16/01/2020 21:19
Wabup Said Hasyim Hadiri Pisah Sambut Camat Ransang, Meranti

16/01/2020 16:53
Rayakan Ulang Tahun ke-II, Grand Meranti Hotel Bagi-bagi Sembako

14/01/2020 21:42
KPU Kepulauan Meranti Akan Rekrut 45 PPK Untuk Pilkada 2020

7/01/2020 14:16
Empat Terdakwa Korupsi Dana Bantuan Pemerintah di Disdikbud Kepulauan Meranti Diadili

6/01/2020 11:20
Tahun 2020, Bupati dan Wabup Meranti Belum Intruksikan Pengurangan Tenaga Honor

1/01/2020 12:59
Jelang Pilkada Kepulauan Meranti 2020,
HM Adil Sudah Dapatkan Rekomendasi PKB

30/12/2019 10:52
Pilkada Meranti 2020, Said Hasyim Kantongi Rekomendasi DPP PAN

26/12/2019 20:35
Menuju Pilkada 2020, Ini Makna Meranti Berseri Menurut Hery Saputra

18/12/2019 12:46
Korupsi Restribusi Kapal, ASN dan Honorer Dishub Meranti Divonis 1,5 Tahun Penjara

18/12/2019 10:41
Champions Futsal Akhir 2019, Adhyaksa FC 'Berseri' di Piala Ketua PSSI Kepulauan Meranti

  Kamis, 26 Desember 2019 20:35
Menuju Pilkada 2020, Ini Makna Meranti Berseri Menurut Hery Saputra

Balon Wabub Meranti Hery Saputra memiliki penilaian sendiri memaknai HUT kabupaten. Pembangunan daerah peelu dilanjutkan.

Riauterkini-SELATPANJANG - Bakal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti Hery Saputra SH terus meningkatkan sosialisasi dan konsolidasi. Dia bertekad untuk mewujudkan Meranti Berseri dalam pembangunan bila terpilih kelak.

Tekad Hery bukan tanpa alasan. Menurutnya, program pembangunan yang dilaksanakan Bupati Irwan dan Said Hasyim saat ini perlu dilanjutkan karena sudah berdiri pondasi pembangunan yang kokoh.

"Era Bupati Irwan telah berhasil meletakkan pondasi pembangunan yang kokoh baik di bidang infrastruktur publik, pelayanan kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi serta segi sosial politik yang stabil. Jika diamanahkan rakyat, kita akan melanjutkan pembangunan ini agar wajah Meranti makin berseri baik di level regional dan nasional," ungkap Hery.

Menurutnya, slogan berseri bukan hanya singkatan bersama Said-Hery tetapi juga dapat dimaknakan *bersatu membangun ekonomi negeri*. Kedepan, Hery mengaku akan fokus pada aspek pertumbuhan dan kemandirian ekonomi masyarakat.

Tekadnya ke depan adalah fokus mengembangkan usaha yang meningkatkan pendapatan masyarakat. Caranya, dengan mengembangkan potensi ekonomi lokal yakni pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri kecil dan menengah (IKM).

"Kita perlu memperkuat sektor produksi dan usaha masyarakat agar ekonomi mereka mandiri. Kita perlu modernisasi alat-alat pertanian dan perkebunan, serta perikanan dan mendidik masyarakat kita gemar berwirausaha," tegasnya.

Menurut pria yang menjabat Kabag Humas ini, tantangan ekonomi ke depan semakin berat. Dia bertekad pembangunan infrastruktur jalan, roro, pasar, dan pelabuhan yang dibangun saat ini tidak sekedar dimanfaatkan untuk keperluan biasa tetapi dimanfaatkan untuk kemajuan usaha yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Jangan sampai dimanfaatkan orang dari luar, maksudnya kita malah membeli barang yang didatangkan dari luar padahal bisa dihasilkan di daerah kita. Saya contohkan kebutuhan beras, sayuran, kopi, dan beberapa produk pangan dan perikanan lainnya bisa kita hasilkan sendiri bila digarap dengan baik," terang dia.

Hery memberi contoh kecil yakni kebutuhan ikan lele dan nila dimana masih didatangkan dari Pekanbaru. Padahal Meranti punya potensi peternakan ikan lele dan nila. Begitu juga cabe dan sayuran lainnya.

"Seperti juga makanan ringan dalam kemasan. Kita punya sagu yang bisa diolah jadi makanan ringan dalam kemasan. Juga kelapa dan kopi. Kita perlu tingkat pengetahuan dan keterampilan pengrajin kita, juga peralatan yang lebih baik," ungkap dia.

Mengembangkan ekonomi kerakyatan adalah salah satu titik fokus yang akan dilakukan Hery kelak. Disamping itu tentu pula infrastruktur publik seperti jalan, pelabuhan, listrik, fasilitas kesehatan dan pendidikan serta air bersih.

Hery akan mendampingi Said Hasyim dalam pilkada bupati-wakil bupati Meranti tahun depan. Pasangan ini sudah mendaftar ke beberapa partai seperti Golkar, PAN, Nasdem, Demokrat dan PPP.

Terhadap kondisi keuangan daerah yang tertekan seperti sekarang, Hery berharap tahun-tahun mendatang akan membaik. Dia yakin ekonomi nasional akan membaik dan berdampak positif pada keuangan daerah.

"Makanya ke depan kita akan fokus pada sektor usaha masyarakat. Bila pertumbuhan usaha masyarakat meningkat, kemampuan membayar pajak dan retribusi daerah juga meningkat sehingga pendapatan daerah juga bertambah. Jadi, iklim usaha lokal yang positif berkembang akan membantu keuangan daerah," papar dia.(*)

 
PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI © 2017
Home  |  Website Resmi  |  Riauterkini.com