Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Senin, 6 Juli 2020 17:25
Sekdaprov Riau Diperiksa Jaksa Terkait Dugaab Korupsi Pemkab Siak

Senin, 6 Juli 2020 17:25
Satu Penumpang Positif Covid-19, Maskapai Lion Air Diminta Lakukan Tracing Kontak

Senin, 6 Juli 2020 17:01
Tambahan Satu Kasus Positif Covid-19, Satu Lagi Meninggal Dunia

Senin, 6 Juli 2020 16:47
DPRD Pelalawan Desak Proses Karlahut PT Arara Abadi

Senin, 6 Juli 2020 15:56
Luasan Karhutla Tahun Ini Jauh Berkurang

Senin, 6 Juli 2020 15:32
PHRI Sebut Okupansi Hotel Mulai Mengeliat di Pekanbaru di Tengah Corona

Senin, 6 Juli 2020 14:43
Pimpin Rakor, Gubri Minta Utamakan Pencegahan Tangani Karhutla

Senin, 6 Juli 2020 14:03
Empat Tahun Vakum, Plh. Bupati Bengkalis Kembali Aktifkan Forum CSR

Senin, 6 Juli 2020 12:50
Anak tak Diterima, Puluhan Warga Tegar Geruduk SMAN 4 Mandau

Senin, 6 Juli 2020 11:42
Menjadi Kurir Sabu, Seorang Warga Sorek Dicokok Polisi



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 13 Nopember 2019 08:23
Maksimalkan Layanan Mudah dan Cepat,
Dukcapil Bengkalis Gesa Terapkan TTE ke Seluruh Petugas UPT Kecamatan


Menggesa penerapan TTE, layanan prima ke masyarakat, mudah, cepat, di mana dan kapanpun bisa tanda tangan. Seluruh kepala UPT mendaftar sistem SIAK Kemendagri.

Riauterkini-BENGKALIS- Agar segera merealisasikan tanda tangan secara elektronik (TTE) ke seluruh kecamatan, 8 kepala unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis mendaftar TTE ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses pengaktifan sistem TTE ke seluruh kepala UPT Dukcapil tersebut berlangsung 11-12 November 2019 dan didampingi langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Renaldi, S.Sos.

Mereka yang mendaftarkan TTE ke SIAK Kemendagri tersebut adalah Kepala UPT. Pinggir dan Talang Muandau, Zakri, Kepala UPT. Mandau dan Bathin Solapan, Irdawati. Kepala UPT. Bukitbatu dan Bandar Laksamana, BS Saparudin, Kepala UPT. Rupat, Erwan Kurniawan. Kepala UPT Rupat Utara, Romainur, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT. Bengkalis, Ibrahim dan Kepala UPT. Kecamatan Bantan, Sukar.

Penerapan TTE sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kepada masyarakat semakin mudah dan cepat kapan pun serta dimana pun, mempercepat pelaksanaan kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk). Diantaranya adalah kepengurusan kartu keluarga (KK), akta kelahiran anak, surat pindah masyarakat, akta kematian, pengesahan anak, dengan TTE.

Artinya, dalam pengurusan adminduk semakin dipermudah. Masyarakat tidak perlu lagi menunggu lama-lama. Sedangkan target dokumen adminduk yang akan menggunakan TT adalah KK, surat pindah, akta lahir, akta kelahiran dan dokumen pengesahan anak dan lain-lain.

"Bengkalis sudah mulai menggunakan TTE sejak beberapa bulan lalu, sesuai dengan anjuran Permendagri. Namun hanya selevel kepala dinas, nah selama dua hari seluruh UPT didaftarkan ke sistem SIAK TTE-nya, agar semakin mempermudah pengurusan yang sudah dilimpahkan ke kecamatan melalui UPT," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Renaldi, S.Sos didampingi Kasi Identitas Penduduk, Surbaini dan Kasi Mutasi Perpindahan Penduduk Hj. Endang Sulastri, Selasa (12/11/19) kemarin.

Ditambahkan Renaldi, dengan telah diterapkannya sistem TTE ke seluruh UPT-UPT ini, dirinya berharap sangat membantu masyarakat dan petugas serta mempercepat pengurusan adminduk.

