VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


31/10/2019 18:46
Bupati Rohul Harapkanā€Ž Kearifan Lokal di Desa Lubuk Bendahara Dipertahankan

30/10/2019 17:18
Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan UP2K dan Persiapan untuk Lomba UP2K Tingkat Kabupaten

29/10/2019 16:14
Pemkab Rohul Meraih LKPD WTP 2018 dan Terbaik Dua Pengelolaan Dana Desa

28/10/2019 14:19
Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Rohul Jauhi Narkoba

27/10/2019 14:29
Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Riau 2019 di Kabupaten Rohul Berhadiah 9 Paket Umroh

24/10/2019 15:26
LAMR Rohul Menabalkan Bupati Sukiman Bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso

23/10/2019 15:20
Sungkeman Massal 5.359 Murid PAUD se-Kabupaten Rohul Berhasil Pecahkan Rekor Dunia MURI

22/10/2019 13:08
Bimtek Penyusunan Laporan Tahunan, Sekda Rohul Minta OPD Susun Laporan Capaian SPM Tepat Waktu

16/10/2019 14:18
Tekan Biaya Produksi Petani, Disnakbun Rohul Kembali Bangun Jalan Produksi Pertanian di Empat Desa

15/10/2019 16:02
Penanggulangan Stunting, DKPP Rohul Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Melalui Safari Gemarikan

14/10/2019 18:27
Bupati Rohul Resmikan Stadion Mini dan Melantik Anggota BPD Sangkir Indah

12/10/2019 14:43
Upacara HUT ke-20 Kabupaten Rohul Dihadiri Wagubri dan Diramaikan Kesenian Daerah

11/10/2019 12:27
Bupati Tekankan Kedisiplinan,
249 CPNS Pemkab Rohul Golongan III Mengikuti Pelatihan Dasar di Dua Lokasi

9/10/2019 13:52
Hadiri Pengajian Akbar NU, Bupati Rohul Janji Bangun Desa Sikebau Jaya

8/10/2019 15:29
Hadiri Acara Hari Jadi ke-21, Bupati Rohul Pesankan ini ke Masyarakat Desa Boncah Kesuma

 
 
Senin, 24 Juni 2019 14:50
Catin Wajib Lulus Menjawab Soal,
Sekda Launching Aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rohul


Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meluncurkan Aplikasi Penasehat Perkawinan (SINASKA). Aplikasi ini akan diterapkan di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Aplikasi SINASKA dilaunching oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, di aula Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Launching tersebut turut Kakan Kemenag Rokan Hulu Drs. H. Syahrudin M.Sy serta pegawai di lingkungan kerjanya, seluruh Kepala KUA, perwakilan dari LAM Rokan Hulu, dan undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris, menyambut‎ adanya aplikasi SINASKA di Kantor Kemenag Rokan Hulu ini, karena diharapkan bisa mengurangi angka perceraian.

Menurut Sekda, ada beberapa faktor faktor perceraian, pertama karena kurangnya pengetahuan pasangan suami istri (Pasutri) dalam membentuk keluarga sakinah, mawadah, dan waromah.

"Kemudian faktor kedua yang sering kita dengar dan dominan itu adalah ekonomi," kata Abdul Haris.

Sekda berharap adanya aplikasi SINASKA ini, setiap calon pengantin (Catin) mau belajar menjadi Pasutri, dalam menjaga perkawinan dan membentuk keluarga sakinah, mawadah dan waromah.

‎"Aplikasi ini sebenarnya sangat membantu kita, yakni tentunya akan mengurangi angka perceraian yang muncul," jelasnya.

"Ini bukanlah karena keinginan masing-masing saja, tetapi banyak faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi. Kalau nanti ini berjalan dengan baik tentunya ini bisa menekan angka perceraian," harapan besar Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris.

Masih di tempat sama, ‎Kakan Kemenag Rokan Hulu Syahrudin mengatakan aplikasi SINASKA‎ merupakan sebuah aplikasi sistem perkawinan yang baru diterapkan oleh sejumlah Kantor Kemenag di Indonesia, salah satunya Kantor Kemenag Kabupaten Rokan Hulu.

Aplikasi ini, ungkap Syahrudin, dibuat khusus bagi setiap Catin yang akan melangsungkan perkawinan sah atau akad nikah, melalui KUA setempat.

Pada aplikasi SINASKA ini disediakan tiga fitur sistem perkawinan, yaitu pertama tersedia empat audio dengan judul berbeda, terdiri pertama audio berjudul "Upaya Membentuk Keluarga Sakinah dan Waromah" dengan pembicara Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.

Audio kedua berjudul "Memahami Tujuan Perkawinan" dengan pembicara Zulkifli Syarif, audio ketiga berjudul "Memenuhi Kebutuhan Keluarga" dengan pembicara Rahman Jailani, dan audio ke empat berjudul "Dinamika Keluarga" dengan pembicara Martillevi Saleh.

"‎Durasi dari setiap audio itu adalah 10 menit," jelas Syahrudin.

Ia mengungkapkan selain empat audio, di aplikasi SINASKA juga disediakan fitur dalam bentuk teks, menyediakan sejumlah poin, seperti terkait nikah, syarat dan rukun nikah, saksi, wali, sampai hak kewajiban suami istri, serta mahar, talaq, rujuk, idha, dan lainnya terkait perkawinan.

Setelah mendengarkan empat audio dan membaca materi teks,‎ kemudian ada lagi fitur ketiga yakni materi soal. Setiap Catin harus bisa menjawab 20 materi soal yang disediakan di aplikasi SINASKA yang muncul secara acak atau random.‎

"Jadi soal yang muncul terhadap calon suami‎, tidak sama dengan soal calon istri," ujarnya.

Untuk materi soal ini, Kemenag Rokan Hulu mamatokkan standar tinggi. Setiap Catin harus bisa menjawab 80 persen dari materi soal yang muncul secara acak tersebut.

Bagi Catin yang tidak memenuhi standar atau tidak lulus passing grade 80, maka mereka diharuskan‎ mengulang kembali dengan materi soal berbeda. Sebelum lulus, maka buku nikah tidak akan diberikan kepada Catin.

Syahrudin mengharapkan setiap Catin mendengarkan secara seksama 4 audio dan materi teks yang disediakan dalam aplikasi SINASKA, sebelum menjawab 20 materi soal yang disediakan, sehingga bisa lulus dan mendapatkan buku nikah.

‎"Tujuan kita adalah agar calon pengantin itu mau belajar. Jadi kalau dia perhatikan betul, dia dengar betul dan baca betul pasti dia akan dapat nilai minimal 80 atau bisa mencapai 100," pungkas Kakan Kemenag Rokan Hulu, Syahrudin.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012