VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


23/03/2020 18:58
Saat Telekonprens, Sekda Paparkan Kesiapan Pemkab Rohul Penanggulangan Covid-19

5/03/2020 07:51
Dihadiri Bupati, Disdukcapil Rohul Jemput Bola Pembuatan e-KTP, KIA dan KK di Desa Kabun

1/03/2020 16:27
Bupati Rohul Ikut Hadiri Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai di Dalu-Dalu

22/02/2020 09:39
Resmikan Peron Jual-beli TBS, Sekda Rohul Bangga pada Inovasi BUMDes Sukamaju

15/02/2020 19:11
Buka Open Turnamen KNPI CUP I Desa Kabun 2020, Bupati Rohul Mengajak Pemain Menjunjung Sportivitas

13/02/2020 14:07
Sekda Rohul Berharap Pasar Desa Ujung Batu Timur Sebagai Pusat Perekonomian Masyarakat

27/01/2020 12:21
Bupati Apresiasi Bumdes Desa Kota Raya Bisa Meraih SHU Tertinggi se-Kabupaten Rohul

18/01/2020 15:10
Kado HUT ke-39, Bupati Rohul Janji Pemkab Bangun Jalan Poros Desa Pasir Jaya

15/01/2020 12:27
Masyarakat Desa Tanjung Medan Apresiasi Kinerja Bupati Rohul Membangun Desa

14/01/2020 17:30
Agar Lebih Terurus, Kabag Kesra Setdakab Rohul Berkantor di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian

8/01/2020 15:05
‎251 Pejabat Pemkab Rohul Dilantik dan Dikukuhkan Bupati di Awal 2020

26/12/2019 17:31
Melalui Rakorda 2019, Pemkab Rohul Komitmen Tingkatkan Layanan Posyandu

20/12/2019 18:14
Pemkab Rohul Serahkan Alat Bantu ke Penyandang Disabilitas di Peringatan Hari Ibu ke-91

18/12/2019 15:24
BAZNas Rohul Bantu 100 Pasien Miskin di RSUD, Bupati Sukiman: Jangan Dibelikan Rokok

16/12/2019 23:06
BPS Gelar FGD Songsong Sensus Penduduk 2020‎, Sekda Rohul Akui Data Penduduk Penting

 
 
Senin, 24 Juni 2019 14:50
Catin Wajib Lulus Menjawab Soal,
Sekda Launching Aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rohul


Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meluncurkan Aplikasi Penasehat Perkawinan (SINASKA). Aplikasi ini akan diterapkan di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Aplikasi SINASKA dilaunching oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, di aula Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Launching tersebut turut Kakan Kemenag Rokan Hulu Drs. H. Syahrudin M.Sy serta pegawai di lingkungan kerjanya, seluruh Kepala KUA, perwakilan dari LAM Rokan Hulu, dan undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris, menyambut‎ adanya aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rokan Hulu ini, karena diharapkan bisa mengurangi angka perceraian.

Menurut Sekda, ada beberapa faktor faktor perceraian, pertama karena kurangnya pengetahuan pasangan suami istri (Pasutri) dalam membentuk keluarga sakinah, mawadah, dan waromah.

"Kemudian faktor kedua yang sering kita dengar dan dominan itu adalah ekonomi," kata Abdul Haris.

Sekda berharap adanya aplikasi SINASKA ini, setiap calon pengantin (Catin) mau belajar menjadi Pasutri, dalam menjaga perkawinan dan membentuk keluarga sakinah, mawadah dan waromah.

‎"Aplikasi ini sebenarnya sangat membantu kita, yakni tentunya akan mengurangi angka perceraian yang muncul," jelasnya.

"Ini bukanlah karena keinginan masing-masing saja, tetapi banyak faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi. Kalau nanti ini berjalan dengan baik tentunya ini bisa menekan angka perceraian," harapan besar Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris.

Masih di tempat sama, ‎Kakan Kemenag Rokan Hulu Syahrudin mengatakan aplikasi SINASKA‎ merupakan sebuah aplikasi sistem perkawinan yang baru diterapkan oleh sejumlah Kantor Kemenag di Indonesia, salah satunya Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Aplikasi ini, ungkap Syahrudin, dibuat khusus bagi setiap Catin yang akan melangsungkan perkawinan sah atau akad nikah, melalui KUA setempat.

Pada aplikasi SINASKA ini disediakan tiga fitur sistem perkawinan, yaitu pertama tersedia empat audio dengan judul berbeda, terdiri pertama audio berjudul "Upaya Membentuk Keluarga Sakinah dan Waromah" dengan pembicara Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.

Audio kedua berjudul "Memahami Tujuan Perkawinan" dengan pembicara Zulkifli Syarif, audio ketiga berjudul "Memenuhi Kebutuhan Keluarga" dengan pembicara Rahman Jailani, dan audio ke empat berjudul "Dinamika Keluarga" dengan pembicara Martillevi Saleh.

"‎Durasi dari setiap audio itu adalah 10 menit," jelas Syahrudin.

Ia mengungkapkan selain empat audio, di aplikasi SINASKA juga disediakan fitur dalam bentuk teks, menyediakan sejumlah poin, seperti terkait nikah, syarat dan rukun nikah, saksi, wali, sampai hak kewajiban suami istri, serta mahar, talaq, rujuk, idha, dan lainnya terkait perkawinan.

Setelah mendengarkan empat audio dan membaca materi teks,‎ kemudian ada lagi fitur ketiga yakni materi soal. Setiap Catin harus bisa menjawab 20 materi soal yang disediakan di aplikasi SINASKA yang muncul secara acak atau random.‎

"Jadi soal yang muncul terhadap calon suami‎, tidak sama dengan soal calon istri," ujarnya.

Untuk materi soal ini, Kemenag Rokan Hulu mamatokkan standar tinggi. Setiap Catin harus bisa menjawab 80 persen dari materi soal yang muncul secara acak tersebut.

Bagi Catin yang tidak memenuhi standar atau tidak lulus passing grade 80, maka mereka diharuskan‎ mengulang kembali dengan materi soal berbeda. Sebelum lulus, maka buku nikah tidak akan diberikan kepada Catin.

Syahrudin mengharapkan setiap Catin mendengarkan secara seksama 4 audio dan materi teks yang disediakan dalam aplikasi SINASKA, sebelum menjawab 20 materi soal yang disediakan, sehingga bisa lulus dan mendapatkan buku nikah.

‎"Tujuan kita adalah agar calon pengantin itu mau belajar. Jadi kalau dia perhatikan betul, dia dengar betul dan baca betul pasti dia akan dapat nilai minimal 80 atau bisa mencapai 100," pungkas Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012