Logo RTC
 
 
Siap-siap, 468 Pejabat Fungsional Pemprov Riau Segera Dilantik

Riauterkini - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau besok direncanakan akan melantik 468 pejabat fungsional. Pelantikan itu, sebagai tindaklanjut penyederhanaan birokrasi sesuai arahan pemerintah pusat.

"Iya, Insya Allah. Sesuai arahan pak Gubernur dan tindak lanjut penyederhanaan birokrasi dari pusat," kata Kepala Biro Organisasi Tata Laksana (Ortal) Setdaprov Riau, Dr Kemal, Kamis (30/12/21).

Kemal menjelaskan, pelantikan pejabat fungsional di lingkungan Pemprov Riau merupakan tindak lanjut program dari pemerintah pusat, bahwa pemerintah daerah (Pemda) perlu melakukan penyederhanaan birokrasi.

"Alhamdulillah kita sudah melaksanakan tahapannya, yang ditetapkan di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 17 Tahun 2021, dan Permenpan-RB Nomor 25 Tahun 2021. Bahwa kita pemda, dan kementerian harus melakukan penyederhanaan birokrasi," terangnya.

Lebih lanjut Kemal menyampaikan, untuk di Pemprov Riau sendiri penyederhanaan dilakukan pada level jabatan kepala bagian (Kabag) dan kepala sub bagian (Kasubag). Dimana terdapat 468 jabatan yang harus disederhanakan, dari struktural bergeser ke fungsional.

"Karena ada perubahan dari jabatan struktural ke fungsional, maka strukturnya juga berubah. Sehingga dari 35 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Riau, 33 OPD diantaranya berubah strukturnya. Sedangkan 2 OPD lagi yang tidak mengalami perubahan adalah Badan Penghubung Riau di Jakarta dan RSUD Petala Bumi. Karena kedua OPD itu tidak termasuk dalam penyederhanaan birokrasi," jelasnya.

Kemal menjelaskan, dari 468 pejabat fungsional yang akan dilantik tersebut, terdapat 21 jabatan Eselon III yang dialihkan menjadi Fungsional Madya, dan 447 jabatan Eselon IV yang dialihkan menjadi Fungsional Muda.

"Untuk pelantikan pejabat fungsional sendiri ada batas waktunya dari pemerintah pusat. Bahwa paling lambat 31 Desember 2021, pemerintah daerah melakukan pelantikan terhadap pola penyederhanaan birokrasi itu," pungkasnya.***(mok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri