Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Ahad, 23 Pebruari 2020 18:58
Belasan Korban Investasi Bodong Melapor ke Ditreskrimsus Polda Riau

Ahad, 23 Pebruari 2020 18:10
Perkumpulan Pengemudi Ambulance Terbentuk di Bengkalis

Ahad, 23 Pebruari 2020 17:47
Gerakan Pramuka Tualang Peduli, Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran di

Ahad, 23 Pebruari 2020 17:40
Hari Peduli Sampah, DLHK Riau Apresiasi Bank Sampah RAPP

Ahad, 23 Pebruari 2020 17:08
Andi Rachman dan Syamsuar Bakal Bersaing di Musda Golkar Riau Nanti

Ahad, 23 Pebruari 2020 15:56
Sekdaprov Nyaris Celaka Saat Mengecek Ruangan Stadion Bola Kuansing

Ahad, 23 Pebruari 2020 15:19
Dikukuhkan, Gubri Minta Panitia Besar Purprov Riau X Kuansing Benahi Venue Olahraga

Ahad, 23 Pebruari 2020 10:52
Gubri Tebar 200 Ribu Bibit Ikan Nilam di Danau Kebun Nopi Kuansing

Ahad, 23 Pebruari 2020 10:51
Prihatin dengan Kondisi Bocah Penderita TBC di Tualang, DPP-LBLK Berikan Bantuan

Ahad, 23 Pebruari 2020 10:23
Ringankan Korban Kebakaran di Tualang, DPD LHMR-RMB Siak Salurkan Bantuan



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 8 Desember 2019 16:40
Satu-satunya di Riau,
Bengkalis Kembangkan Sapi Indukan Jenis Ras Pesisir


Peternak di Bengkalis berkesempatan mengembangkan sapi jenis baru, Ras Pesisir. Tahun 2019 ini, sebanyak 20 ekor disalurkan oleh Kementan RI kepada dua kelompok tani, dan ini satu-satunya di Riau.

Riauterkini-BENGKALIS- Peternak di Kabupaten Bengkalis berkesempatan untuk mengembangkan sapi dengan ras jenis baru. Yaitu, sapi jenis Ras Pesisir disalurkan oleh Direktorat Pembibitan dan Produksi (Bipro) Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Sembawa, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, pada tanggal 3-7 Desember 2019.

Sebagai upaya meningkatkan populasi dan produktivitas ternak, diperlukan kegiatan pengembangan ternak ruminansia atau hewan pemamah biak potong melalui penambahan sapi indukan lokal itu.

Untuk di Provinsi Riau, berdasarkan dari hasil verifikasi, menetapkan kelompok tani atau peternak penerima ada di Kabupaten Bengkalis, yaitu Kelompok Sabar Jaya, Ketua Kelompok Tani, Sabari alamat Desa Pasiran Kecamatan Bantan jumlah ternak 10 ekor, dan Kelompok Tani Ekonomi Sejahtera, Ketua Kelompok, Abdul Manaf, alamat di Desa Perapat Tunggal, Kecamatan Bengkalis dan juga sebanyak 10 ekor sapi.

Sesuai dengan petunjuk teknis (juknis), pengembangan ternak ruminansia potong melalui penambahan sapi indukan lokal itu, kelompok tani atau peternak wajib melaporkan perkembangan kegiatan secara berkala dan berjenjang sesuai dengan pedoman teknis yang telah ditetapkan, berdasarkan Keputusan PPKMENBPTU-HPT Sembawa Nomor 02001/Kpts/ /PK.210/F2.D/09/2019 tertanggal 2 September 2019 tentang penetapan penerima kegiatan pengembangan ternak ruminansia potong melalui penambahan sapi indukan lokal tahun 2019.

Jenis sapi Ras Pesisir yang akan dikembangkan dari Direktorat Bipro BPTU HPT Sembawa tahun 2019 ini, usia minimal 2 tahun dilihat dari gigi oleh tenaga medis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis, Tarmizi, S.P, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Ir. Amri Noer mengatakan, bantuan dari Kementan RI berupa sapi jenis Ras Pesisir tahun 2019 tersebut, diberikan kepada dua kelompok ternak yang ada di Kecamatan Bantan dan Bengkalis.

