hadir dalam penutupan MTQ Riau XLI di Danau Raja.

Terpisah Kadiskes Inhu Elis Julinarti mengatakan, bahwa Diskes Inhu tidak hanya menyiagakan personil dan peralatan di posko kesehatan yang berada di arena MTQ Danau Raja, di pemondokan kafilah juga disiagakan personil kesehatan bersama peralatan yang ada dan Puskesmas Puskesmas yang berada dalam radius pelaksaanaan MTQ ke-XLI di Danau Raja juga di siagakan. Begitu juga RSUD Indrasari juga menyediakan ruangan khusus selama berlangsung nya MTQ.

"Untuk posko kesehatan yang berada di arena MTQ Danau Raja, mulai dari pembukaan hingga penutupan malam ini setidaknya telah melayani sekitar 300 an pasien, paling banyak itu saat pembukaan dan penutupan dengan keluhan seperti vertigo, hipertensi, disfeksia. Serta konsultasi kesehatan untuk cek kolesterol, gula darah, asam urat dan tensi," tegas Elis Julinarti Kadiskes Inhu.

Suksesnya pelaksanaan MTQ Riau XLI di Inhu tidak terlepas dari peran serta semua pihak, baik masyarakat, jajaran Pemkab Inhu dan stake holder terkait serta aparat keamanan yang telah berperan aktif sejak dimulainya pawai taaruf, pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan. Dimana jajaran Polres Inhu telah menerjunkan 315 personil, begitu juga Satpol PP Pemkab Inhu yang juga menerjunkan 400 personil nya.



"Untuk pengamanan pawai taaruf, bazar, arena MTQ, pemondokan baik dewan hakim maupun kafilah serta 11 titik lomba, Satpol PP Pemkab Inhu menerjunkan 400 personil dari 605 personil yang ada. Bahkan untuk pemondokan dewan hakim dan kafilah serta bazar dan astaka, sebanyak 83 personil Satpol PP berjaga siang dan malam," tandas Rendi Rahman Kabid Ops Satpol PP Pemkab Inhu.

Apresiasi atas sukses nya pelaksanaan MTQ Riau XLI di Inhu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau Masrul Kasmi yang mewakili Plt Gubernur Riau yang juga menyampaikan tahniah kepada peserta dalam capaian prestasi gemilang pada tahun ini dan dapat dijadikan motivasi untuk terus mengasah serta meningkatkan kemampuan kepada peserta yang belum meraih prestasi gemilang agar terus belajar.

"Apresiasi juga saya berikan kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi karena telah berhasil menyelenggarakan event besar dan berhasil membuat kemeriahan serta kemegahan dalam helatan MTQ ini, semoga Kabupaten Indragiri Hulu dapat menjadi tuan rumah kembali pada MTQ tingkat Nasional yang akan datang," ungkapnya.

Ditengah kesuksesan Kabupaten Inhu dalam menggelar MTQ Riau XLI muncul nama Kabupaten Bengkalis yang berhasil meraih juara umum dengan meraih nilai 82, disusul Kota Pekanbaru dengan nilai 64 kemudian Rokan Hilir dengan nilai 53, Indragiri Hilir dengan nilai 42, Kota dumai dengan nilai 39, Kabupaten Kampar dengan Nilai 37, Pelalawan dengan nilai 36, Rokan Hulu dengan nilai 23, Kepulauan Meranti dengan nilai 21, Indragiri Hulu dengan nilai 20 dan Siak dengan nilai 20 serta Kuantan Singingi dengan nilai 17.

Ucapan terimakasih disampaikan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya kepada seluruh pihak yang telah berdedikasi, bekerja keras dan berperan aktif atas penyelenggaraan perhelatan MTQ Riau XLI di Inhu, dimana pemilihan lokasi MTQ di tepi Danau Raja dilakukan mengingat Danau Raja merupakan danau kebanggaan masyarakat Inhu dan Danau Raja adalah satu diantara dua danau yang ada di Indonesia yang berada tepat ditengah kota.

"Selaku tuan rumah, kami menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat banyak kekurangan dari segi pelayanan, serta kenyamanan para tamu yang datang ke Kabupaten Indragiri Hulu ini, akhirnya, kami atas nama pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih juara pada MTQ XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu," jelasnya.

