VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


13/11/2019 22:39
Pertama di Provinsi Riau, 21 ASN Pemkab Rohul Jalani Ujian Sertifikasi Kompetensi

12/11/2019 15:42
Tutup Tournamen Volly Ball di Desa Tandun, Bupati Rohul Bangga Pemuda dan Pemerintah Kompak

12/11/2019 14:56
Ketua TP PKK Rohul Ikut Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK Pusat di Jakarta, ini Harapannya

11/11/2019 18:02
Sertijab 6 Pejabat Eselon II Sertijab, Sekda Rohul Pesankan Tingkatkan Kinerja

10/11/2019 16:14
Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Rohul Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Masa Kini

9/11/2019 13:57
Dukung Operasional TNI, Bupati Rohul juga Terima Penghargaan dari Pangdam I/Bukit Barisan

7/11/2019 18:33
Pemkab Rohul Tetap Perhatikan Pembangunan di Cipang Kiri Hulu, Desa di Perbatasan Riau-Sumbar

6/11/2019 17:36
Masyarakat dan Perusahaan Dilarang Bakar Lahan,
Bupati Rohul ‎Pimpin Apel Kesiap Siagaan Pencegahan Karlahut di Bonai Darussalam

5/11/2019 17:24
Bupati Rohul Bangga Ada Rumah Tahfidz di Bandar Selamat Kilometer 24‎ Desa Mahato

5/11/2019 15:09
Bupati Rohul Janji Perbaiki Jalan di Desa Persiapan Mahato Sukajaya dan Perluasan Areal Masjid

4/11/2019 17:36
14 Pejabat Eselon II Dikukuhkan dan Dilantik Bupati Rohul, Dua Pejabat Lagi Menyusul

31/10/2019 18:46
Bupati Rohul Harapkan‎ Kearifan Lokal di Desa Lubuk Bendahara Dipertahankan

30/10/2019 17:18
Dinsos P3A Rohul Sosialisasikan UP2K dan Persiapan untuk Lomba UP2K Tingkat Kabupaten

29/10/2019 16:14
Pemkab Rohul Meraih LKPD WTP 2018 dan Terbaik Dua Pengelolaan Dana Desa

28/10/2019 14:19
Peringatan Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Rohul Jauhi Narkoba

 
 
Kamis, 31 Oktober 2019 18:46
Bupati Rohul Harapkan‎ Kearifan Lokal di Desa Lubuk Bendahara Dipertahankan

Riauterkini-ROKAN IV KOTO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) tetap komitmen terhadap pelestariaan kearifan lokal,‎ dan mendukung program peningkatkan masyarakat konsumsi ikan.

Hal itu disampaikan Bupati Rohul H Sukiman usai menebar ribuan benih ikan di Sungai Larangan Sungai Siki, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul, Rabu (30/10/2019).

Benih ikan yang baru ditebar di Sungai Siki diharapkan nantinya berkembang baik, sehingga bisa meningkatkan hasil panen dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa Lubuk Bendahara di bidang perikanan.

Penebaran ikan di Sungai Siki yang sekaligus acara Jalan Santai dan Senam Bersama dengan masyarakat Desa Lubuk Bendahara, bersempena peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Peni Herawati Sukiman.

Hadir juga anggota DPRD Kabupaten Rohul Patrun Rahman, Staff Ahli Bupati Irpan Ridho, Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH, MH, Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP, MMA.

Selain itu hadir juga Kadis DLH Rohul Hen Irpan, Kepala Disperindag Rohul Drs Sariaman, Camat Rokan IV Koto Drs Abror, Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi, serta ribuan masyarakat Desa Lubuk Bendahara.

Kepala Desa Lubuk Bendahara, Rinaldi, mengharapkan kehadiran Bupati Rohul Sukiman ke desanya membawa dampak positif untuk kemajuan dan pembangunan di desanya.

"Kita berharap pemuda kita, khususnya pemuda Lubuk Bendahara sebagai generasi muda yang maju dan kreatif, karena pemuda itu adalah generasi penerus bangsa," kata Rinaldi, mengutip pernyataan Bung Karno "Berikan Saya 10 Orang Pemuda, Niscaya Akan Ku Guncangkan Dunia".

"Pada dasarnya pemuda kita sekarang rentan Narkoba dan obat terlarang. Dengan momentum ini kita arahkan kegiatan positif, Insya Allah siap terbentuk pemuda yang agamis dan inovatif," harapan besar Kades Lubuk Bendahara.

Selain itu, Rinaldi juga berharap Bupati Rohul untuk membangun balai adat di Desa Lubuk Bendahara, karena keberadaan balai adat dinilainya sangat penting, sebagai tempat kegiatan adat di desanya.

"Karena Desa Lubuk Bendahara juga termasuk salah satu desa adat yang menjadi kekuatan karena tempatnya tali berpilin tiga, baik itu dari unsur pemerintahan, alim ulama dan ninik mamak. Di situlah nanti kita tempatkan untuk semacam musyawarah atau acara adat," ujar Kades.

Rinaldi mengungkapkan di Desa Lubuk Bendahara diperkirakan ada sekira 100 kepala keluarga lagi yang belum teraliri listrik. Ia berharap Bupati Rohul juga membangun jaringan listrik di desanya, terutama di Simpang Tukang.

Terlepas itu, Rinaldi mengucapkan terima kasih, karena Bupati Rohul membantu dana untuk pembangunan Masjid Al Mukhlisin Dusun Siki sebesar Rp50 juta, dan menebar ribuan benih ikan, seperti ikan nila, ikan mas, ikan lomak, dan untuk ikan gurami menyusul.

"Kita berdoa agar sungai larangan di Desa Lubuk Bendahara bisa dijaga bersama seperti desa lain di Kecamatan Rokan IV Koto," harap Kades Lubuk Bendahara.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman mengatakan setelah ditebarnya ribuan benih ikan dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Sungai larangan ini merupakan budaya dan kearifan lokal yang harus dipertahankan.

"Sungai-sungai yang selama ini tidak dipakai sekarang kita pakai, sebagai bentuk perhatian kita dalam melestarikan tradisi dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang kita miliki di bidang perikanan untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Bupati Rohul mengapresiasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tingkat Desa Lubuk Bendahara, karena peringatan ini mengingatkan ke para pemuda untuk tetap ikut berkontribusi untuk bangsa.

"Seperti berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia, itu yang terus-menerus yang kita gelorakan. Karena lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia ini berkat perjuangan, kita mengambil hikmahnya, dan bangsa Indonesia harus tetap bersatu," ujarnya.

Sesuai permintaan masyarakat Desa Lubuk Bendahara untuk membantu pembangunan masjid, Bupati Rohul Sukiman langsung membantu dana Rp50 juta untuk pembangunan Masjid Al Mukhlisin.

"Selain itu saya akan koordinasikan dengan Dinas Perkim untuk pembangunan balai adat di Desa Lubuk Bendahara. Sementara untuk listrik tadi sudah saya telepon Manager PLN, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terealisasi," pungkas Bupati Rohul, Sukiman.***‎(ADV/Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rohul H Sukiman, bersama pejabat Pemkab Rohul lain ikut menebar ribuan benih ikan di Sungai Larangan Sei Siki, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, dan mengikuti jalan santai dan senam bersama di Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.‎



 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012