Home > Lingkungan >>
Berita Terhangat..
Ahad, 11 April 2021 17:49
Surati Panglima TNI dan Kapolri, KSP Minta Lindungi Petani Gondai

Ahad, 11 April 2021 16:44
Kadis LHK Riau Panen Madu Kelulut Bersama Masyarakat Kampar

Ahad, 11 April 2021 16:30
Dihadiri Menteri Sandiaga Uno,
Malam ini Dispar Riau Luncurkan Aplikasi Jemari dan Kalender Pariwisata 2021


Ahad, 11 April 2021 14:51
Penegakan Prokes Polsek Kerumutan tak Kenal Hari Libur

Ahad, 11 April 2021 14:44
Polsubsektor Pelalawan Pantau Prokes Jalan Koridor PT RAPP

Ahad, 11 April 2021 14:41
Angin Kencang di Kuansing Terbangkan Atap Rumah dan Tumbangkan Pohon

Ahad, 11 April 2021 14:38
Sambut Ramadhan 1442 H, Pemkab Meranti Gelar Zikir Akbar dan Sholat Subuh Berjamaah

Ahad, 11 April 2021 14:37
Polsek Pangkalan Kuras Tingkatkan Patroli Jalan Raya

Ahad, 11 April 2021 14:28
Polsek Langgam Fokus Patroli C3 dan Prokes

Ahad, 11 April 2021 14:22
Ciptakan Pemuda Modern, Bung Ade Siap Pimpin DPD KNPI Rokan Hulu


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 24 Pebruari 2021 17:07
Dikelola Pihak Ketiga, Dewan Minta Jaminan Kota Pekanbaru Jau dari Sampah

Tim gabungan di Meranti berjuang keras memadamkan api di Rangsang Pesisir. Kencangnya angin dan sering berubah arah, menjadi tantangan tersendiri.

Riauterkini-PEKANBARU- Langkah pemerintah kota Pekanbaru untuk kembali menyerahkan pengelolaan sampah dengan pihak ketiga menuai kritikan dari berbagai pihak, bahkan pemko terkesan memaksakan kehendak untuk tetap melanjutkan proses lelang meski lelang pertama dinyatakan gagal dan saat ini proses lelang terus berlanjut dan tinggal menunggu pemenang lelang diumumkan pada Maret mendatang.

Menurut Ketua DPRD kota Pekanbaru Hamdani, pihaknya menginginkan adanya jaminan persoalan sampah selesai jika Pemerintah tetap memilih pihak ketiga mengelola sampah di 2 zona yang ditentukan.

"Karena proses lelang ini sedang berjalan, maka kita akan lihat dan jadi catatan bagi kita. Intinya kita ingin apa yang disampaikan pemko bisa menjamin persolan sampah bisa diselesaikan," kata Ketua DPRD kota Pekanbaru, Hamdani, Rabu (24/2/2021)

Menurut Politisi PKS ini lagi, sejak hampir 3 bulan ini masyarakat dibuat resah dengan persoalan tumpukan sampah, ada ancaman kesehatan dan keselamatan yang mengintai masyarakat, pasalnya pengangkutan sampah yang saat ini menghandalkan pihak DLHK tidak berjalan maksimal dan dengan keterbatasan armada sehingga membutuhkan waktu antri pengankutan.

Padahal menurut Hamdani, ada cara efektif yang bisa digunakan Pemko Pekanbaru dalam pengelolan sampah yakni dengan melibatkan unsur masyarakat, LPM, RT RW, lurah hingga camat untuk bertanggungjawab mengelola sampah didaerah masing-masing.

"Pada dasarnya kita lebih menyarankan agar persoalan sampah ini diserahkan kepada masyarakat melalui lpm, rt, tw,lurah dan camat sehingga kontrol dari pemerintah juga lebih mudah. Tidak hanya itu, anggaran yang dikeluarkan pemko juga lebih ekonomis dan bisa dialihlan ke hal-hal lain yang juga dibutuhkan, seperti untuk honor rt rw dan keperluan lainnya," sebut Hamdani.

Sementara itu, wakil ketua DPRD kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri (TAF) juga menyarankan hal serupa, dimana pengelolaan sampah dilibatkan masyarakat.

"Saran kita kepada walikota pekanbaru agar pengelolaan sampah diserahkan kepada pihak kecamatan atau masyarakat, selain bisa memberikan masukan bagi pad permasalahan sampah juga bisa teratasi dengan adanya peran aktif dari masyarakat," Singkat TAF.

Permintaan agar persoalan sampah ditangani secara swakelola atau melibatkan masyarakat juga disampaikan Ruslan Tarigan, bahkan pihaknya di Komisi IV beberapa waktu lalu sudah sepakat memberikan rekomendasi agar pengelolaan sampah diswakelola.

"Kita tetap konsisten agar sampah diswakeloa, bahkan beberapa waktu lalu berdasarkan hasil rapat kita juga sudah menandatangi berita acara agar sampah diswakelola saja, kenapa harus ngotot untuk dilelang ini sama saja mengulang keselahan yang lama," pungkas Ruslan.***(parlementaria)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Berita lainnya..........
- Angin Kencang di Kuansing Terbangkan Atap Rumah dan Tumbangkan Pohon
- Ditinggal Kekebun, Rumah Warga Duri Ludes Dilalap Api
- Warga Batang Nilo, Pelalawan Desak PT Adei Platation Kembalikan Lahan Pemakaman
- Belasan Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Milik Warga di Kuansing
- Raih 955 Poin, Kepala.DPPPA Optimis Pekanbaru Boyong KLA Utama di HAN 2021
- SKKMIGAS Lakukan Monev PPM BOB PT BSP-Pertamina Hulu di Dayun, Siak.
- Diduga Diterkam Buaya, Pria di Rohil Dinyatakan Hilang


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com