Logo RTC
 
 
Pengunjung Turun 40 Persen, Air Terjun Guruh Gemurai Keruh Kuansing Kian Sepi

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Akibat pembuatan jalan di dalam kawasan hutan lindung Bukit Batabuh yang ada di bagian hulu sungai, air terjun objek wisata Guruh Gemurai, menjadi keruh.

Keruhnya air objek wisata tersebut berdampak pada jumlah pengunjung yang datang, dimana turun drastis 40 persen dibandingkan dengan musim liburan tahun 2020 yang lalu.

" Berdasarkan data dari pengelola dilapangan terjadi penurunan jumlah pengunjung sebesar 40 persen. Jauh berkurang," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Nasjuneri, Senin ( 27/12/21) kemarin.

Alasannya selain masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, menurut Nasjuneri kondisi air yang keruh juga salah satu faktor penyebabnya.

" Air masih keruh, apalagi jika turun hujan," ujarnya.

" Berdasarkan informasi pengelola dilapangan, banyak pengunjung mengeluh dan ada yang putar balik menengok air keruh," jelasya.

Sementara Kepala KPH Singigingi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Abriman, menyebutkan kondisi air terjun Guruh Gemurai masih keruh. Pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya.

Salah satu dengan membuat parit gajah di jalan yang sempat dibangun, agar tidak ada lagi aktitifitas. Langkah lain katanya dengan melakukan pemulihan hutan dibekas jalan yang dibangun tersebut.

" Nanti Kita tanam lagi kayu dibekas jalan yang dibangun biar pohon dan semak cepat tumbuh dan mengurangi pencemaran jika terjadi hujan ke air terjun Guruh Gemurai," katanya.* (Jok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri