Home > Pendidikan >>
Berita Terhangat..
Selasa, 27 Juli 2021 07:15
Terpilih Aklamasi Pimpin KONI, Andi Cahyadi Komit Majukan Olahraga Kuansing

Senin, 26 Juli 2021 21:31
Persiapan PPKM Level Tiga, BOR Isolasi RSUD Indrasari Inhu Capai 87 Persen

Senin, 26 Juli 2021 21:10
BNI Wilayah 02 Area Riau Sumbar dan Kepri Salurkan Bantuan Sosial PKH dan Sembako

Senin, 26 Juli 2021 21:06
KNPI Riau Dukung Kibarkan Bendera Merah, Berjuang Lawan Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 21:01
Masyarakat Dua Desa di Inhu Dukung Keberadaan PT Sawit Inti Raya

Senin, 26 Juli 2021 20:58
Panas Terik, Lahan Gambut di Pulau Rupat Terbakar

Senin, 26 Juli 2021 20:17
IPP Apresiasi Penunjukan Pria Budi Jadi Kapolres Pekanbaru

Senin, 26 Juli 2021 19:46
Geger, Warga Bengkalis Ditemukan Tewas di Tepi Jalan

Senin, 26 Juli 2021 19:25
Update Covid-19, Positif 1.137, Sembuh 810, Meninggal 32

Senin, 26 Juli 2021 19:09
Pekanbaru Terapkan PPKM Level IV, Warga Pekanbaru Wajib Tahu Ini


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 14 Juni 2021 20:29
PPDB Ditunda, Kadisdik Riau Diminta Libatkan Stakeholder

Penerimaan Peserta Didik (PPDB Riau) Riau ditunda. Kadisdik Riau diminta libatkan stakeholder terkait.

Riauterkini-PEKANBARU- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA/SMK di Riau yang semula akan dibuka pada 14 hingga 21 Juni 2021 harus ditunda. Penundaan disebabkan situs ppdbriau.net error dan tidak bisa diakses calon peserta didik yang akan mendaftar.

Terkait hal itu, Wakil Sekretaris Dewan Pendidikan Provinsi Riau, Muhammad Herwan Senin (14/6/21) mengatakan bahwa persoalan utama penundaan PPDB Online ini karena ada arahan Inspektorat terkait sumber pendanaan untuk Provider Internet. Yang dilakukan Inspektorat ini sudah tepat. Disdik Riau, tak perlu melindungi kesalahan dan seolah-olah Inspektorat sebagai tertuduh.

"Pada Juklak (Pergubri) dan Juknis (Kpts Kadisdik Riau) terkait Penggunaan Dana Bosda, sudah jelas tidak ada pengaturan tentng penggunaan dana untuk provider internet PPDB Online. PPDB ini kegiatan rutin tahunan. Seharusnya sudah jelas dan tegas pengganggarannya. Jika Disdik Riau tidak mengalokasikan anggaran, artinya Disdik Riau "cuai dan abai," terangnya.

Sudah sepatutnya setiap tahun sudah ada solusi yang tepat dan bijak, sehingga tidak muncul lagi masalah-masalah yang sama setiap tahun. Seharusnya sudah ada penyempurnaan dan pelaksanaan PPDB semakin baik karena ada mekanisme evaluasi tahunan. Tersebab itu, Disdik Riau mestinya mengajak dan melibatkan stake holder untuk bersama merencanakan dan mencari solusi terhadap, persoalan pendidikan di Riau.

"PPDB ini kan kerja rutinitas tahunan, kalau konsisten menjalankan kalender pendidikan dan melakukan perencanaan yang baik sejak awal (bukan last minute) serta koordinasi dengan stake-holder dan tidak syur2an sendiri, menganggap hanya domainnya Disdik, seharusnya penundaan ini tak terjadi, kecuali ada kejadian force major," tambah Herwan.

Penundaan pelaksanaan PPDB ini seharusnya lah tidak terjadi. Rutinitas tahunan yang dikerjakan last minute (tergesa-gesa tanpa rencana yang lebih awal dan lebih baik) ini setidaknya dapat pula dibuktikan dengan penerbitan Pergubri No. 14 Tahun 2021 dan Keputusan Kadisdik Riau no. 526/2021 tentang Juklak dan Juknis PPDB SLTA Provinsi Riau pada tanggal yang sama yakni 7 Mei 2021. Secara kebiasaan administrasi sudah mencurigakan dan patut dipertanyakan, belum lagi dari info faktual juklak dan juknis tersebut sebenarnya baru di tandatangani pada tanggal 4 Juni 2021. Hal ini tentunya menyulitkan pihak sekolah yang berhadapan langsung dengan masyarakat melakukan sosialisasi secara komprehensif.

"Sepatutnya, Juklak dan Juknis tersebut sudah diterbitkan dan disampaikan ke satuan pendidikan maupun diinformasikan ke publik jauh-jauh hari (selambat-lambatnya 1 bulan sebelumnya), lebih ideal lagi dilakukan bimtek pada sekolah maupun panitia PPDB," urai mantan Direktur Eksekutif Kadin Riau yang kini juga menjabat sebagai Wakil Sekjen FKPMR.*(H-we)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 


Berita Pendidikan lainnya..........
- Pekanbaru Terapkan PPKM Level IV, Warga Pekanbaru Wajib Tahu Ini
- Opini,
Etika dan Peran Baru Akuntan Menghadapi Era New Normal

- Kabar Baik, Pemprov Riau Anggarkan Kembali Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Bidikmisi
- Musda VIII di Bengkalis, Jimmy Saputra Nasution Terpilih sebagai Korpus BEM se-Riau 2021-2022
- SMA Sederajat di Bengkalis Umumkan Hasil PPDB
- PPDB Ditutup, Hasilnya Diumumkan 7 Juli Mendatang
- Unilak dan STMIK Indonesia Padang Jalin Kerjasama MBKM


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com