Kepala Subdit Monitoring Evaluasi dan Dokumentasi, Direktorat Pendaftaran Penduduk, Dirjen Dukcapil, Kemendagri RI, Dr. Nurdin menjelaskan, prinsipnya Kemendagri berkeinginan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membahagiakan, seperti pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih murah tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

"Kami mendorong layanan capil itu lebih cepat, ada atau tidaknya kepala dinas atau pejabat capil di kantor proses pelayanan bisa tetap dilakukan. Pejabat capil bisa bekerja di mana saja, karena sudah diterapkan pelayanan berbasis elektronik melalui aplikasi SIAK dengan pendaftaran TTE pejabat yang berwenang," ungkapnya.

Jadi, lanjut Nurdin, kepala dinas termasuk UPT-UPT, tanda tangannya tidak perlu lagi bolak balik ke kantor karena sudah ada aplikasi khusus tersebut dan di mana saja bisa dilakukan.

Program TTE sambung alumni APDN ini, sudah diperkenalkan sejak Agustus 2019 lalu diawali dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7/2019 tentang Pelayanan Dukcapil Dalam Jaringan (Daring). Diamanatkan bahwa semua dokumen dukcapil itu ditandatangani secara elektronik.

"Kami ingin membangun reputasi baru, dukcapil ingin menciptakan layanan yang benar-benar bisa dilakukan  dengan cepat di mana saja dan tanpa mengenal waktu. Dan ciptakan aplikasi tersebut," katanya lagi.

Ditambahkannya, TTE ini untuk semua daerah secara nasional ada sembilan dokumen yang bisa dilakukan dengan tanda tangan secara elektronik. Hingga saat ini yang belum menerapkan TTE ada 55 daerah yang sudah di-update SIAK-nya, akan tetapi belum diterapkan. Kemudian yang beru menerapkan TTE hanya satu dokemen ada 30 daerah, 2 dokumen 40 daerah, 3 dokumen ada 51 daerah, 4 dokumen 207 daerah, 6 dokumen 41 daerah, 7 dokumen 16 daerah, 8 dokumen 8 daerah, 9 dokumen baru stu 1 daerah.***(dik/inf)

Foto : Kegiatan pendaftaran TTE, seluruh kepala UPT Dukcapil Kabupaten Bengkalis ke Direktorat Pendaftaran Penduduk, Dirjen Dukcapil, Kemendagri RI, 11-12 November 2019.

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Satu Penumpang Positif Covid-19, Maskapai Lion Air Diminta Lakukan Tracing Kontak
- Tambahan Satu Kasus Positif Covid-19, Satu Lagi Meninggal Dunia
- Luasan Karhutla Tahun Ini Jauh Berkurang
- Pimpin Rakor, Gubri Minta Utamakan Pencegahan Tangani Karhutla
- Empat Tahun Vakum, Plh. Bupati Bengkalis Kembali Aktifkan Forum CSR
- Gubri Berikan Penghargaan Kepada Empat Tim Medis Berprestasi di RSUD Petala Bumi
- Karla Gambut di Pulau Rupat, Bengkalis Dilaporkan Padam
- 4 Belum Keluar, 107 Hasil Swab Warga Kuansing Pernah Kontak dengan NY. SA Negatif
- Silaturahmi dengan Pangdam I BB, Bupati Kuansing Bahas Keamanan Pilkada Hingga Covid - 19
- Plh. Bupati Bengkalis Ingatkan ASN dan Honorer Jangan Dekati Narkoba
- Water Bombing dan Alat Berat Dikerahkan, Sebagian Besar Karla Gambut di Pulau Rupat, Bengkalis Padam
- Hari Ini Riau Termasuk Provinsi Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Pada Kasus Baru
- Riau Masuk Delapan Nominasi API
- Wujudkan Mini Data Center, Diskominfo Inhil Kunjungi Data Center Pekanbaru
- Cari Kerja di Pelalawan, Saat Test Kesehatan Warga Sumut Ternyata Positif Covid-19
- Satu Pegawai Positif Corona, Sport Station di Mal Pekanbaru Tutup Semetara
- Gubri dan Pangdam Cek Kesiapan Sebelum Peresmian Tol Permai
- 6 Pasien Positif Covid-19 Inhil Sembuh
- Seorang Karyawan di Mal Pekanbaru Positif Covid-19
- Tracing dari Ibu, Ayah dan Anak di Kuansing Positif Covid-19


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com