VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


13/05/2020 13:49
Wujudkan Tatakelola Akuntabilitas, Perusda Rokan Hulu Jaya Akan Kembali Diudit Internal dan Eksternal

13/05/2020 13:26
Pemkab Rohul Salurkan Santunan untuk Anak Yatim di 16 Kecamatan

21/04/2020 20:17
Bupati Rohul Apresiasi Kades yang Ikut Berperan Cegah Penyebaran Covid-19

13/04/2020 17:14
Bupati Apresiasi 4 Pasien PDP di Rohul Dibolehkan Pulang dan 1 Pasien Positif Mulai Membaik

6/04/2020 16:14
Seorang Pasien Corona di RSUD Membaik, Bupati Rohul Beri Dukungan dan Spirit kepada Tim Medis

5/04/2020 21:39
Jubir Covid-19 Rohul Ingatkan Masyarakat tidak Sebarluaskan Identitas Pribadi Pasien Corona

25/03/2020 23:47
Diskominfo Rohul Klaim Jumlah ODP Covid-19 Menurun, Kantor PMI Ikut Dijadikan Posko

24/03/2020 20:12
Bupati Rohul Bersama Forkompinda Ikut Bagikan Ribuan Master Gratis di Beberapa Titik

24/03/2020 19:29
Tim Gugus Covid-19 Perbatasan Mulai Aktif,
Orang Masuk ke Rohul Wajib Diperiksa Suhu Badan dan Kenakan Masker

23/03/2020 18:58
Saat Telekonprens, Sekda Paparkan Kesiapan Pemkab Rohul Penanggulangan Covid-19

5/03/2020 07:51
Dihadiri Bupati, Disdukcapil Rohul Jemput Bola Pembuatan e-KTP, KIA dan KK di Desa Kabun

1/03/2020 16:27
Bupati Rohul Ikut Hadiri Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai di Dalu-Dalu

22/02/2020 09:39
Resmikan Peron Jual-beli TBS, Sekda Rohul Bangga pada Inovasi BUMDes Sukamaju

15/02/2020 19:11
Buka Open Turnamen KNPI CUP I Desa Kabun 2020, Bupati Rohul Mengajak Pemain Menjunjung Sportivitas

13/02/2020 14:07
Sekda Rohul Berharap Pasar Desa Ujung Batu Timur Sebagai Pusat Perekonomian Masyarakat

 
 
Kamis, 24 Oktober 2019 15:26
LAMR Rohul Menabalkan Bupati Sukiman Bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menabalkan Bupati Rohul H Sukiman bergelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, Kamis (24/10/2019).

Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Rohul H Zulyadaini gelar Datuk Saudagar Rajo‎, didampingi oleh Ketua Umum MKA LAMR Rohul H Tengku Rafli Armien S.Sos gelar Tongku Majo Lelo.

‎Penabalan Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, sekaligus Pelantikan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan se-Kabupaten Rohul di Gedung LAMR Rohul‎ juga dihadiri Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah, Forkompinda.

Hadir juga Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, anggota DPRD Rohul, para Tokoh Adat, Ketua LKA dari lima Luhak, Ketua LKA dari‎ 16 kecamatan, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.

‎Usai acara penabalan, Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah‎, mengharapkan setelah Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, hal ini akan memajukan masyarakat adat.

"Karena Bupatinya sudah menjadi payung panji, sudah menjadi pembina dari masyarakat adat itu sendiri‎ yang merupakan bagian yang terpisahkan dari masyarakat di Rokan Hulu ini. Inilah harapan kita ke depan," jelasnya Datuk Seri Setia Amanah.

Masih di tempat sama, Ketua DPH LAMR Rohul, Zulyadaini‎ gelar Datuk Saudagar Rajo‎, berharap besar setelah ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, maka Bupati Rohul Sukiman melaksanakan amanah.

Menurutnya, amanah yang diberikan tentu menjadi beban kepada orang yang mengembannya. Sebagai kepala pemerintahan, Bupati Sukiman diharapkan bersinergi dengan adat dan ulama.

Datuk Saudagar Rajo‎ mengaku penabalan Bupati Rohul Sukiman tersebut tidak ada kaitannya dengan politis, meski dilakukan menjelang tahapan Pilkada serentak 2020.

"Tidak ada sama sekali. Kami (LAMR Rohul) tidak pernah membayangkan tentang masalah politik. Itulah tugas kami sebagai LAM itu ada dalam aturan rumah tangga, baik LAM provinsi maupun LAM kabupaten‎, setiap siapapun sudah menjadi Bupati diharuskan memberikan gelaran terhadap dia, walaupun siapa orangnya," jelasnya.

Datuk Saudagar Rajo‎ menambahkan, selain menabalkan Bupati Sukiman, masih di acara sama, LAMR Rohul juga melantik lima pengurus LAM Luhak, dan 16 pengurus LAM Kecamatan yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Ia berharap dengan dilantiknya lima pengurus LAM Luhak dan 16 pengurus LAM Kecamatan, akan memudahkan koordinasi LAMR Rohul dengan seluruh kecamatan dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat, pemerintah, ulama, dan lainnya.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman mengaku ditabalkan dirinya dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh LAMR Rohul merupakan sebuah penghargaan bagi dirinya.

"Karena itu kepercayaan atau amanah yang diberikan masyarakat banyak oleh Rokan Hulu kepada saya untuk tentunya didalam memimpin Rokan Hulu untuk menjaga amanah itu," jelas Bupati Sukiman.

Mantan Dandim Indragiri Hilir ini mengaku bangga dan haru pasca ditabalkan dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, sebab penabalan itu tidak dimintanya‎, namun atas inisiatif LAMR Rohul.

Pasca ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, Bupati Sukiman mengaku akan mengkoordinasikan untuk kegiatan-kegiatan adat ke depannya.

Usai acara penabalan juga dilakukan launching dua buku berjudul "Auf Neuen Wegen Druch Sumatra" dengan penulis Maz Moszkowski dengan penerjemah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rohul Drs Yusmar M.Si.

Sedangkan satu buku lagi yang berjudul "Tasawuf Kebathinan Melayu" ditulis Syaikh Jambang dengan alih aksana Jawi-Rumi oleh Junaidi Syam.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)



 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012