Home > Politik >>
Berita Terhangat..
Kamis, 21 Oktober 2021 14:47
Gubernur dan Wagub Tebar 6 Ribu Benih Ikan Patin Rohul

Kamis, 21 Oktober 2021 12:54
Suap Pengesahan APBD, KPK Panggil Sejumlah Saksi untuk Tersangka Annas Makmun

Kamis, 21 Oktober 2021 12:46
25-26 Oktober, PP BMR dan Bank Riau Kepri Siapkan 1.000 Vaksinasi untuk Masyarakat Umum

Kamis, 21 Oktober 2021 12:39
Legalitas Tanah Timbun di Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai Dipertanyakan

Kamis, 21 Oktober 2021 10:27
BC Bengkalis Dorong Pelaku UMKM Tembus Pasar Ekspor

Kamis, 21 Oktober 2021 07:00
Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Nihil dan Sembuh 1

Kamis, 21 Oktober 2021 06:58
Maulid Nabi Muhammad, Bupati Inhu Ajak Jadikan Teladan Melayani Masyarakat

Rabu, 20 Oktober 2021 22:03
Pemkab Inhu Kembali Terima 25.000 Dosis Vaksin Covid-19

Rabu, 20 Oktober 2021 20:01
Akses Tertutup, Crane PT Adhy Karya Amblas di Jalan Payung Sekaki

Rabu, 20 Oktober 2021 19:39
DPC PPP Kota Dumai Gelar Muscab V Tahun 2021

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 29 September 2021 17:45
DPRD Kepulauan Meranti Laksanakan Sidang Paripurna Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Perubahan 2021

Bupati Kepulauan Merantu sampaikan Nota Keuangan RAPBD Perubahan 2021 kepada dewan. paripurna dipimpin Ketua DPRD Ardiansyah.

Riauterkini,MERANTI, - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Bupati terhadap Nota Keuangan Ranperda Perubahan Anggaran dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021, Rabu (29/9/2021).

Rapat Paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Iskandar Budiman didampingi wakil ketua lainnya H Khalid Ali dan dihadiri 23 anggota DPRD.

Selain itu tampak hadir Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil, Sekretaris Daerah, Dr H Kamsol, seluruh pimpinan OPD dan instansi vertikal lainnya.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah menyampaikan, rapat Paripurna ini merupakan rangkaian awal dari pembahasan rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2021.

"Rapat Paripurna hari ini dilaksanakan atas Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti tentang perubahan penetapan jadwal kegiatan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dengan agenda pokok yakni penyampaian Pidato kepala Daerah tentang Nota Keuangan RAPBD Perubahan Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2021," kata Ardiansyah.

Dikatakan Ardiansyah, penandatangan MoU KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2021, antara Pemerintah daerah dengan lembaga legislatif akan dijadikan acuan dalam pembahasan RAPBD Perubahan tahun ini. Terkait hal itu, kepada seluruh fraksi yang ada diminta untuk menyiapkan pandangan umumnya.

"Selanjutnya pimpinan DPRD akan menyerahkan rancangan peraturan daerah kabupaten Kepulauan Meranti tentang RAPBD Perubahan 2021 ini lengkap dengan dokumen dan lampirannya kepada seluruh anggota DPRD yang terhormat untuk dibahas dan dicermati sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pandangan umum fraksi dewan," kata Ardiansyah.

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil dalam pidatonya mengatakan penyusunan Ranperda tentang Perubahan APBD tahun 2021 berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020.

Disampaikan, penyusunan Perubahan APBD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2021 telah mempertimbangkan kondisi terkini kinerja perekonomian daerah dan nasional serta memperhitungkan kemampuan fiskal daerah.

Selain itu, pendapatan daerah yang dianggarkan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2021 merupakan perkiraan yang terukur secara rasional dan memiliki kepastian serta berdasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang dapat dicapai untuk setiap sumber pendapatan.

Sementara itu belanja daerah sebagai komponen keuangan daerah dalam kerangka ekonomi makro diharapkan dapat memberikan dorongan terhadap penumbuhan ekonomi daerah secara makro ke dalam kerangka pengembangan yang lebih memberikan efek berkelanjutan yang lebih besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih merata.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan gambaran rancangan APBD Perubahan 2021 yang akan disahkan nantinya.

