Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Rabu, 13 Nopember 2019 12:28
Yung Jun dari PKS Riau Digadang-gadang Maju Pilkada Bengkalis 2020

Rabu, 13 Nopember 2019 11:33
Dibuka Kepala BPKAD, Pemrov Riau Lelang 46 Kendaraan Dinas Operasional

Rabu, 13 Nopember 2019 11:19
Disdukcapil Meranti Hanya Dijayaj 500 Blanhko KTP-el Sebulan

Rabu, 13 Nopember 2019 10:47
Dewan juga Sesalkan Bank Salah Input Data Gaji Guru PNS Pemkab Pelalawan

Rabu, 13 Nopember 2019 10:42
SK Sekdaprov Belum Jelas, Ahmad Syah Bakal Diperpanjang Jadi Plh

Rabu, 13 Nopember 2019 10:16
Ditetapkan, UMK Kuansing 2020 Rp3.045.450

Rabu, 13 Nopember 2019 10:12
Bupati Harris dan Forkompinda Pelalawan Hadiri Rakornas di Jakarta 

Rabu, 13 Nopember 2019 09:24
Tunaikan Janji, Anggota Dewan Bengkalis Ini Serahkan Material Bangunan ke Surau

Rabu, 13 Nopember 2019 08:23
Maksimalkan Layanan Mudah dan Cepat,
Dukcapil Bengkalis Gesa Terapkan TTE ke Seluruh Petugas UPT Kecamatan


Rabu, 13 Nopember 2019 07:20
Kemenkes RI Beri Penghargaan GP2SP kepada PT RAPP


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Sabtu, 15 Juni 2019 17:31
Mantap, Perpusdes Jangkang, Bengkalis Wakili Riau Lomba Tingkat Nasional

Perpusdes Jangkang, Bengkalis diutus mewakili Provinsi Riau mengikuti perlombaan tingkat nasional untuk kategori perpustakaan desa. Sebelumnya, perpustakaan ini menjadi Terbaik Pertama tingkat Riau.

Riauterkini-BENGKALIS- Perpustakaan Desa (Perpusdes) Jangkang, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis diutus mewakili Provinsi Riau mengikuti perlombaan tingkat nasional untuk kategori perpustakaan desa. Diutusnya Perpusdes Jangkang tersebut setelah berhasil dinobatkan sebagai Terbaik Pertama perlombaan di tingkat Provinsi Riau ditaja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, pada Mei 2019 lalu.

Alhamdulillah Perpusdes Jangkang berkesempatan mewakili Riau dalam perlombaan tingkat nasional. Karena sebulan yang lalu Perpusdes Jangkang terpilih sebagai Terbaik Pertama lomba Perpusdes Provinsi Riau diikuti oleh enam kabupaten," ungkap Kepala Desa Jangkang, Edi Sutrisno, SE beberapa waktu lalu.

Pemerintah Desa (Pemdes) Jangkang menurut Edi akan terus berkomitmen memajukan, dan meningkatkan sarana prasarana Perpusdes, hal tersebut terbukti karena setiap tahunnya ada bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes.

Dengan bantuan dana desa untuk membangun Perpusdes, maka tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat akan lebih cepat terwujud, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda di Desa Jangkang, terangnya.

Sebelumnya disampaikan Pengelola Perpusdes Jangkang, Elissa. Adapun kriteria penilaian terdapat sebelas kriteria penilaian sesuai standar nasional. Yakni, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan.

Kemudian, kreteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Perpusdes Jangkang berdiri tahun 2014, saat ini memiliki 1.272 judul buku, meliputi buku karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains/murni, ilmu terapan, kesenian/olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi dan peta.

Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah/hibah dan juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan, kata wanita yang akrab disapa Lisa ini.

Lisa menambahkan, Perpusdes Jangkang memiliki program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Untuk program kerja jangka pendek yakni, memperkenalkan/mempromosikan Perpusdes kesekolah dan seluruh kalangan masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebulan sekali, kemudia memfasilitasi Perpusdes sesuai kebutuhan pembaca, dilaksanakan sesuai jam kerja, dan memperkenalkan Perpusdes pada kelompok PKK, agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar keluarga.

Kemudian program kerja jangka menengah yakni dengan memberikan reward (penghargaan) kepada pemustaka, hal tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya program jangka panjang yakni membuat pondok baca diluar gedung perpustakaan, menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Perpusdes Jangkang akan melakukan persiapan untuk tingkat nasional.***(dik)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

loading...

Berita Pendidikan lainnya..........
- Ketua PGRI Pelalawan Sayangkan Salah Input Pembayaran Gaji Guru
- BEM UPP Rohul Agendakan Kemah Bhakti di Obyek Wisata Religi‎ Desa RBS
- BRI Pangkalan Kerinci Ditunjuk Penyalur Beasiswa dari PT RAPP
- Petakan dan Ratakan Guru Kontrak, Disdik Bengkalis Gelar Sosialisasi Si Cekgu di Duri
- Gedung Baru Disdik Pekanbaru di Air Hitam Dilengkapi Taman Bermain Anak
- Mitra Tanoto Foundation,
28 Sekolah Tampilkan Karya Inovasi Pembelajaran

- LL Dikti Wilayah X - Kadin Riau Gelar MoU dan Bimtek


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com