Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Rabu, 29 Januari 2020 19:04
Musrenbang Kecamatan Rakit Kulim, Inhu Ajukan 14 Usulan Prioritas

Rabu, 29 Januari 2020 18:57
HokBen Ramaikan Kuliner Pekanbaru

Rabu, 29 Januari 2020 18:47
Terima Bantuan Dana, Enam Mahasiswa Riau di Wuhan China Langsung Berkirim Surat Ucapkan Terimakasih Kepada Gubernur dan Jajaran

Rabu, 29 Januari 2020 18:16
Eksekusi Lahan PT PSJ Gagal, APINDO Sebut Iklim Investasi Indonesia Bisa Anjlog

Rabu, 29 Januari 2020 16:52
Lima Tokoh Bengkalis Ambil Formulir Penjaringan ke Golkar

Rabu, 29 Januari 2020 16:30
Dinanti Warga Puluhan Tahun, Pasar Permanen Pekan Heran Diresmikan Bupati Inhu

Rabu, 29 Januari 2020 16:12
Puluhan Tahun Menunggu, Akhirnya Warga Pekan Heran Inhu Miliki Pasar Permanen

Rabu, 29 Januari 2020 15:34
Disaksikan Sekda, Pejabat Disdik Bengkalis Teken Pakta Integritas, Kontrak Kinerja dan Netralitas Pilkada

Rabu, 29 Januari 2020 14:23
Bupati Kuansing Hadiri Workshop Penerapan UU Pemilihan Gubernur dan Bupati di Padang

Rabu, 29 Januari 2020 13:44
Cegah Corona, Empat WNA Asal Taiwan dan Malaysia Diperiksa Intensif Petugas Dinkes Bengkalis



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Senin, 12 Agustus 2019 18:50
Bupati Rohul Pesankan ini Saat Hadiri Haul Allah Yarham Ma'sum Tambusai ke-58 di Sungai Kumango

Bupati Rohul H. Sukiman ikut menghadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58. Bupati mengajak masyarakat dan generasi muda meneladani ajaran Tuan Guru.

Riauterkini-TAMBUSAI– Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman ikut menghadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58, Senin (12/8/2019). Selain itu, tampak hadir juga Drs. H. Achmad M.Si, mantan Bupati R‎okan Hulu dua periode sekaligus calon anggota DPR RI.

Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58 digelar di Surau Suluk Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, juga dihadiri sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, Camat Tambusai Muammar Ghadafi S.Sos, Kades Sungai Kumango Ali Husin Hasibuan, tokoh masyarakat Rokan Hulu, serta perwakilan dari Besilam Langkat Tuan Kholifah Yunan.

Bupati Rokan Hulu Sukiman, dalam sambutannya mengajak masyarakat dan generasi muda meneladani ajaran Tuan Guru Syekh Ma'sum Tambusai‎ dalam kehidupan sehari-hari.

"Seperti yang kita dengar bersama, sejak beliau lahir sampai tiada, begitu banyak pengorbanan dilakukan Tuan Guru Syekh Ma'sum Tambusai dalam rangka meningkatkan syiar Islam di daerah kita," ungkap Bupati Sukiman dalam sambutannya.

Sukiman menambahkan haul merupakan peringatan yang mengenang jasa-jasa Tuan Guru Syekh Ma'sum Tambusai yang telah tiada, dan membacakan doa-doa untuknya.

Sukiman mengharapkan generasi muda Rokan Hulu, sebagai generasi penerus bangsa ikut mengamalkan ajaran Tuan Guru Syekh Ma'sum Tambusai, untuk mendekatkan diri kepada sang khalik.

Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58 ini, sambung Sukiman, sebagai bentuk kecintaan, penghormatan masyarakat kepada tuan guru, sehingga kegiatan tersebut perlu dipertahankan, sebagai upaya meneladani Syekh Ma'sum, dalam praktik kehidupan, yakni dengan selalu berdzikir dan menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dan sandaran dalam melakukan segala bentuk aktivitas kehidupan.

"Kita berharap hal-hal baik seperti ini dapat dicontoh dan ditiru oleh generasi muda kita," harapan besar orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu saat ini.

Pria yang pernah Dandim di Indragiri Hilir juga mengatakan tujuan dari peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58 adalah mengambil pelajaran dan meneladani kehidupan dan ajarannya.

Menurut Sukiman, kegiatan mulia ini merupakan sebuah amal yang baik yang bernilai pahala. Pasalnya, amalan-amalan sunnah seperti membaca Alquran, bershalawat dan ceramah agama yang isinya adalah mengajak umat Islam lebih mendekatkan diri kepada Allah, dan menjauhi larangannya, dengan meneladani tingkah laku Tuan Guru Syekh Ma'sum.

