Logo RTC
 
 
Pertengahan 2022, PT HK Pasang ETLE dan WIM di Tol Permai

Riauterkini - PEKANBARU - PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola jalan tol Pekanbaru - Dumai (Permai) terus berbenah melakukan perbaikan dan pelayanan. Baik dari sisi fasilitas mau pun untuk menekan angka kecelakaan.

Seperti memasang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) serta Weight In Motion (WIM) di ruas jalan bebas hambatan pertama di Riau tersebut.

"Masih menunggu di Pulau Jawa dulu. (Untuk Tol Permai) Kita upayakan pertengahan tahun ini," kata Branch Manager Tol Permai, Indrayana, Selasa (11/1/22).

Khusus untuk ETLE, direncanakan akan dipasang sebanyak delapan titik. Diutamakan di ruas-ruas rawan terjadinya kecelakaan. Fungsi dari ETLE sendiri guna memantau prilaku pengandara yang mengabaikan aturan terutama batas maksikum kecepatan.

Seperti diketahui, kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan yakni 80 km perjam menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di tol sepanjang 131 km tersebut.

"Ini harapan kami. Kalau lebih cepat lagi tentu lebih baik," ujar Indrayana.

Selain itu, pada semeter kedua tahun ini juga direncanakan dilakukan pemasangan WIM di tiga titik Tol Permai. WIM berfungsi guna mendeteksi kendaraan truk Over Dimension Over Loading (ODOL).

Titik pemasangan yang sudah dipastikan adalah di pintu masuk tol dari sisi Pekanbaru. Sementara dua WIM lagi masih dilakukan kajian, berdasarkan tingginya mobilitas ODOL.

"Dua lagi bisa kemungkinan kita pasang di pintu masuk Minas, Pinggir, Bathin Solapan atau Dumai. Sesuai kajianlah, mana yang paling banyak temuan ODOL. Selama inikan masih dilakukan manual pengawasannya," ungkap Indrayana lagi.

Sementara untuk Closed Circuit Television (CCTV), papar Indrayana sudah terpasang sebanyak 264 titik di sepanjang ruas tol Permai. Kamera pengawas itu dimonitor melalui pos pemantauan oleh petugas lalu lintas Tol Permai.

Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (Hikatama) pada Rabu (2/6/21), pernah memberikan masukan terkait maraknya serangkaian kasus kecelakaan di jalan tol Permai melalui acara diskusi bersama pemangku kepentingan Tol Permai. Diantaranya memasang ETLE dan terus mengkampanyekan keselamatan pengandara melalui sosialiasi.

Dua hal itu menurut Sekjen Hikatama Harmaini Wibowo yang hadir ketika itu, bisa menekan terjadinya kecelakaan yang sudah banyak memakan korban.

Disebutkan, pentingnya pemasangan ETLE dan mensosialisasikan keselamatan lebih masif di akses masuk tol sebagai pengingat akan bahaya dari serangkaian kasus kecelakaan yang telah terjadi di jalan bebas hambatan tersebut. Karena, dari ribuan kendaraan setiap harinya yang melewati jalan tol sepanjang 131 kilo meter tersebut, beragam termasuk dari luar Riau. Sasarannya, bagaimana kesadaran pengandara bisa meningkat.

Selain itu, titik pemasangan rumble strip (marka kejut) bisa diperbanyak lagi. Kemudian CCTV yang banyak terpasang di tol Permai itu juga bisa berperan menjadi teknologi untuk mencatat pelanggaran – pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.

Pemetaan data kecelakaan menunjukkan keterkaitan antara tingginya pelanggaran dengan kecelakaan fatal yang terjadi bisa dilihat sebagai bahan evaluasi pihak pengelola tol.

“Disinilah peran IT. Persoalan keterbatasan petugas bisa diatasi. Kami dari Hikatama mengharapkan, sistem ETLE ini bisa dijalankan. Merekakan punya CCTV dimana-mana,” ungkap Harmaini saat itu.

“Kita lihat jalan di Chevron, pengandara bisa disiplin, karena mereka diawasi sistem. Jarak tempuh sudah diatur, tak boleh melebihi 72 kilo meter. Kemudian sanksinya juga ada. Dari sini kami kira, kita bisa belajar,” ujar Harmaini lagi.***(mok)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri