Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Kamis, 2 Juli 2020 11:32
Bupati Kuansing Intruksikan Tracing Bagi Warga Pernah Kontak dengan SA

Kamis, 2 Juli 2020 11:10
Pandemi Covid-19, Program DMPA Arara Abadi Pertahankan Produksi Panen Petani Cabai di Talang Muandau, Bengkalis

Kamis, 2 Juli 2020 11:09
Istri Dikaitkan dengan Kasusnya, Kuasa Hukum Amril Mukminin Sebut Sangat Politis

Rabu, 1 Juli 2020 21:18
Sejumlah Titik Anjungan Rusak, Nasabah BNI di Duri Mengular Narik Rupiah

Rabu, 1 Juli 2020 21:14
Tuntut Transparansi Anggaran UKT, Sejumlah Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Rektorat UIN Suska Riau

Rabu, 1 Juli 2020 20:37
OJK: Waspada Info Hoak Tarik Dana di Perbankan

Rabu, 1 Juli 2020 20:20
Klaim Temukan Kecurangan, Balon Perseorangan Datangi Bawaslu Inhu

Rabu, 1 Juli 2020 18:58
Responsif Olahraga, Engah Eet Serahkan Peralatan Set Voly ke Warga Duri Timur

Rabu, 1 Juli 2020 18:52
Bahas Karhutla, Besok Gubri Ikuti Rakor Bersama Menkopolhukam

Rabu, 1 Juli 2020 18:02
Untuk Keempat Kalinya, Pemkab Inhil Sukses Raih Opini WTP



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 29 Mei 2020 14:50
New Normal, PT. Kliring Berjangka Indonesia Mulai Beroperasi

Siapan protokol menuju new normal, PT KBI kembali beroperasi. Protokol untuk kesehatan keryawan dan layanan prima.

Riauterkini-PEKANBARU-Ditengah langkah menuju era “The New Normal” yang dicanangkan pemerintah, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI telah mencanangkan kesiapannya untuk kembali beroperasi dengan layanan prima. KBI sendiri sejak tanggal 20 Maret 2020, memberlakukan kegiatan operasional terbatas, dikarenakan pemberlakuan Work From Home bagi karyawan sesuai anjuran pemerintah.

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan, bahwa KBI, saat seperti sekarang merupakan sebuah kenormalan baru, dan KBI telah menyiapkan protokol operasional untuk menjalankan operasi di kenormalan baru tersebut. Protokol tersebut menyangkut protokol kesehatan bagi karyawan, serta protokol pelayanan prima bagi pemangku kepentingan.

"Hal yang kami lakukan ini sejalan dengan arahan yang disampaikan oleh kementerian BUMN untuk mempersiapkan protokol terkait kegiatan operasional ditengah situasi new normal. Saat ini persiapan telah kami lakukan, dan apabila suatu saat kementerian memberikan arahan untuk beroperasi dan karyawan kembali masuk, kami sudah siap 100% beroperasi dengan layanan prima dalam situasi New Normal,” terangnya.

Beberapa waktu yang lalu, kementerian BUMN juga telah mengeluarkan edaran, yang dalam edaran tersebut BUMN diminta untuk membuat Protokol dan membentuk satuan kerja penanganan Covid-19 dan menyesuaikan dengan skema The New Normal yang ditetapkan kementerian BUMN. Terkait edaran kementerian BUMN tersebut, Fajar mengatakan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) sudah siap dengan protokol penanganan Covid-19 sesuai dengan yang diminta kementerian BUMN tersebut.

Dalam protokol yang disusun, KBI memastikan karyawan yang masuk dinyatakan sehat, serta tidak memiliki penyakit bawaan yang berpotensi terpapar Covid-19. Protokol kesehatan juga akan diterapkan secara masif, dimana karyawan dan lingkungan kerja diupayakan semaksimal mungkin dalam kondisi steril. Dalam protokol yang ada, KBI juga menerapkan kebijakan Physical Distancing di lingkungan kerja sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah.