"Bersama ini kami sampaikan rancangan Perubahan APBD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2021 dengan komposisi belanja berjumlah Rp1,223 triliun lebih, pendapatan berjumlah Rp1.220 triliun lebih dengan defisit sebesar Rp3,291 miliar lebih," kata Adil.

"Sementara untuk perubahan komposisi target jumlah pendapatan tersebut, menurut sumber-sumber pendapatan asli daerah semula ditargetkan sebesar Rp 204 miliar lebih setelah perubahan menjadi Rp 204 miliar lebih bertambah sebesar Rp 321 juta lebih. Pendapatan transfer semula sebesar Rp 904 miliar lebih setelah perubahan menjadi Rp 982 miliar lebih atau bertambah sebesar Rp 77 miliar lebih. Lain-Lain pendapatan daerah yang semula sebesar Rp30 miliar lebih menjadi Rp33 miliar lebih bertambah sebesar Rp2 miliar lebih," katanya lagi.

Berdasarkan pertimbangan kemampuan keuangan daerah, yaitu kemampuan pendapatan dan kemampuan pembiayaan maka jumlah pendanaan yang dimungkinkan untuk dibelanjakan pada Perubahan APBD tahun anggaran 2021 mengalami kenaikan.

Secara keseluruhan perubahan belanja tahun anggaran 2021 yang semula direncanakan sebesar Rp1.179 triliun lebih menjadi Rp 1,223 triliun lebih, mengalami kenaikan sebesar Rp43 miliar lebih.

Anggaran penerimaan pembiayaan daerah semula ditargetkan sebesar Rp 40 miliar Iebih menjadi Rp 3 miliar Iebih. Maka dengan demikian, pembiayaan netto sebesar nilai penerimaan pembiayaan. Sehingga defisit pada Perubahan APBD tahun anggaran 2021 dapat ditutup dengan nilai pembiayaan tersebut.

"Saya berharap rancangan peraturan daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2021 dapat segera dibahas dan disetujui mengingat faktor waktu yang sempit untuk tahap pelaksanaan sisa waktu di tahun 2021," pungkasnya.(Edi).

Loading...


Berita Politik lainnya..........
- DPC PPP Kota Dumai Gelar Muscab V Tahun 2021
- 24 Oktober, Zulkifli Hasan Lantik DPW /DPD PAN Riau
- Bupati Rohil Keynote Speaker Wisuda Universitas Terbuka
- Penerimaan Calag KPU-Bawaslu Periode 2022-2027
- Terkait Pencemaran Limbah, Komisi III DPRD Inhil Minta PT.Bayas Biofuel Ditutup Sementara
- Diperkenalkan ke Publik, Annas Maamun dan Irwan Nasir Resmi Loncat Pagar ke Nasdem
- Hadir di Rakorwil, Yopi Arianto, "Roh Politik Saya di Nasdem"
- Muhammad Syafii Ketuai DPC Gerindra Bengkalis
- Berita dan Video,
DPRD Riau Bentuk Pansus Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan

- Ingin Sampaikan Panmun, Fraksi PAN DPRD Riau Tak Berkutik
- Bapemperda DPRD Riau Kunjungan Konsultasi ke Kemendagri
- Terkait Dugaan Pencemaran Limbah PT.Bayas Biofuel, Dewan Inhil Respon Laporan Warga
-
- Pemprov Riau Sampaikan Perubahan Ranperda Retribusi Daerah
- Ingin Mengadu, Puluhan Karyawan PT.ASI Dapati Gedung DPRD Inhil Kosong
- 64 Posisi Kepala Desa di Inhu Bakal Diperebutkan 215 Peserta Pilkades Serentak
- Bupati Rohil Janji Dalam Dua Tahun Tuntaskan Banjir Bagansiapiapi
- Rp 1,220 Triliun, DPRD Sahkan APBD-P 2021 Kepulauan Meranti
- Masih Pandemi Alasan Sukarmis Sering Absen Masuk Gedung DPRD Riau
- Polda Riau Gelar FGD Antisipasi Berita Hoak Jelang Pemilukada 2024


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com