VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


5/11/2019 15:09
Bupati Rohul Janji Perbaiki Jalan di Desa Persiapan Mahato Sukajaya dan Perluasan Areal Masjid

4/11/2019 17:36
14 Pejabat Eselon II Dikukuhkan dan Dilantik Bupati Rohul, Dua Pejabat Lagi Menyusul

31/10/2019 18:46
Bupati Rohul Harapkanā€Ž Kearifan Lokal di Desa Lubuk Bendahara Dipertahankan

30/10/2019 17:18
Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan UP2K dan Persiapan untuk Lomba UP2K Tingkat Kabupaten

29/10/2019 16:14
Pemkab Rohul Meraih LKPD WTP 2018 dan Terbaik Dua Pengelolaan Dana Desa

28/10/2019 14:19
Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Rohul Jauhi Narkoba

27/10/2019 14:29
Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Riau 2019 di Kabupaten Rohul Berhadiah 9 Paket Umroh

24/10/2019 15:26
LAMR Rohul Menabalkan Bupati Sukiman Bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso

23/10/2019 15:20
Sungkeman Massal 5.359 Murid PAUD se-Kabupaten Rohul Berhasil Pecahkan Rekor Dunia MURI

22/10/2019 13:08
Bimtek Penyusunan Laporan Tahunan, Sekda Rohul Minta OPD Susun Laporan Capaian SPM Tepat Waktu

16/10/2019 14:18
Tekan Biaya Produksi Petani, Disnakbun Rohul Kembali Bangun Jalan Produksi Pertanian di Empat Desa

15/10/2019 16:02
Penanggulangan Stunting, DKPP Rohul Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Melalui Safari Gemarikan

14/10/2019 18:27
Bupati Rohul Resmikan Stadion Mini dan Melantik Anggota BPD Sangkir Indah

12/10/2019 14:43
Upacara HUT ke-20 Kabupaten Rohul Dihadiri Wagubri dan Diramaikan Kesenian Daerah

11/10/2019 12:27
Bupati Tekankan Kedisiplinan,
249 CPNS Pemkab Rohul Golongan III Mengikuti Pelatihan Dasar di Dua Lokasi

 
 
Rabu, 2 Oktober 2019 09:01
PHE Siak‎ Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi Kota Lama-3, ini Harapan Besar Bupati Rohul

RIAUTERKINI-KUNTO DARUSSALAM-‎ Pertamina Hulu Energi (PHE) Siak sebelumnya telah sukses melakukan pengeboran minyak di Sumur Kumis di Gathering Station Lindai Kecamatan Kampar, Riau.

Setelah kesuksesannya tersebut, PHE Siak menggelar Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi Kota Lama-3 yang berlokasi di Kebun PTPN V Sei Intan Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Selasa (1/10/2019).

Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi Kota Lama-3 ini turut dihadiri Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu Hj Peni Herawati, Plt Kepala Disnakbun Rokan Hulu Ir H Sri Hardono MM, Staf Ahli Bupati Herdiyanto.‎

Hadir juga Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Lurah Kota Lama Aly Yusuf S.Sos, Tokoh Masyarakat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Tokoh Adat Tarmilin, dan undangan lainnya.‎

Selain itu, acara juga dihadiri petinggi perusahaan, seperti Pjs Vice President Exploration Operation dan Aset Manajemen PHE Siak Adnan Chaniago, General Maneger PHE Siak Rizaldi Winant, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Kanya, General Manager PTPN V, manajemen perusahaan, perwakilan ESDM Riau, dan lainnya.‎

General Maneger PHE Siak Rizaldi Winant, di sambutannya mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan semua pihak kepada PHE Siak, sehingga pengeboran dan penajakan Sumur Eksplorasi Kota Lama-3 bisa terlaksana baik.

"Tajak Sumur Eksplorasi Kota Lama-3 ini sumur kedua yang kita lakukan penajakan, sebelumnya di Lindai Kampar, cadangan minyak sebanyak 2 juta berrel, saat ini kita lakukan pengeboran di Kota Lama semoga bisa berjalan sukses," sampai Rizaldi Winant.

Rizaldi menambahkan potensi minyak di sumur Eksplorasi Kota Lama-3 ini cukup menjanjikan. Bila di Lindai menghasilkan 2 juta barrel, di sumur Eksplorasi Kota Lama-3 ini bisa lebih meningkat.‎

"Untuk itu perlu kita kembangkan. Untuk mengembangkan sendiri butuh waktu 3 sampai 5 tahun. Untuk eksplorasi Kota Lama-3 ini dilakukan pengeboran eksplorasi tahun 2020, kita berencana menambah kegiatan ekplorasi dengan seismeik dua dimensi," ungkapnya.