“Dalam protokol pelayanan kepada pemangku kepentingan, KBI tetap melakukan pembatasan terhadap pertemuan secara fisik / lansung dengan para pemangku kepentingan. Untuk saat ini, segala bentuk korespondensi, koordinasi serta rapat-rapat, kami lakukan dengan cara virtual yang memanfaatkan teknologi. Namun demikian, kami memastikan bahwa KBI tetap akan memberikan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan,” lanjut Fajar Wibhiyadi.

Beroperasinya kembali KBI dalam situasi new normal ini, diharapkan mampu menjadi pendorong di industri perdagangan berjangka komoditi untuk bergerak positif. Dalam rilis yang dikeluarkan KBI beberapa waktu yang lalu, kinerja perdagangan berjangka komoditi di Quarter 1 2020 tercatat positif, yaitu mengalami pertumbuhan transaksi sebesar 40 % dibandingkan tahun 2019 (yoy).

“Kegiatan bisnis di era New Normal ini kedepan kami perkirakan akan menjadi trend. Dengan pemanfaatan teknologi, proses bisnis akan mampu dijalankan lebih cepat dan tentu lebih murah. Apalagi dengan kondisi vaksin Covid-19 yang belum ditemukan, kami perkirakan situasi ini akan berlangsung dalam beberapa waktu kedepan. Sebagai antisipasi, KBI juga terus meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi, baik dalam kaitan perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik, maupun dalam peran kami sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang,” tambahnya.

KBI menyediakan laporan kliring yang dapat diakses melalui Sistem Kliring Derivatif yang tersedia bagi setiap anggota kliring. KBI menyediakan aplikasi digital yaitu SITNA untuk investor dan perusahaan pialang yang akan saling terhubung. Investor dapat memantau investasi yang dilakukan meskipun hanya dari rumah.

SITNA merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi mengenai transaksi perdagangan berjangka komoditi di Bursa Berjangka Jakarta, yang telah dijaminkan ke PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). Dalam hal monitoring PT KBI juga sudah menerapkan otomasi, yaitu pengembangan early warning system yang secara otomatis akan mengirimkan notifikasi anomali langsung ke smartphone PIC sehingga dapat segera ditindak lanjuti.***(H-we)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Bupati Kuansing Intruksikan Tracing Bagi Warga Pernah Kontak dengan SA
- Pandemi Covid-19, Program DMPA Arara Abadi Pertahankan Produksi Panen Petani Cabai di Talang Muandau, Bengkalis
- Tuntut Transparansi Anggaran UKT, Sejumlah Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Rektorat UIN Suska Riau
- Klaim Temukan Kecurangan, Balon Perseorangan Datangi Bawaslu Inhu
- Bahas Karhutla, Besok Gubri Ikuti Rakor Bersama Menkopolhukam
- Untuk Keempat Kalinya, Pemkab Inhil Sukses Raih Opini WTP
- Juni 2020, Riau Alami Inflasi 0,13 Persen
- Hari Bhayangkara ke-74, Polresta Pekanbaru Gelar Syukuran dan Berikan Reward
- Satu Pasien Positif Hari Ini tak Ada Riwayat Perjalanan dan Kontak Erat
- Zainal Nangis Sampaikan Nasib Banpol PP di Acara Purna Tugasnya
- Dipimpin Langsug Presiden, Upacara HUT ke-74 Bhayangkara Polda Riau dalam Aula
- Bupati Kuansing Hadiri HUT Bhayangkara ke 74 
- PAD Sektor PPJ, Bapenda Bengkalis dan PLN Teken Kerja Sama
- Gubri Minta Kasatpol PP Riau yang Baru Bantu Tim Gugus Tugas Covid-19
- Pekanbaru Raih WTP yang Ke-4 Kali Secara Beruntun dari BPK
- Kadinsos Riau: Pemko Janji Kembalikan Sisa Dana BLT
- Hari Bhayangkara, Kasmarni Berharap Polri Terus Jadi Aparat yang Dicintai Rakyat
- Cegah Korupsi Bidang Aset, 5 PD Bengkalis Ikuti Koordinasi Supervisi KPK se-Riau
- Kuansing Kembali Raih WTP untuk 9 Kalinya
- Monumen Pesawat F-86 Avon Sabre Bakal Dipindahkan Kawasan Lanud Rsn


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com