Dengan adanya bantuan sapi Ras Pesisir tersebut diharapkan peternak dapat memeliharanya dengan baik, karena sapi bantuan ini merupakan bantuan yang pertama ditujukan ke Kabupaten Bengkalis dan merupakan cikal bakal pengembangan sapi jenis Ras Pesisir di Kabupaten Bengkalis.

Sapi Ras Pesisir menurut Amri Noer, juga dikenal dengan sangat tahan terhadap penyakit khususnya Jembrana, selama ini menjadi momok bagi peternak sapi ras Bali yang sangat banyak di Kabupaten Bengkalis kurang lebih 94% dari total populasi ternak sapi di daerah ini.

"Oleh karena itu dengan adanya Sapi Ras Pesisir itu, diharapkan dapat menjadi benteng bagi penyebaran penyakit Jembrana sapi milik warga di daerah ini. Dan peternak betul-betul menjaganya dengan baik, untuk dikembangkan di daerah ini," ungkapnya, Ahad (8/12/19) siang.

Sementara itu, drh. Yumoko Ginto, Kepala Seksi Pelayanan Teknis dari Direktorat Bipro BPTU HPT Sembawa meminta kepada Pemkab Bengkalis melalui perangkat daerah (PD) yang terkait, untuk dapat melakukan pembinaan dan melaporkan perkembangan bantuan sapi Ras Pesisir kepada dua kelompok tani tersebut.

"Agar dapat memonitor perkembangan sapi bantuan ini di masyarakat, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi apakah cocok atau tidak sapi Ras Pesisir ini untuk dikembangkan di Bengkalis," pesannya.

Puluhan sapi jenis Ras Pesisir bantuan Kementan itu diserahkan oleh petugas dari Kementan Direktorat Bipro BPTU HPT Sembawa, drh. Yumoko Ginto, Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Endry Maryanto, Petugas Andang Percobaan, Agus Setiawan, S.H dan Dicky Sailendra, Petugas Harian Tetap.***(dik/inf)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Perkumpulan Pengemudi Ambulance Terbentuk di Bengkalis
- Gerakan Pramuka Tualang Peduli, Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran di
- Hari Peduli Sampah, DLHK Riau Apresiasi Bank Sampah RAPP
- Sekdaprov Nyaris Celaka Saat Mengecek Ruangan Stadion Bola Kuansing
- Dikukuhkan, Gubri Minta Panitia Besar Purprov Riau X Kuansing Benahi Venue Olahraga
- Gubri Tebar 200 Ribu Bibit Ikan Nilam di Danau Kebun Nopi Kuansing
- Prihatin dengan Kondisi Bocah Penderita TBC di Tualang, DPP-LBLK Berikan Bantuan
- Ringankan Korban Kebakaran di Tualang, DPD LHMR-RMB Siak Salurkan Bantuan
- Peringati HPN 2020, PWI Siak Siap Gelar Berbagai Kegiatan
- Bengkalis Layak Jadi Kampung Zapin Melayu
- M Sahril Topan Nakhodai DPP IKA UIR
- Lima Warga Asing Terdampar di Pulau Bengkalis Warga Inggris dan Thailand
- Kapal Pesiar Angkut Lima Warga Asing Terdampar di Pulau Bengkalis
- Bupati Siak Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Mess Milik PT Arara Abadi
- Berulang Tahun, RSU Mutia Sari Duri  Gelar Syukuran dan Baksos
- Persis Riau Gelar Muswil III
- Sekda Rohil Tinjau Seleksi CPNS di Dumai
- Nelayan Malaysia Terombang Ambing Tengah Laut Diselamatkan Nelayan Bengkalis
- Ancam Turunkan Tim Dari Pusat, Presiden Minta Gubernur dan Kapolda Riau Segera Selesaikan Keluhan Masyarakat di Gondai
- PT CPI Gandeng PGI Selamatkan Gajah Sumatera


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com