Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Senin, 26 Oktober 2020 22:22
Tak Pakai Masker, 34 Warga Terjaring Razia di Pasar Sail Pekanbaru

Senin, 26 Oktober 2020 22:14
Berikan Sosialisasi, Tim Satgas Covid-19 PSBM Rimbo Panjang Sasar Sekolah

Senin, 26 Oktober 2020 21:44
Tingkatkan Imun Saat Pandemi, Pengelola Hall Renaya Adakan Pertandingan Badminton Antar PB

Senin, 26 Oktober 2020 21:25
Ini Penjelasan Terkait Beredar Video Begal di Tol Permai

Senin, 26 Oktober 2020 20:40
Masa Pandemi, Mitramedis Bantu Warga Riau Berobat ke Malaysia

Senin, 26 Oktober 2020 20:36
Program KIP, Andi Rachman: 104 Mahasiswa Universitas Tuanku Tambusai Dapat Beasiswa

Senin, 26 Oktober 2020 20:31
Tertabrak Mobil Operasional Subkon Chevron, Istri dan Anak Eks Kades Bumbung, Bengkalis Tewas

Senin, 26 Oktober 2020 19:30
Pasien Positif Covid-19 di Riau Tersebar di 10 Daerah, Terbanyak Pekanbaru

Senin, 26 Oktober 2020 18:32
Berita dan Video,
Demi Kenyamanan Tamu, Labersa Hotel Pekanbaru Terapkan Prokes Covid-19


Senin, 26 Oktober 2020 18:28
6 Pasien Covid - 19 Sembuh, Penambahan Positif Nihil Hari ini


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 16 Desember 2018 20:37
KOTAKU Gelar Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol 3

Sahabat Sungai Pekanbaru bersama KOTAKU kembali gelar “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol. 3”. Aksi mendorong kesadaran dan kepedulian anak muda terhadap sungai yang ada di Pekanbaru.

Riauterkini-PEKANBARU-Ahad (16/12), Sahabat Sungai Pekanbaru bersama Duta Lingkungan Pekanbaru dan Fasilitator KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) melakukan “Aksi Bersih Sungai Sahabat Sungai Pekanbaru Vol. 3” di Sungai Limau, Kel. Rintis Kec. Limapuluh Kota Pekanbaru. Aksi bersih ini diikuti oleh relawan Sahabat Sungai Pekanbaru, Fasilitator Kotaku Pekanbaru dan Riau, Ketua RW & RT serta warga setempat.

Melalui gerakan sukarela, Sahabat Sungai Pekanbaru mendorong kesadaran dan kepedulian anak muda terhadap sungai yang ada di Pekanbaru. Annesa Fista, Juara 2 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020 yang merupakan penggerak dari kegiatan ini menjelaskan, ada 3 alasan utama mengapa dilakukan aksi bersih sungai. Pertama, DAS (Daerah Aliran Sungai) Siak yang merupakan sungai kebanggaan tanah melayu termasuk DAS kritis, rawan bencana banjir dan longsor, erosi dan pendangkalan, serta terjadi berbagai pencemaran. Kedua, untuk mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Ketiga, masih banyak masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang sampah di sungai sehingga sungai menjadi kotor dan dipenuhi sampah.

“Karena sampah-sampah yang dibuang ke anak sungai ini akan bermuara ke sungai Siak, maka anak-anak sungainya perlu dibersihkan sehingga meminimalisir sampah yang akan hanyut ke sungai Siak hingga ke laut nanti. Selain itu dengan membersihkan anak sungai, kami memiliki jalan untuk berkenalan dengan masyarakat sekaligus memberikan edukasi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai,” tambah Annesa yg juga salah satu Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

Aksi bersih sungai ini telah dilaksanakan 3 kali sejak Oktober lalu. Volume 1 dilaksanakan pada 14 Oktober 2018 di Kel. Kampung Bandar, para relawan bersama warga membersihkan sungai kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi kepada anak-anak yang sebelumnya ikut turun membersihkan sungai. Volume 2 yang dilaksanakan pada 20 November 2018 di Sungai Sago Kel. Sukaramai Kec. Pekanbaru, para relawan bersama Lurah setempat membersihkan sungai dan kemudian dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) terkait solusi permasalahan sungai.

Pada Volume 3 ini, setelah membersihkan sungai dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan dan edukasi oleh Annesa agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. Kedepannya Sahabat Sungai Pekanbaru bersama KOTAKU Riau akan melakukan pembinaan terhadap masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, asri dan indah sehingga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata.

“Kami siap mendukung Sahabat Sungai Pekanbaru bersama-sama menjadikan kawasan Sungai Limau ini menjadi kawasan wisata lingkungan di Pekanbaru. Kami berharap dengan kolaborasi ini dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat,” ucap Rusmani Said selaku Tim KOTAKU Provinsi Riau.

Niat baik dari Sahabat Sungai Pekanbaru dan Tim Kotaku Riau ini disambut hangat oleh warga. Dalam arahan yang disampaikan oleh Ketua RT & RW setempat, yang menyatakan kesiapannya untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah RT/RW yang mereka pimpin dan akan menjadwalkan kembali kegiatan yang sama dibulan depan.

Melalui aksi bersih dan edukasi kepada masyarakat ini, Komunitas Sahabat Sungai Pekanbaru berharap kebiasaan masyarakat yang masih sering membuang sampah ke sungai berkurang. Sungai bukanlah tempat sampah, bila bukan kita yang menjaga, siapa lagi ?***(rls)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita lainnya..........
- Ketua DPRD Inhil Bersama Personil TNI-Polri dan Masyarakat, Kembali Goro Gali Parit
- Ornamen Melayu Hilang, Kini Jalan Layang Sekedar Dicat Tiga Warna
- Buka Jalan Secara Goro, Camat Mandau Komit Perhatikan Warganya
- Hingga Malam, Personil Polres Inhil Sedot Air Genangi Jalan di Tembilahan
- Panen Sayur, Pj Bupati Kuansing Himbau Stop Alih Fungsi Lahan Pertanian
- Kodim 0314 Inhil Kerahkan Personil Bantu Pengendara Terjebak Banjir
- Bupati Inhil Panen Raya Jagung di Hari Pangan Sedunia


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com