Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Ahad, 19 Januari 2020 23:35
Mubeslub Sempat Kisruh, Fajrul Akhirnya Terpilih Sebagai Ketua Ipmarohu Sumut 2020-2021

Ahad, 19 Januari 2020 22:18
Sebagai Kader, Murnis Mansyur Optimis Didukung Partai Golkar Maju Pilkada Rohul 2020

Ahad, 19 Januari 2020 21:43
MoU Bersama Gubri, Investor Singapura Kelola Stadion Utama

Ahad, 19 Januari 2020 21:35
Polres Rohul Pakai Aplikasi Lancang Kuning‎ dan Drone Mengantisipasi Karhutla

Ahad, 19 Januari 2020 21:05
Tinggalkan Ketua DPRD Riau,
Engah Eet Serius Maju Balon Bupati Bengkalis


Ahad, 19 Januari 2020 17:14
Cegah Karla, Polsek Bengkalis Lakukan Patroli ke Lahan-lahan Warga

Ahad, 19 Januari 2020 16:38
Tanpa Tersangka, Polres Inhu Dinginkan Lima Hektar Karhutla di Sekp Hilir

Sabtu, 18 Januari 2020 21:33
Dua Atlet Layar Bengkalis Ikuti Kejuaraan Internasional di Batam

Sabtu, 18 Januari 2020 20:41
The New Era of Gold,
Waktunya Beli Emas untuk Mereka yang Merencanakan Masa Depan


Sabtu, 18 Januari 2020 19:35
HUT ke-47, PDIP Bengkalis Gelar Istighosah Bersama



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 12 Januari 2020 11:13
Cetak Sawah dan Irigasi Pompanisasi Cara Strategis Tingkatkan Produksi Padi di Bengkalis

Distan terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan, khususnya padi. Perlu langkah strategis seperti cetak sawah dan pembangunan irigasi pompanisasi.

Riauterkini-BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pertanian (Distan) terus berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan, khususnya padi dari daerah ini.

Dalam rangka meningkatkan tujuan tersebut seperti di wilayah sentra padi di Gerbang Laksamana sesuai dengan visi dan misi Bupati Bengkalis yang meliputi wilayah Kecamatan Bukitbatu, Siakkecil dan Bandar Laksamana diperlukan langkah yang strategis.

Salah satu upaya yang  dapat dilakukan adalah dengan membuka lahan untuk tanaman padi melalui cetak sawah baru (CSB) dan memperbaiki saluran irigasi teknis sehingga dapat meningkatkan indeks pertanaman (IP) dari 100 atau menanam padi sekali dalam setahun menjadi 200 atau menanam padi dua kali dalam setahun.

Sehubungan dengan hal tersebut akan dilakukan pemantauan atau monitoring terkait potensi lahan untuk kegiatan CSB di Desa Muara Dua seluas 400 hektar (Ha) dan Desa Bandar Jaya seluas 135 Ha, serta rencana pembangunan Irigasi Pompanisasi di Desa Langkat.

Keseriusan dalam rencana itu, Tim Pemkab dan Staf Khusus Bupati melakukan peninjauan di sentra produksi padi, Kamis (9/1/20) kemarin.

Tim terdiri dari, Kepala Distan, H. Tarmizi, SP, M.Si, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan, Nova Rianti, SP, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Distan, Ir. H. M. Ansharuddin, M.Si, Kepala Bidang Penyuluhan Distan, Yudi, Kasubbag Penyusunan Program Umum dan Kepegawaian Distan, Suhairi, S.P.

Kemudian turut hadir, Staf Khusus Bupati, Isa Selamat, Kepala Bidang (Kabid) Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Irjauzi, serta Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Bidang Pengairan Dinas PUPR, Kasubbid Pertanian dan Tanaman, Muhadir Masrur, S.H, M.M.A.

Tim peninjauan ini didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Distan Mekanisasi Kecamatan Siakkecil, H. Nurdam Effendi, S.P, Kepala UPT. Penyuluah Pertanian Kecamatan Siakkecil, Astut Iponi, S.P, Penyuluh Pertanian Kecamatan Siakkecil, Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman dan aparat pemerintahan desa.

Kunjungan pertama dilakukan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk melihat lahan sawah yang ada seluas sekitar 10 Ha, dan melakukan pertemuan dengan Penyuluh Pertanian untuk membahas langkah-langkah konkrit terkait percepatan pembangunan pertanian.

