VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


13/11/2019 22:39
Pertama di Provinsi Riau, 21 ASN Pemkab Rohul Jalani Ujian Sertifikasi Kompetensi

12/11/2019 15:42
Tutup Tournamen Volly Ball di Desa Tandun, Bupati Rohul Bangga Pemuda dan Pemerintah Kompak

12/11/2019 14:56
Ketua TP PKK Rohul Ikut Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Pusat di Jakarta, ini Harapannya

11/11/2019 18:02
Sertijab 6 Pejabat Eselon II Sertijab, Sekda Rohul Pesankan Tingkatkan Kinerja

10/11/2019 16:14
Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Rohul Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Masa Kini

9/11/2019 13:57
Dukung Operasional TNI, Bupati Rohul juga Terima Penghargaan dari Pangdam I/Bukit Barisan

7/11/2019 18:33
Pemkab Rohul Tetap Perhatikan Pembangunan di Cipang Kiri Hulu, Desa di Perbatasan Riau-Sumbar

6/11/2019 17:36
Masyarakat dan Perusahaan Dilarang Bakar Lahan,
Bupati Rohul ‎Pimpin Apel Kesiap Siagaan Pencegahan Karlahut di Bonai Darussalam

5/11/2019 17:24
Bupati Rohul Bangga Ada Rumah Tahfidz di Bandar Selamat Kilometer 24‎ Desa Mahato

5/11/2019 15:09
Bupati Rohul Janji Perbaiki Jalan di Desa Persiapan Mahato Sukajaya dan Perluasan Areal Masjid

4/11/2019 17:36
14 Pejabat Eselon II Dikukuhkan dan Dilantik Bupati Rohul, Dua Pejabat Lagi Menyusul

31/10/2019 18:46
Bupati Rohul Harapkan‎ Kearifan Lokal di Desa Lubuk Bendahara Dipertahankan

30/10/2019 17:18
Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan UP2K dan Persiapan untuk Lomba UP2K Tingkat Kabupaten

29/10/2019 16:14
Pemkab Rohul Meraih LKPD WTP 2018 dan Terbaik Dua Pengelolaan Dana Desa

28/10/2019 14:19
Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Rohul Jauhi Narkoba

 
 
Kamis, 24 Oktober 2019 15:26
LAMR Rohul Menabalkan Bupati Sukiman Bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menabalkan Bupati Rohul H Sukiman bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, Kamis (24/10/2019).

Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Rohul H Zulyadaini gelar Datuk Saudagar Rajo‎, didampingi oleh Ketua Umum MKA LAMR Rohul H Tengku Rafli Armien S.Sos gelar Tongku Majo Lelo.

‎Penabalan Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, sekaligus Pelantikan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan se-Kabupaten Rohul di Gedung LAMR Rohul‎ juga dihadiri Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah, Forkompinda.

Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, anggota DPRD Rohul, para Tokoh Adat, Ketua LKA dari lima Luhak, Ketua LKA dari‎ 16 kecamatan, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.

‎Usai acara penabalan, Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah‎, mengharapkan setelah Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, hal ini akan memajukan masyarakat adat.

"Karena Bupatinya sudah menjadi payung panji, sudah menjadi pembina dari masyarakat adat itu sendiri‎ yang merupakan bagian yang terpisahkan dari masyarakat di Rokan Hulu ini. Inilah harapan kita ke depan," jelasnya Datuk Seri Setia Amanah.

Masih di tempat sama, Ketua DPH LAMR Rohul, Zulyadaini‎ gelar Datuk Saudagar Rajo‎, berharap besar setelah ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, maka Bupati Rohul Sukiman melaksanakan amanah.

Menurutnya, amanah yang diberikan tentu menjadi beban kepada orang yang mengembannya. Sebagai kepala pemerintahan, Bupati Sukiman diharapkan bersinergi dengan adat dan ulama.

Datuk Saudagar Rajo‎ mengaku penabalan Bupati Rohul Sukiman tersebut tidak ada kaitannya dengan politis, meski dilakukan menjelang tahapan Pilkada serentak 2020.

"Tidak ada sama sekali. Kami (LAMR Rohul) tidak pernah membayangkan tentang masalah politik. Itulah tugas kami sebagai LAM itu ada dalam aturan rumah tangga, baik LAM provinsi maupun LAM kabupaten‎, setiap siapapun sudah menjadi Bupati diharuskan memberikan gelaran terhadap dia, walaupun siapa orangnya," jelasnya.

Datuk Saudagar Rajo‎ menambahkan, selain menabalkan Bupati Sukiman, masih di acara sama, LAMR Rohul juga melantik lima pengurus LAM Luhak, dan 16 pengurus LAM Kecamatan yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Ia berharap dengan dilantiknya lima pengurus LAM Luhak dan 16 pengurus LAM Kecamatan, akan memudahkan koordinasi LAMR Rohul dengan seluruh kecamatan dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat, pemerintah, ulama, dan lainnya.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman mengaku ditabalkan dirinya dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh LAMR Rohul merupakan sebuah penghargaan bagi dirinya.

"Karena itu kepercayaan atau amanah yang diberikan masyarakat banyak oleh Rokan Hulu kepada saya untuk tentunya didalam memimpin Rokan Hulu untuk menjaga amanah itu," jelas Bupati Sukiman.

Mantan Dandim Indragiri Hilir ini mengaku bangga dan haru pasca ditabalkan dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, sebab penabalan itu tidak dimintanya‎, namun atas inisiatif LAMR Rohul.

Pasca ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, Bupati Sukiman mengaku akan mengkoordinasikan untuk kegiatan-kegiatan adat ke depannya.

Usai acara penabalan juga dilakukan launching dua buku berjudul "Auf Neuen Wegen Druch Sumatra" dengan penulis Maz Moszkowski dengan penerjemah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rohul Drs Yusmar M.Si.

Sedangkan satu buku lagi yang berjudul "Tasawuf Kebathinan Melayu" ditulis Syaikh Jambang dengan alih aksana Jawi-Rumi oleh Junaidi Syam.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)



 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012