‎ Pengeboran minyak di sumur Eksplorasi Kota Lama-3, sambung‎ Rizaldi Winant,‎ membutuhkan waktu sekira 23 hari, dengan kedalaman 684 feet.

Pengeboran minyak tidak terlalu dalam ini, menurutnya akan memudahkan dan menjadi keuntungan bagi PHE Siak. Selain dari segi biaya lebih murah, waktu pengerjaan juga lebih cepat.‎

Rizaldi mengaku dukungan Bupati dan Pemkab Rokan Hulu cukup besar. Hal ini sebagai moril dan positif untuk kelancaran pengeboran minyak dilakukan PHE Siak.

Menurutnya lagi, produksi minyak di Kota Lama ini tentunya akan berdampak untuk kemakmuran dan ksejahteraan masyarakat Rokan Hulu dan daerah, karena ada dana perimbangan yang biasa disebut DBH Migas.

Masih di tempat sama, perwakilan SKK Migas Sumbagut Kanya, dalam sambutanya mengatakan tajak sumur eksplorasi Kota Lama-3 di kebun PTPN V Sei Intan untuk memenuhi PHE Siak dalam meningkatkan cadangan minyak yang sebelumnya dilakukan pengeboran di sumur Kumis Lindai Kampar.

‎ Menurutnya, pengeboran minyak ini sangat penting dalam upaya meningkatkan produksi Migas.

‎ "Kami apresisiasi PHE Siak yang telah melakukan pengeboran di Sumur Eksplorasi Kota Lama-3 di Kelurahan Kota Lama ini," kata Kanya.

‎ Selama ini, tambah Kanya, SKK Migas selalu disupport penuh oleh Pemkab Rokan Hulu, seteah sebelumnya pernah melakukan sosialisasi dengan Bupati Rokan Hulu di Januari 2019, untuk menyampaikan rencana kegiatan Tajak Sumur Eksplorasi Kota Lama-3, di l‎okasi kebun PTPN V Sei Intan Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam.

Sementara, Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan ‎Pemkab Rokan Hulu sangat mendukung dan menyambut gembira adanya syukuran Tajak Sumur Eksplorasi di Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam.

"Semoga upaya kita untuk meningkatkan cadangan produksi Migas melalui penajakan sumur eksplorasi di Kota Lama dilaksanakan Pertamina Hulu Energi berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama," papar Sukiman.

‎ "Setelah mengelola blok Siak sejak tahun 2014 yang sebelumnya dikelola Chevron Pacific Indonesia, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terhadap eksplorasi dilakukan PHE Siak saat ini ini akan dapat kita nikmati bersama, baik oleh pihak perusahaan maupun masyarakat Rokan Hulu untuk pembangunan," tambahnya.

‎ Bupati Sukiman menghimbau perusahaan dan masyarakat untuk bersikap saling terbuka dan sinergi. Masyarakat diminta tidak mudah terpancing dengan isu miring terkait perusahaan, dan perusahaan juga dimintanya selalu menjalin komunikasi baik dengan masyarakat.

‎ "Saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pertamina Hulu Energi terhadap masyarakat Kota Lama khususnya. Mari bersama kita dukung, dan kita doakan semoga PHE Siak dapat memberikan yang terbaik kepada negara dan bagi hasilnya dapat kembali ke daerah yang kita cintai ini, khususnya Kota Lama dan Rokan Hulu," ujarnya.

‎ Selain itu, Bupati Sukiman juga mengucapkan terima kasih kepada PHE Siak yang telah melakukan pengeboran minyak dalam rangka memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kita berharap pengeboran minyak ini memohon kepada Allah diberikan kelancaran dan keselamatan, sehingga pengoperasian dilaksanakan PHE Siak berhasil," harap besar pria yang pernah menjabat Dandim Indragiri Hilir ini.

Bupati Sukiman juga berharap dengan banyaknya SDA di Kabupaten Rokan Hulu yang terus digali tentu akan menghasilkan potensi Pendapatan Asli Daerah atau PAD, melalui DBH Migas. PAD ini diakuinya juga untuk kesejahteraan masyarakat di Negeri Seribu Suluk.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012