Kemudian, meninjau rencana lokasi pembangunan Irigasi Pompanisasi di Desa Langkat, Kecamatan Siakkecil. Dengan adanya irigasi pompanisasi ini diharapkan dapat mengairi lahan sawah seluas lebih kurang 751 Ha, berada di Desa Langkat sekitar 347 Ha dan Desa Sepotong sekitar 304 Ha.

Dilanjutkan, melihat rencana cetak sawah baru di Desa Bandar Jaya, Dusun Air Masuk Kecamatan Siakkecil seluas 135 Ha, juga turut didampingi Kelompok Tani Lestari. Tim juga melihat lokasi rencana cetak sawah baru di Desa Muara Dua seluas sekitar 400 Ha.

Pada kesempatan itu, Kepala Distan Pertanian, H. Tarmizi menyampaikan, bahwa kebutuhan beras untuk Kabupaten Bengkalis masih sangat besar, sampai saat ini baru terpenuhi oleh petani sekitar 37% dan masih terjadi kekurangan beras sebesar 63%.

"Jika petani bisa melakukan penanaman dua kali dalam setahun atau IP 200, maka petani akan alihkan lahan sawitnya yang  kurang menghasilkan. Petani di daerah ini sangat berharap pembangunan irigasi pompanisasi ini dapat terbangun, karena selama ini hanya ada pompa dengan kapasitas kecil yang beroperasi atau menyala 8 jam dan hanya mampu mengairi lahan sawah sekitar 5 Ha," ungkap H. Tarmizi.

Kabid Pengairan PUPR, Irjauzi menambahkan, perencanaan untuk pembangunan pompanisasi ini dianggarkan tahun 2020, dan dirinya berharap fisiknya dapat dianggarkan pada tahun 2021 mendatang, dan sinkronisasi pembangunannya dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Staf Khusus Bupati Bengkalis, Isa Selamat juga berpendapat, menjadikan pertanian sebagai daya tarik bagi wisatawan seperti membuat gazebo-gazebo (bangunan kecil) di sawah seperti di Bukitbatu yang berdekatan dengan Makam Datuk Laksama Raja Dilaut.***(dik/inf)



Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- MoU Bersama Gubri, Investor Singapura Kelola Stadion Utama
- Cegah Karla, Polsek Bengkalis Lakukan Patroli ke Lahan-lahan Warga
- HUT ke-47, PDIP Bengkalis Gelar Istighosah Bersama
- Puluhan Hektar Lahan Gambut di Rupat, Bengkalis Kembali Terbakar
- Wagubri Harap IDI Riau dan Pekanbaru Tingkatkan Ilmu dan Pelayanan Masyarakat
- Ketua DPC Askonas Rohul‎ Berharap Kegiatan Pembangunan Perhatikan Aspek Lingkungan
- Audensi Bersama Kadiskes Riau, AMKR Bisa Jadi Garda Perubahan Hidup Sehat
- Nama Yan Prana dan Indra Dikirm ke OJK Sebagai Calon Komut
- Penggiat Lingkungan Apresiasi Langkah Eksekusi Pidana Pokok Senilai Rp5 Miliar PT PSJ
- Pejabat Dinsos Bengkalis Teken Kontrak Kinerja dan Pakta Integritas
- Tuntut Ketegasan Eksekusi Kebun Ilegal PT PSJ, Amper Datangi Kejati dan DLHK Riau
- BBKSDA Riau Cek Jejak Harimau di Tenayan
- Puluhan RT dan RW di Air Jamban, Bengkalis Tak Miliki SK Aktif
- Tawarkan Juga Potensi Kelapa, India Tertarik Bangun Pabrik CPO di Riau
- Gubri Pastikan Pejabat Pempov Positip Narkoba Sudah Diberhentikan
- Selamatkan Generasi Muda, DPD Fokan Ajak Cegah Narkoba dari Dini
- Bersama Gubernur DKI, Syamsuar Terima Penghargaan dari Menag
- FGD PP Soroti Dugaan Kongkalikong Pembangunan Perkantoran Pemko Pekanbaru
- PPK di Bengkalis Wajib Tidak Dalam Ikatan Perkawinan
- RS KPJ Klang Malaysia Punya Layanan Khusus Untuk Pasien Indonesia


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com