Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 15 Agustus 2020 17:22
Bupati Kuansing dan Forkopimda Silaturahmi Bersama Dandim 0302/Inhu

Sabtu, 15 Agustus 2020 16:34
Maju Pilkada Inhu, Wahyu-Supriati Sowan ke Tokoh Inhu

Sabtu, 15 Agustus 2020 15:25
Timsus Polres Bengkalis Ringkus Tiga Pengedar Sabu di Bathin Solapan

Sabtu, 15 Agustus 2020 14:51
BNNP Riau Ringkus Pengedar Sabu 2 Kg Tujuan Bandar Lampung

Sabtu, 15 Agustus 2020 09:38
Sengketa Hutang, Kapolsek Pangkalan Lesung Mediasi PT SLS dengan KKPA Jasa Sepakat

Sabtu, 15 Agustus 2020 09:27
Alhamdulillah, Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat di Inhil Sembuh

Jum’at, 14 Agustus 2020 21:42
Penyaluran BLT Covid - 19 di Duri, Bengkalis, Nama Puluhan Warga Duri Timur Hilang

Jum’at, 14 Agustus 2020 20:11
Lima Sekawan Pelaku Penculikan dan Penyekapan di Pekanbaru Digulung Polisi

Jum’at, 14 Agustus 2020 19:23
Terdampak Covid-19, Dewan Minta Pemko Pekanbaru Beri Stimulus Pelaku UMKM

Jum’at, 14 Agustus 2020 18:30
Tambah 29, 18 Kasus Terkonfirmasi Covid-19 dari Kuansing


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 16 Desember 2018 20:37
KOTAKU Gelar Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol 3

Sahabat Sungai Pekanbaru bersama KOTAKU kembali gelar “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol. 3”. Aksi mendorong kesadaran dan kepedulian anak muda terhadap sungai yang ada di Pekanbaru.

Riauterkini-PEKANBARU-Ahad (16/12), Sahabat Sungai Pekanbaru bersama Duta Lingkungan Pekanbaru dan Fasilitator KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) melakukan “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol. 3” di Sungai Limau, Kel. Rintis Kec. Limapuluh Kota Pekanbaru. Aksi bersih ini diikuti oleh relawan Sahabat Sungai Pekanbaru, Fasilitator Kotaku Pekanbaru dan Riau, Ketua RW & RT serta warga setempat.

Melalui gerakan sukarela, Sahabat Sungai Pekanbaru mendorong kesadaran dan kepedulian anak muda terhadap sungai yang ada di Pekanbaru. Annesa Fista, Juara 2 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020 yang merupakan penggerak dari kegiatan ini menjelaskan, ada 3 alasan utama mengapa dilakukan aksi bersih sungai. Pertama, DAS (Daerah Aliran Sungai) Siak yang merupakan sungai kebanggaan tanah melayu termasuk DAS kritis, rawan bencana banjir dan longsor, erosi dan pendangkalan, serta terjadi berbagai pencemaran. Kedua, untuk mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Ketiga, masih banyak masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang sampah di sungai sehingga sungai menjadi kotor dan dipenuhi sampah.

“Karena sampah-sampah yang dibuang ke anak sungai ini akan bermuara ke sungai Siak, maka anak-anak sungainya perlu dibersihkan sehingga meminimalisir sampah yang akan hanyut ke sungai Siak hingga ke laut nanti. Selain itu dengan membersihkan anak sungai, kami memiliki jalan untuk berkenalan dengan masyarakat sekaligus memberikan edukasi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai,” tambah Annesa yg juga salah satu Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Aksi bersih sungai ini telah dilaksanakan 3 kali sejak Oktober lalu. Volume 1 dilaksanakan pada 14 Oktober 2018 di Kel. Kampung Bandar, para relawan bersama warga membersihkan sungai kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi kepada anak-anak yang sebelumnya ikut turun membersihkan sungai. Volume 2 yang dilaksanakan pada 20 November 2018 di Sungai Sago Kel. Sukaramai Kec. Pekanbaru, para relawan bersama Lurah setempat membersihkan sungai dan kemudian dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) terkait solusi permasalahan sungai.

Pada Volume 3 ini, setelah membersihkan sungai dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan dan edukasi oleh Annesa agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. Kedepannya Sahabat Sungai Pekanbaru bersama KOTAKU Riau akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, asri dan indah sehingga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata.

“Kami siap mendukung Sahabat Sungai Pekanbaru bersama-sama menjadikan kawasan Sungai Limau ini menjadi kawasan wisata lingkungan di Pekanbaru. Kami berharap dengan kolaborasi ini dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat,” ucap Rusmani Said selaku Tim KOTAKU Provinsi Riau.

Niat baik dari Sahabat Sungai Pekanbaru dan Tim Kotaku Riau ini disambut hangat oleh warga. Dalam arahan yang disampaikan oleh Ketua RT & RW setempat, yang menyatakan kesiapannya untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah RT/RW yang mereka pimpin dan akan menjadwalkan kembali kegiatan yang sama dibulan depan.

Melalui aksi bersih dan edukasi kepada masyarakat ini, Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru berharap kebiasaan masyarakat yang masih sering membuang sampah ke sungai berkurang. Sungai bukanlah tempat sampah, bila bukan kita yang menjaga, siapa lagi ?***(rls)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita lainnya..........
- Warga Kuala Sebatu, Inhil Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter
- Minim Pertumbuhan Awan Picu Suhu Riau Memanas
- Kadis PUPR Sebut Jalan Sekitaran Agus Salim Bakal Dioverlay
- Bupati Inhil Tinjau Lokasi Longsor di Kecamatan Tembilahan Hulu
- Kawanan Gajah Sambangi Kebun Sawit Warga Semunai
- Dinas PUPRKPP Riau Perbaiki Portal Jembatan Letton yang Nyaris Tumbag
- Belum Diumumkan Sebagai Kakan Kemenag, Hasil Tracking MR Ada Warga Pelalawan Tertular Corona


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com