Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Ahad, 8 Desember 2019 00:11
Tim Gabungan Gakkum LHK dan POLRI Bekuk Pelaku Perburuan Harimau Sumatera di Riau

Ahad, 8 Desember 2019 00:08
Reses DPRD Bengkalis, Syaiful Ardi Serap Aspirasi Warga dan Bantu Rumah Ibadah

Ahad, 8 Desember 2019 00:02
BBKSDA Riau Benarkan Ada Jejak Harimau di Tambang

Sabtu, 7 Desember 2019 16:35
Tunaikan Aspirasi, Anggota DPRD Bengkalis Ini Haru Serahkan Ambulance di Desa Palkun

Sabtu, 7 Desember 2019 14:56
‎PT SPR Langgak Salurkan Bantuan Beasiswa ke Mahasiswa Berprestasi di Kabupaten Rohul

Sabtu, 7 Desember 2019 14:16
Balita 3 Tahun di Rohul yang Tenggelam di Sungai Rokan Ditemukan‎ Meninggal Tersangkut

Sabtu, 7 Desember 2019 13:46
Dua Korban Tanah Longsor di Desa Rokan Koto Ruang Ditemukan Meninggal Tertimbun

Sabtu, 7 Desember 2019 13:24
Temui Bupati Mursini, Ibu-ibu IKKS dari Sejumlah Provinsi Pulang Kampung

Sabtu, 7 Desember 2019 11:27
Warga Rupat, Bengkalis Digegerkan Penemuan Mayat Laki-laki Tanpa Busana

Sabtu, 7 Desember 2019 10:28
Polisi Rohil Ungkap Pelaku Maling Minyak Mentah

loading...


Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 13 Nopember 2019 08:23
Maksimalkan Layanan Mudah dan Cepat,
Dukcapil Bengkalis Gesa Terapkan TTE ke Seluruh Petugas UPT Kecamatan


Menggesa penerapan TTE, layanan prima ke masyarakat, mudah, cepat, di mana dan kapanpun bisa tanda tangan. Seluruh kepala UPT mendaftar sistem SIAK Kemendagri.

Riauterkini-BENGKALIS- Agar segera merealisasikan tanda tangan secara elektronik (TTE) ke seluruh kecamatan, 8 kepala unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis mendaftar TTE ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses pengaktifan sistem TTE ke seluruh kepala UPT Dukcapil tersebut berlangsung 11-12 November 2019 dan didampingi langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Renaldi, S.Sos.

Mereka yang mendaftarkan TTE ke SIAK Kemendagri tersebut adalah Kepala UPT. Pinggir dan Talang Muandau, Zakri, Kepala UPT. Mandau dan Bathin Solapan, Irdawati. Kepala UPT. Bukitbatu dan Bandar Laksamana, BS Saparudin, Kepala UPT. Rupat, Erwan Kurniawan. Kepala UPT Rupat Utara, Romainur, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT. Bengkalis, Ibrahim dan Kepala UPT. Kecamatan Bantan, Sukar.

Penerapan TTE sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan kepada masyarakat semakin mudah dan cepat kapan pun serta dimana pun, mempercepat pelaksanaan kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk). Diantaranya adalah kepengurusan kartu keluarga (KK), akta kelahiran anak, surat pindah masyarakat, akta kematian, pengesahan anak, dengan TTE.

Artinya, dalam pengurusan adminduk semakin dipermudah. Masyarakat tidak perlu lagi menunggu lama-lama. Sedangkan target dokumen adminduk yang akan menggunakan TT adalah KK, surat pindah, akta lahir, akta kelahiran dan dokumen pengesahan anak dan lain-lain.

"Bengkalis sudah mulai menggunakan TTE sejak beberapa bulan lalu, sesuai dengan anjuran Permendagri. Namun hanya selevel kepala dinas, nah selama dua hari seluruh UPT didaftarkan ke sistem SIAK TTE-nya, agar semakin mempermudah pengurusan yang sudah dilimpahkan ke kecamatan melalui UPT," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis, Renaldi, S.Sos didampingi Kasi Identitas Penduduk, Surbaini dan Kasi Mutasi Perpindahan Penduduk Hj. Endang Sulastri, Selasa (12/11/19) kemarin.

Ditambahkan Renaldi, dengan telah diterapkannya sistem TTE ke seluruh UPT-UPT ini, dirinya berharap sangat membantu masyarakat dan petugas serta mempercepat pengurusan adminduk.

Kepala Subdit Monitoring Evaluasi dan Dokumentasi, Direktorat Pendaftaran Penduduk, Dirjen Dukcapil, Kemendagri RI, Dr. Nurdin menjelaskan, prinsipnya Kemendagri berkeinginan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membahagiakan, seperti pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih murah tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

"Kami mendorong layanan capil itu lebih cepat, ada atau tidaknya kepala dinas atau pejabat capil di kantor proses pelayanan bisa tetap dilakukan. Pejabat capil bisa bekerja di mana saja, karena sudah diterapkan pelayanan berbasis elektronik melalui aplikasi SIAK dengan pendaftaran TTE pejabat yang berwenang," ungkapnya.

Jadi, lanjut Nurdin, kepala dinas termasuk UPT-UPT, tanda tangannya tidak perlu lagi bolak balik ke kantor karena sudah ada aplikasi khusus tersebut dan di mana saja bisa dilakukan.

Program TTE sambung alumni APDN ini, sudah diperkenalkan sejak Agustus 2019 lalu diawali dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7/2019 tentang Pelayanan Dukcapil Dalam Jaringan (Daring). Diamanatkan bahwa semua dokumen dukcapil itu ditandatangani secara elektronik.

"Kami ingin membangun reputasi baru, dukcapil ingin menciptakan layanan yang benar-benar bisa dilakukan  dengan cepat di mana saja dan tanpa mengenal waktu. Dan ciptakan aplikasi tersebut," katanya lagi.

Ditambahkannya, TTE ini untuk semua daerah secara nasional ada sembilan dokumen yang bisa dilakukan dengan tanda tangan secara elektronik. Hingga saat ini yang belum menerapkan TTE ada 55 daerah yang sudah di-update SIAK-nya, akan tetapi belum diterapkan. Kemudian yang beru menerapkan TTE hanya satu dokemen ada 30 daerah, 2 dokumen 40 daerah, 3 dokumen ada 51 daerah, 4 dokumen 207 daerah, 6 dokumen 41 daerah, 7 dokumen 16 daerah, 8 dokumen 8 daerah, 9 dokumen baru stu 1 daerah.***(dik/inf)

Foto : Kegiatan pendaftaran TTE, seluruh kepala UPT Dukcapil Kabupaten Bengkalis ke Direktorat Pendaftaran Penduduk, Dirjen Dukcapil, Kemendagri RI, 11-12 November 2019.

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- ‎PT SPR Langgak Salurkan Bantuan Beasiswa ke Mahasiswa Berprestasi di Kabupaten Rohul
- Balita 3 Tahun di Rohul yang Tenggelam di Sungai Rokan Ditemukan‎ Meninggal Tersangkut
- Dua Korban Tanah Longsor di Desa Rokan Koto Ruang Ditemukan Meninggal Tertimbun
- Temui Bupati Mursini, Ibu-ibu IKKS dari Sejumlah Provinsi Pulang Kampung
- Warga Rupat, Bengkalis Digegerkan Penemuan Mayat Laki-laki Tanpa Busana
- Dikerjakan Swakelola Bersama PT BOS, PSR Desa Bencah Kesuma Dinilai Berhasil oleh Dirjenbun dan DPR RI
- Molor Karena Lahan, Wagubri Cek Langsung Pekerjaan Jembatan Sail
- Ganti Tiang Lapuk, Besok 7 Jam Listrik Padam di Wilayah Utara Timur Pulau Bengkalis 
- Pemprov Cuma Anggarkan Rp2 Miliar, Kebutuhan Perbaikan Stadion Utama Capai Rp40 Miliar
- Sekretariat DPRD Kuansing Taja Rapat Mekanisme Reses
- Kongres Budaya Banjar V Hasilkan Penyempurnaan AD/ART KBB
- Tampil Apik, Tim Gerak Jalan DWP Distan Bengkalis Ungguli 27 Regu
- Pengemudi Mengantuk, Mobnas di Bengkalis Nyungsep ke Parit
- Vila Jabat Ketua 1 IWO Riau, Ketua IWO Siak Resmi Dijabat Fitriadi
- Resmi Dilantik, Rusdi Wandi Ingin Akbarindo Terdepan Sebagai Gerbong Pembangunan
- Lokasi Curam, Petugas Kesulitan Evakuasi 2 Warga Rohul Tertimbun Longsor di Rokan Koto Ruang
- Desa Bunsur Sungai Apit Paling Ideal Saksikan Gerhana Matahari Cincin
- Jon Erizal Minta LPDP Tambah Alokasi Penerima Beasiswa Luar Jawa
- Wabup Zardewan Buka Lomba Memancing dan Sampan Jong Katel di Kuala Kampar
- Bupati Kuansing Paparkan Program Strategis 2020


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com