"Saya berharap kita semua untuk menjaga kebersamaan di dalam membangun dan mengamalkan keteladanan yang telah diberikan Tuan Guru Syekh Ma'sum Tambusai," tambahnya.

Masih di acara sama, Kepala Desa Sungai Kumango, Ali Husin Hasibuan, mengharapkan bantuan dari Pemkab Rokan Hulu untuk pembangunan turap dan gapura simpang kuala tambusai.

Kades berharap Bupati Rokan Hulu juga membantu pembangunan rumah singgah di sekitaran madrasah/ nosah, mengingat tidak sedikit masyarakat luar daerah yang singgah di tempat tersebut.

"Kita berterima kasih ke bapak Bupati Sukiman yang telah memberikan bantuan dan sumbangan kepada masyarakat Dusun Kuala Tambusai," sampai Ali Husin.

"Kita menganggap pak Bupati ini adalah bapak pengayom, dan beliau tidak memandang suku dan ras. Hal itu mengingat bapak bupati dan ibu selalu datang dalam berbagai acara. Sehingga kita dapat lebih dekat dengan pemimpin negeri ini," tambah Kades Sungai Kumango.

‎Selain itu, Ali Husin menerangkan peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58 merupakan kegiatan rutin tahunan, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan ke Tuan Guru Syekh Ma'sum yang telah menyebarkan dan mengembangkan suluk.

Pada rangkaian haul tersebut, Muhammad Yamin.S.Pd, membacakan silsilah Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai ke-58 yang menginspirasikan banyak orang.

Menurut pimpinan Tuan Kh.Khairul Saleh, jamaah surau suluk Tareqat Naqsabandi Kuala Tambusai sekira 90 jamaah, terdiri laki-laki dan perempuan. Jemaah bisa dikatakan meningkat dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, tengah menyampaikan sambutan di Haul Allah Yarham Ma'sum Tambusai ke-58.

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Musrenbang Kecamatan Rakit Kulim, Inhu Ajukan 14 Usulan Prioritas
- Terima Bantuan Dana, Enam Mahasiswa Riau di Wuhan China Langsung Berkirim Surat Ucapkan Terimakasih Kepada Gubernur dan Jajaran
- Eksekusi Lahan PT PSJ Gagal, APINDO Sebut Iklim Investasi Indonesia Bisa Anjlog
- Dinanti Warga Puluhan Tahun, Pasar Permanen Pekan Heran Diresmikan Bupati Inhu
- Puluhan Tahun Menunggu, Akhirnya Warga Pekan Heran Inhu Miliki Pasar Permanen
- Disaksikan Sekda, Pejabat Disdik Bengkalis Teken Pakta Integritas, Kontrak Kinerja dan Netralitas Pilkada
- Cegah Corona, Empat WNA Asal Taiwan dan Malaysia Diperiksa Intensif Petugas Dinkes Bengkalis
- Ditransfer Lewat Bank Riaukepri, Pemprov Bantu Enam Mahasiswa Riau Terisolasi di Wuhan China Sebanyak Rp10 Juta
- Gubri Perintahkan Kirim Bantuan untuk Warga Riau di Wuhan
- Tak Hadir, Sebanyak 77 Peserta Ujian CPNS Dinyatakan Gugur
- Selain Availability Payment, KPBU Juga Tetap Jadi Alternatif Pola Pinjaman Pemprov Biayai Infrastruktur
- Sekdaprov Tandatangani Piagam Zona Integritas, di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru
- Sinmardi Taman, Pejuang Kemerdekaan yang Dijajah
- Bupati Kuansing Buka Seminar Kewirausahaan Ikatan Mahasiswa Telukkuantan
- Jangan Risaukan Mutasi, Sekda Minta OPD Jalankan Kegiatan
- Sekdaprov Riau Sebut Proses Assesment Dimulai Maret, Menyusul Open Bidding
- Sekdaprov Riau Pakai Baju Anti Virus, Cek Kesiapan RSUD Arifin Ahmad dari Virus Corona
- Dibuka Asisten I, Peserta Diimbau tak Percaya Calo Bisa Loloskan Jadi CPNS
- Buron Lima Hari, Pengendali Sabu 19 Kg Diringkus Polres Bengkalis
- Sebanyak 16 Peserta Sesi I CPNS Dinyatakan Gugur


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com