Kesuksesan dalam pelaksanaan MTQ Riau XLI yang digelar di Inhu sayang nya tidak disertai dengan sukses prestasi dari kafilah Inhu, baik qori maupun qoriah Inhu yang ikut dalam MTQ Riau XLI hanya mampu berada diurutan ke sepuluh dengan peraihan nilai hanya 20. Tidak sejalan nya sukses pelaksanaan dengan sukses prestasi dari kafilah Inhu ini, tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Inhu bila nantinya masih ingin menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi apalagi tingkat nasional. *** (ADV Diskominfo Inhu/guh)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Selasa, 11 Juni 2024

Komisi V DPRD Riau Hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Sumut

Komisi V DPRD Provinsi Riau hadiri Forum Diskusi Budaya Melayu di Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Galeri
Selasa, 11 Juni 2024

Pansus Ranperda Pariwisata Berbudaya Melayu Gelar Raker Lanjutan

Panitia Khusus Ranperda Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu melakukan rapat kerja lanjutan bersama Biro Huku Setdaprov Riau. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Minggu, 09 Juni 2024

Gerak Cepat, 2 Anak Perusahaan Riau Petroleum Teken CA WK Bentu dan WK Malacca Strait

Gerak Cepat, dua anak perusahaan Riau Petroleum lakukan penandatanganan CA WK Bentu dan WK Malacca Strait.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

Sentra UMKM BRK Syariah Permudah Nasabah Mengurus Sertifikat Halalnya

Sentra UMKM BRK Syariah berkomitmen membantu nasabah dalam pengurusan sertifikat halal untuk produk-produk usahannya.

Galeri
Senin, 03 Juni 2024

Diresmikan Presiden Jokowi, Pimpinan DPRD Riau Hadiri Peresmian Ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Pimpinan DPRD Riau Yulisman dan Wakil Ketua DPRD Agung Nugroho, turut menghadiri peresmian jalan Tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar. Berikut galeri fotonya.

Advertorial
Jumat, 07 Juni 2024

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

APR Gelar Fashion Accelerator, Latih Mitra Bina Jadi Pengusaha Fashion Terampil

Berita Lainnya

Rabu, 19 Juni 2024

Vonis Bombeng, Terdakwa Perambah Hutan Lubuk Gaung Bengkalis Ditunda


Rabu, 19 Juni 2024

Libur Panjang Idul Adha, 122.102 Kendaraan Lewati Dua Ruas Tol di Riau


Rabu, 19 Juni 2024

Pasangan Nasir - Wardan Datangi LAM Riau Minta Tunjuk Ajar


Rabu, 19 Juni 2024

Nasarudin Fokus Bertarung di Pilkada Pelalawan


Rabu, 19 Juni 2024

Diserahkan Pj Gubri, Bahagianya Pegawai Pemprov Saat Menerima SK PPPK


Rabu, 19 Juni 2024

Pilkada Bengkalis, PKB Usung Petahana Kasmarni-Bagus Santoso


Rabu, 19 Juni 2024

Konferkab PWI Bengkalis, Panitia Buka Pendaftaran Balon Ketua


Rabu, 19 Juni 2024

Panglima Pucuk LLMB Riau Kepri Sumut Imbau PUPR Berhati-hati pada LLMB Pekanbaru


Selasa, 18 Juni 2024

Syamsurizal Minta Pengurus PPP Minta Dirinya Mundur Jangan Jadi Katak Dalam Tempurung


Selasa, 18 Juni 2024

Bersama Syamsurizal, Yopi Arianto Siap Maju Pilgub Riau 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Hadiri Haul Syekh Maksum Tambusai, Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar


Selasa, 18 Juni 2024

Mayat Pria di Sumur Tua di Rohil Ternyata Korban Pembunuhan


Selasa, 18 Juni 2024

PT SBP Rayakan Idul Adha dengan Penyaluran Hewan Qurban


Selasa, 18 Juni 2024

127 Hewan Kurban Disalurkan Pertamina Patra Niaga Sumbagut


Selasa, 18 Juni 2024

Potong 9 Ekor Hewan, Hajatan Kurban PWI Riau Jadi Ajang Silaturahmi


Selasa, 18 Juni 2024

Kolaborasi dengan FIF Group, Capella Honda Berbagi ke Tiga Panti Asuhan


Selasa, 18 Juni 2024

Ratusan Kantong Daging Kurban Nasdem Riau Dibagikan ke Masyarakat


Selasa, 18 Juni 2024

Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban


Selasa, 18 Juni 2024

Lima Komposer Terpilih untuk Malam Puncak Rarak Cipta Musik DKR 2024


Selasa, 18 Juni 2024

Bupati Afrizal Sintong Resmikan Vihara Setya Kirti di Kota Terapung Panipahan, Rohil