Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 15 Januari 2021 21:29
4 Sembuh, Pasien Covid-19 di Kuansing Bertambah 8 Orang

Jum’at, 15 Januari 2021 21:02
Tunaikan Kewajiban Demokrasi, Ketua KPU Bengkalis Ikut Nyoblos Anggota BPD

Jum’at, 15 Januari 2021 19:39
Gerebek Warung di PT SJI, Lima Pria Digelandang ke Polsek Kunto Darussalam

Jum’at, 15 Januari 2021 18:13
Tahun Anggaran Berakhir, Proyek Jalur Dua Airmolek Inhu Tetap Dikerjakan

Jum’at, 15 Januari 2021 18:03
Polda Riau Periksa 13 Saksi Terkait Sampah di Pekanbaru

Jum’at, 15 Januari 2021 17:44
Bertambah 170, Total Kasus Covid-19 di Riau Tembus 27 Ribu Lebih

Jum’at, 15 Januari 2021 17:17
H Permata Tewas Ditembak Petugas, Kepala BC Tebilahan Mengaku Belum Mengetahui

Jum’at, 15 Januari 2021 17:16
Mulai Hari Ini APBD Bengkalis 2021 Sudah Bisa Digunakan

Jum’at, 15 Januari 2021 17:03
Polisi Bekuk Jambret Anak Pejabat Tinggi Polda Riau

Jum’at, 15 Januari 2021 11:01
Iwan Patah Sebut Banjir Menahun di Pekanbaru Akibat tak Punya Master Plan

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 15 Mei 2020 10:28
KPU Siapkan Tahapan dan Tata Cara Pilkada 2020

Selepas penerbitan PERPPU no 2/2020, KPU menyiapkan tahapan dan tatacara pelaksanaan pilkada 2020.

Riauterkini-PEKANBARU-KPU kini tengah menyiapkan tahapan pemilihan jelang Desember 2020 serta tata cara yang relevan dalam menghadapi potensi ancaman wabah virus covid 19. Hal itu diungkapkan komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi pada acara Konsolidasi KPU se-Riau yang buka Ketua KPU Riau Ilham M. Yasir, Kamis (15/5/20).

Menurut Pramono Ubaid, persiapan tahapan dan tata cara pemilihan kepala daerah tersebut didasari PERPPU No. 2 Tahun 2020. PERPPU tersebut menyatakan bahwa pilkada akan dilakukan pada Desember 2020.

"KPU telah melaksananan forum diskusi terpimpin dengan banyak pihak tentang bagaimana tata cara yang terbaik dengan mempertimbangkan kualitas penyelenggaraan pemilihan dan juga keselamatan penyelenggara dan juga warga terkait trend kasus Covid-19. Kita memang tidak bisa terlalu optimis wabah akan berhenti pada mei atau juni 2020, namun kita juga tidak boleh terlalu pesimis di tengah situasi pandemi," terangnya.

Di antara hal yang juga menjadi pemikiran KPU RI adalah bagaimana penyediaan alat perlengkapan diri (APD) bagi penyelenggara pemilu agar dalam melaksanakan tahapan yang mensyaratkan pertemuan jumlah massa dapat terlindungi. Tentu penyediaan APD tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.

"Belajar dari Korea Selatan, ternyata konsekwensi dari pelaksanaan pemilu di tengah pandemi adalah ketersediaan APD baik bagi penyelenggara, lebih-lebih warga atau pemilih. Tentu, hal itu perlu dibicarakan dengan pemerintah. Terakhir, saya hendak menekankan pentingnya sosialisasi oleh KPU se Indonesia, khususnya di Riau terkait literasi demokrasi, pemilu, dan atau pemilihan. Saya kira tidak semua orang memahami istilah-istilah seperti Coklit, atau PPDP. Disitulah peran teman-teman KPU untuk menyampaikan ke publik. Salah satu problem masih munculnya hoak, atau fake news adalah lemahnya literasi publik. Keinginan besar publik di ruang politik, tidak diikuti literasi yang kuat. Untuk itulah KPU harus hadir memberikan literasi politik," urai Pramono.

Konsolidasi KPU Riau

Kamis (14/5/20) KPU Riau menggelar "Konsolidasi KPU se-Riau Pasca PERPPU 2 Tahun 2020". Acara yang dilakukan melalu daring dengan aplikasi google meet yang diikuti seluruh Anggota KPU Provinsi Riau, dan KPU Kabupaten/Kota, serta Sekretaris KPU Provinsi Riau dan KPU Kabupaten/Kota. Hadir juga dalam forum itu, Komisioner KPU Republik Indonesia, Pramono Ubaid Tanthowi.

Konsolidasi KPU se-Riau dibuka Ketua KPU Riau, Ilham M. Yasir. Dalam pengantar konsolidasi, Ketua KPU Riau menyampaikan bahwa saat ini KPU Riau telah menjalankan edaran KPU RI untuk menjalankan kerja dari rumah (work from home) dengan penyesuaian yang bersifat lokalistik. Penyesuaian yang dillakukan adalah adanya piket kerja yang terjadwal baik di tingkat staf atau sekretariat dan juga komisioner. Luaran dari kerja dari rumah (work from home) itu adalah adanya laporan kinerja dan juga respon kebijakan yang dikeluarkan Anggota KPU.

Ilham M. Yasir, juga menyampaikan postur anggaran yang telah ditandatangi oleh Pemerintah Daerah dan KPU Kab/Kota yang melaksanakan pilkada 2020. Selain itu, Ilham juga menyampaikan anggota KPU se Riau, dan juga sekretariat dalam keadaa sehat wal afiat, tidak ada yang teridentifikasi terpapar virus Covid-19. Hanya saja, trend di Riau, warga yang terpapar virus Corona masih bergerak naik. Sedangkan Pemda yang telah disetujui pemerintah memberlakukan PSBB ada 6 daerah yakni Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Siak. Dumai, dan Bengkalis.

"Konsolidasi dilakukan mengingat pentingnya kesepahaman seluruh anggota KPU di Riau, baik tingkat provinsi atau Kabupaten/Kota pasca terbitnya PERPPU 2 tahun 2020. Seperti diketahui, bahwa pada 4 mei 2020 lalu telah terbit PERPPU 2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga UU Pemilihan no 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Helat itu juga membicarakah antisipasi langkah-langkah tehnis yang dipandang urgen dan perlu," terang Ilham.

Setelah dibuka ketua KPU Riau, Ilham M Yasir dan mendapat arahan dari komisioner KPU RI, Pramono Ubadi Tanthowi, konsolidasi dilanjutkan dengan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Divisi di KPU Provinsi kepada seluruh peserta Konsolidasi. acara yang dimulai pukul 13.00 tersebut, berakhir pukul 16,00 WIB.*(H-we)

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- Iwan Patah Sebut Banjir Menahun di Pekanbaru Akibat tak Punya Master Plan
- Sidang di MK, Bawaslu Riau dan Bawaslu 5 Kabupaten Kota Susun Keterangan Tertulis
- DPRD Kabupaten Rohul Sahkan Perda MDTA dan Penyakit Menular
- 2021, Pemprov Riau Buatkan Fisik Prasarana Penunjang Gedung Kejati Rp6 Miliar
- PDIP Siapkan Robin Jadi Walikota Pekanbaru
- Mengenal Ahmad Tarmizi, Ketua DPW PKS Termuda se-Indonesia
- Seluruh DPC Sepakat Pilih Wahid Kembali Pimpin PKB Riau
- Terbukti Dukung Paslon di Pillada, Seorang PNS di Pelalawan di "Hadiahi" 4 Bulan Penjara
- Formatur Segera Bekerja, Pengurus PAN Riau Mendatang Lebih Ramping
- Dibubarkan Pemerintah, Pengurus Turunkan Sendiri Plang FPI Inhil
- Vedio Panas Mirip Anggota Dewan Pelalawan, Ketua LAMR: Sebaiknya Mundur Saja
- Selama 2020, DPRD Rohul Sahkan 7 Ranperda Menjadi Perda dan Dua Lagi Menyusul
- Khairul Umam Kembali Nahkodai PKS Bengkalis
- Gantikan Irwan Nasir, Alfredli Pimpin DPW PAN Riau
- Bawaslu Riau Raih Penghargaan Upload Siswalu Terbaik Nasional Tahun 2020
- Gantikan Hendri Munief, Ahmad Tarmizdi Jadi Ketua Umum DPW PKS Riau
- Muswil VI PAN Riau Dimajukan 28 Desember 2020
- Ketua DPRD Inhil Dukung Kelestarian Adat dan Budaya Suku Duanu
- Kalah di Pilkada Rohil, Suyatno-Djamiludin Tempuh Jalur MK
- KPU Inhu Siap Hadapi Gugatan di MK


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com