Logo RTC
 
 
Ombak Air Pasang "Meno Utaru" Hantam 426 Rumah Mayoritas Bangsa Laut Di Desa Panglima Raja

Riauterkini- INDRAGIRI HILIR, - Musim Angin Utara yang biasa disebut " Meno Utaru " oleh masyarakat Bangsa Laut yang berada di pesisir pantai Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau.

Dikenal dengan musimnya gelombang air pasang yang sering membawa dampak bencana tahunan mengerikan karna akibatnya terjang gelombang ini, tidak sedikit tempat tinggal masyarakat didaerah pesisir Inhil yang rusak dan roboh diterjangnya.

Seperti hal yang terjadi belum lama ini. Ratusan rumah tempat tinggal mayoritas bangsa laut yang ada di Desa Panglima Raja, Kecamatan Concong, Kabupaten Indragiri Hilir, hancur dihantam Ombak Menong Utaru (Angin Utara). Rabu (8/12/2021)

Dimana akibat hantaman ombak tersebut, 1 rumah hancur total dan tenggelam kedalam air dan 108 rumah mengalami rusak sedang hingga berat, serta 318 Rumah lainya mengalami rusak ringan.

PRj. Haryono Maha Seri Bijawangsa selaku Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia saat dikonfirmasi awak media mengungkapkan turut berduka atas bencana yang menimpa masyarakat mayoritas bangsa laut di Desa Panglima Raja, Kecamatan Concong.

"Turut berduka cita atas musibah yang terjadi, Saya yakin semua orang tidak berharap akan datangnya bencana," Ujar Presiden Bangsa Laut saat dikonfirmasi.

Dirinya berharap agar pemerintah daerah segera tanggap atas kondisi yang menimpa warga Inhil dibagian pesisir tersebut.

"Baik masyarakat Suku Laut atau Pemerintah, saat ini Saya berharap pemerintah daerah segera bergerak cepat membantu korban bencana Meno Utaru/ Angin Utara ini," Katanya.

Selain itu, Presiden Bangsa Laut juga mengatakan bahwa Meno Utaru diprediksi akan terus terjadi hingga Februari 2022 mendatang.

"Dengan hancurnya rumah tentu tidak ada peralatan masak memasak dan persediaan yang lain-lain untuk masyarakat bertahan hidup, Peristiwa Meno Utaru ini kemungkinan akan panjang mulai dari Desember ini sampai Februari 2022," Tukas Presiden Bangsa Laut, PRj. Haryono Maha Sri Bijawangsa.(pto)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri