Home > Bisnis Terkini >>
Berita Terhangat..
Rabu, 12 Mei 2021 08:28
FKIJK Riau Laksanakan Vaksin Covid-19

Rabu, 12 Mei 2021 08:12
Jelang Idul Fitri, DPW IKA UII Jogja Wilayah Riau Berbagi Sembako

Selasa, 11 Mei 2021 22:24
Berkah Ramadhan, Pengurus Kopertim Kecamatan Tambusai Buka Puasa Bersama

Selasa, 11 Mei 2021 20:47
Serentak, Delapan Pj Kades Dilantik Camat Seberida Inhu

Selasa, 11 Mei 2021 19:03
Jelang Idul Fitri, PGN Pastikan Progres Pembangunan Proyek Infrastruktur Gas Bumi Sesuai Jadwal

Selasa, 11 Mei 2021 17:13
Polsek Pangkalan Lesung Imbau Soal Prokes di Pasar

Selasa, 11 Mei 2021 17:05
Operasi Polsek Ukui dan Tim Yustisi Sasar Pusat Keramaian

Selasa, 11 Mei 2021 16:59
Tzu Chi dan PT PSPI–APP Sinar Mas Region Riau Berbagi di Bulan Ramadhan

Selasa, 11 Mei 2021 16:58
Polsek Bunut Pastikan Masyarakat Terapkan Prokes Saat Beraktivitas

Selasa, 11 Mei 2021 16:36
Polsek Kuala Kampar Kembali Gelar PPKM


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 15 Desember 2020 22:05
Program CHERISH Chevron, Petani Petapahan Panen Raya Padi

Program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (CHERISH) mulai menuai hasil. 50 Ha sawah di Desa Petapahan, Tapung, Kampar panen raya padi.

Riauterkini-PEKANBARU -Program ketahanan pangan yang digagas oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) dalam Program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (CHERISH) mulai menuai hasil. Sekitar 50 Ha sawah di Desa Petapahan, Tapung, Kampar, memasuki musim panen. Pemerintah dan masyarakat mengadakan acara panen raya pada Sabtu lalu (12/12/20).

Panen raya tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen (purn) Edy Natar Nasition, Bupati Kampar Catur Sugeng, Rektor Universitas Riau (Unri) Prof. Dr. Ir Aras Mulyadi, DEA, dan GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

"Terima kasih kepada pihak Unri dan PT CPI yang telah menggagas kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah untuk memelihara dan meningkatkan ketahanan pangan di Riau,” kata Wagubri Edy Natar dalam sambutannya.

Panen raya ini, lanjut dia, merupakan salah satu hal yang membanggakan bagi Riau di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang.

’"Ini sungguh suatu motivasi yang sangat luar biasa," tambahnya.

PT CPI mendesain Program CHERISH untuk mendukung upaya penanggulangan dampak pandemi, sekaligus berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Riau. Program tersebut meliputi tiga kegiatan utama yakni Program Ketahanan Pangan; Pembentukan Kelurahan Siaga COVID-19; dan Pembangunan Sumur Air Bersih. Pendanaan program ini langsung berasal dari Korporasi Chevron.

”Pandemi COVID-19 berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Karena itu, PT CPI berinisiatif untuk mendukung program pemerintah, khususnya sektor pertanian rakyat, sehingga dapat memperkuat kestabilan penyediaan pangan,” kata GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

Hasil panen raya di Desa Petapahan menghasilkan produk beras enak kemasan yang diberi nama “Petapahan Elok”. M. Ihsan, salah seorang petani, mengatakan bahwa bantuan PT CPI sangat membantu Poktan mereka dalam menggarap lahan.

’’Dulu sebelum menerima bantuan traktor dari Chevron, kami membutuhkan waktu lebih lama untuk membajak sawah. Setelah adanya bantuan ini, kami bisa membajak dua-tiga hektar dalam sehari. Terima kasih Chevron dan Unri,” ungkap Ihsan yang merupakan ketua Poktan Gemuruh Lestari.

Dalam Program Ketahanan Pangan, PT CPI memberikan bantuan kepada 20 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di enam kabupaten/kota, yakni Pekanbaru, Kampar, Siak, Bengkalis, Dumai, dan Rokan Hilir. Bantuan yang diberikan berupa sarana produksi pertanian, pelatihan, dan pendampingan sesuai identifikasi kebutuhan masing-masing Poktan. Tak hanya itu, seluruh Poktan mendapatkan pelatihan pemasaran produk secara digital.

Dalam pelaksanaan kegiatan, PT CPI bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Unri). LPPM Unri melaksanakan kegiatan verifikasi, penyaluran bantuan, dan pendampingan. Selain bekerja sama dengan LPPM Unri, PT CPI juga menggandeng Center for Entrepreneurship and Third Sector Universitas Trisakti (CECT Trisakti) untuk memberikan pelatihan pemasaran secara digital. Kegiatan Ketahanan Pangan telah berjalan sekitar enam bulan. Kegiatan pemantauan (monitoring) akan terus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan program.

Selain Ketahanan Pangan, program CHERISH juga meliputi pembentukan Kelurahan Siaga COVID-19 bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI); dan pembangunan sumur air bersih bermitra dengan LPPM Universitas Muhammadiyah Riau.

Pada masa pandemi ini, total nilai bantuan PT CPI mencapai Rp 11,6 miliar. Sebelumnya, SKK Migas - PT CPI telah menyalurkan lebih dari 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat); 99.000 masker; 6.000 botol hand sanitizer; 73 tempat tidur dan matras medis; termometer inframerah; dan 8.050 paket sembako yang disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi. *(H-we)

Loading...



Beri tanggapan | Baca tanggapan
 

Bisnis Terkini Lainnya..........
- Lebaran Idul Fitri, BNI Tetap Beroperasi
- Sasar Para Kawula Muda, Agung Toyota Luncurkan All New Toyota Raize di Riau
- Punya Kualitas Terbaik, 5 Sneakers Buatan Anak Bangsa ini Wajib Kamu Punya!
- Bank Riau Kepri Raih Dua Penghargaan pada Ajang TOP CSR Award 2021
- Komunitas Erci Pekanbaru Raya Berbagi Ratusan Paket Takjil Gratis
- Dorong Generasi Muda Untuk Optimis Finansial, PermataBank Hadirkan 5 Produk PermataME
- HLM TPID, BI dan Pemko Pekanbaru Bersinergi Jaga Ketersediaan Pangan
- BNI-BP Jamsostek-Gapki Sepakati Fasilitasi MLT
- Sekdaprov Riau Resmikan SKK Migas-Chevron Corner di Musium Sang Nila Utama
- BNI Gelar Akad Kredit Massal 4.675 Debitur KPR Sejahtera FLPP  
- Nasabah Nonmuslim Cabang Tanjungpinang Siap Dukung Bank Riau Kepri Konversi ke Syariah
- Besok, Honda City Hatchback RS Diperkenalkan di Riau
- Dukung PLB, Pertamina Sediakan Pertalite Seharga Premium
- Nasabah Non Muslim Bagansiapiapi Mendukung Konversi Bank Riau Kepri menjadi Bank Syariah
- PLN Berikan Harga Tambah Daya Super Hemat Bagi Pelanggan Rumah Tangga dan UMKM
- Sejak 2008, RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru Telah Operasi Bibir Sumbing 1800 Orang
- BNI-Kemen PUPR Beri Stimulant MBR
- BEI Ganti JASICA dengan IDX-IC
- Resto D' Perahu Tembilahan Sajikan Musik Live
- Sambut Tahun Baru Imlek 2021, Modena Bagi-bagi Hadiah Lewat Pohon Angpao


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com