VISI : BERTEKAT MEWUJUDKAN KABUPATEN ROKAN HULU SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN, PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, KESEHATAN DAN KEHIDUPAN AGAMIS YANG HARMONIS DAN BERBUDAYA


23/03/2020 18:58
Saat Telekonprens, Sekda Paparkan Kesiapan Pemkab Rohul Penanggulangan Covid-19

5/03/2020 07:51
Dihadiri Bupati, Disdukcapil Rohul Jemput Bola Pembuatan e-KTP, KIA dan KK di Desa Kabun

1/03/2020 16:27
Bupati Rohul Ikut Hadiri Penabalan Raja Luhak dan Penobatan Uyang Ompek Dibalai di Dalu-Dalu

22/02/2020 09:39
Resmikan Peron Jual-beli TBS, Sekda Rohul Bangga pada Inovasi BUMDes Sukamaju

15/02/2020 19:11
Buka Open Turnamen KNPI CUP I Desa Kabun 2020, Bupati Rohul Mengajak Pemain Menjunjung Sportivitas

13/02/2020 14:07
Sekda Rohul Berharap Pasar Desa Ujung Batu Timur Sebagai Pusat Perekonomian Masyarakat

27/01/2020 12:21
Bupati Apresiasi Bumdes Desa Kota Raya Bisa Meraih SHU Tertinggi se-Kabupaten Rohul

18/01/2020 15:10
Kado HUT ke-39, Bupati Rohul Janji Pemkab Bangun Jalan Poros Desa Pasir Jaya

15/01/2020 12:27
Masyarakat Desa Tanjung Medan Apresiasi Kinerja Bupati Rohul Membangun Desa

14/01/2020 17:30
Agar Lebih Terurus, Kabag Kesra Setdakab Rohul Berkantor di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian

8/01/2020 15:05
‎251 Pejabat Pemkab Rohul Dilantik dan Dikukuhkan Bupati di Awal 2020

26/12/2019 17:31
Melalui Rakorda 2019, Pemkab Rohul Komitmen Tingkatkan Layanan Posyandu

20/12/2019 18:14
Pemkab Rohul Serahkan Alat Bantu ke Penyandang Disabilitas di Peringatan Hari Ibu ke-91

18/12/2019 15:24
BAZNas Rohul Bantu 100 Pasien Miskin di RSUD, Bupati Sukiman: Jangan Dibelikan Rokok

16/12/2019 23:06
BPS Gelar FGD Songsong Sensus Penduduk 2020‎, Sekda Rohul Akui Data Penduduk Penting

 
 
Rabu, 4 Desember 2019 16:01
Peringatan HKN ke-55 Tahun 2019, Pemkab Rohul Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pada momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya dan komitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerahnya.‎

Pemkab Rohul juga mendukung dan melaksanakan Program Pemerintah di bidang kesehatan, seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), serta Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK), sehingga program pemerintah membuka seluas-luasnya akses ke masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Hal itu disampaikan Bupati Rohul H Sukiman usai menjadi inspektur Upacara Peringatan HKN ke-55 di lapangan Kantor Bupati Rohul di Komplek Perkantoran Bina Praja, Pasirpangaraian, Rabu (04/12/2019).

Peringatan HKN ke-55 tahun 2019 mengusung tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul" turut dihadiri pejabat teras di Lingkungan Pemkab Rohul, Kapolres diwakili Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS, SIP, M.Si, Kajari Rohul Ferddy Daniel Simanjuntak SH M.Hum, Kakan Kemenag Rohul Syahrudin, Ketua PN Pasirpangaraian Sunoto SH MH, dan perwakilan Lapas Kelas II B Pasirpangaraian.

Turut hadir Sekda Kabupaten Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, ‎Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Rohul, para Camat dan Kepala Desa, insan kesehatan, serta tamu undangan lain.

Pada amanatnya, saat bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan HKN ke-55 tahun 2019, Bupati Rohul Sukiman membacakan pidato Menteri Kesehatan (Menkes) RI, yang menyatakan peringatan HKN tahun ini ada dua isu kesehatan utama yang menjadi arahan Presiden untuk segera diselesaikan, yaitu terkait stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.

Menurut Menkes, hal tersebut menjadi penting karena fokus arah pembangunan adalah membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Selain itu, ada dua isu kesehatan lain yang juga harus diatasi pemerintah, yaitu masih tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

"Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," kata Bupati Rohul, masih membacakan sambutan Menkes RI.

Setelah Upacara Peringatan HKN selesai, Bupati Sukiman mengucapkan terima kasih kepada insan kesehatan di Kabupaten Rohul, terutama ke segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor Rohul, serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu berjuang, tanpa mengenal lelah dalam mensukseskan program kesehatan di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Membahas soal stunting yang telah menjadi isu nasional, pria yang pernah menjabat Dandim Indragiri Hilir ini mengungkapkan angka stunting di daerah sudah turun, berkat komitmen pemerintah daerah dan instansi terkait melaksanakan program dan terobosan, dalam menekan angka stunting.‎

"Salah satu kunci dari pencegahan stunting di Rokan Hulu, kepada Diskes dan OPD terkait telah membuat program dan terobosan, seperti pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak dan memenuhi kebutuhan gizi dalam masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di desa-desa yang terkena stunting," ungkap Sukiman.‎

Usai upacara, Bupati Rohul Sukiman juga mendeklarasi Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat).‎

Gema Cermat sendiri merupakan sebuah upaya, sehingga masyarakat memiliki pengetahuan penting penggunaan obat. Dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat, bahwa menggunakan obat secara benar adalah hal yang sangat penting.

Sementara, Kepala Dinkes Rohul dr Bambang Triono, mengatakan untuk penanganan stunting di Kabupaten Rohul, dinasnya telah melakukan berbagai kegiatan, seperti pemberian tablet tambah darah kepada pelajar mulai sekolah dasar dan SMP, terutama untuk para putri remaja putri.‎

Selanjutnya, untuk ibu hamil juga telah dilakukan pemeriksaan pertama sampai ke empat. Dan untuk Balita kita lakukan imitasi, sebagai upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Rohul," jelas Bambang.

Soal Gema Cermat yang dideklarasikan Bupati Rohul, ungkap Bambang, hal ini sebagai upaya khusus di bidang farmasi dan obat-obatan, karena selama ini masyarakat masih menggunakan obat tidak sesuai aturan dan membeli bebas di pasar.

"Harapannya dengan Gema Cermat ini setiap obat dibeli masyarakat dan aturan mengkonsumsi obat harus melalui apotek, jadi dengan begitu obat bisa dikontrol dan penggunaannya bisa secara rasional digunakan," pungkas Bambang.

Di akhir acara, Bupati Rohul Sukiman menyerahkan penghargaan kepada insan kesehatan di Kabupaten Rohul, seperti dokter, perawat, apoteker, Kades, dan Perusahaan yang dinilai telah peduli memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Negeri Seribu Suluk.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

 
 
Home  |  www.rokanhulu.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU © 2012