Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 4 Juli 2020 18:32
Hari Ini Riau Termasuk Provinsi Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Pada Kasus Baru

Sabtu, 4 Juli 2020 17:35
Riau Masuk Delapan Nominasi API

Sabtu, 4 Juli 2020 17:20
Wujudkan Mini Data Center, Diskominfo Inhil Kunjungi Data Center Pekanbaru

Sabtu, 4 Juli 2020 17:16
Antisipasi Penyebaran Covid 19, Dewan Minta Pelabuhan di Pekanbaru Diperketat

Sabtu, 4 Juli 2020 17:08
Cari Kerja di Pelalawan, Saat Test Kesehatan Warga Sumut Ternyata Positif Covid-19

Sabtu, 4 Juli 2020 16:23
Satu Pegawai Positif Corona, Sport Station di Mal Pekanbaru Tutup Semetara

Sabtu, 4 Juli 2020 13:20
Gubri dan Pangdam Cek Kesiapan Sebelum Peresmian Tol Permai

Sabtu, 4 Juli 2020 08:27
SIM Internasional Kini Dapat Diurus Secara Online

Sabtu, 4 Juli 2020 07:47
Bupati Kuansing Tandatangani MoU Tambang Bebas Mercury dengan Kemen LHK

Jum’at, 3 Juli 2020 21:08
Ketua Syuro PKB Riau Doakan Hafit Syukri - Erizal Menang di Pilkada Rohul



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 26 Juni 2020 17:49
Sambangi Dirjen SDA, Gubri Ingin Gesa Pembangunan Infrastuktur

Gubri kembali melakukan lawatan kerja ke Jakarta, salah satunya bertemu Dirjen SDA Kementerian PUPR.

Riauterkini - PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali melakukan roadshow ke Pemerintah Pusat. Pada Jumat (26/6/20) pagi, Gubri diterima Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko.

Gubri datang bersama anggota Komisi V DPR RI dapil Riau Syahrul Aidi Maazat dan Kadis PUPR Pemprov Riau M Taufiq OH serta Kaban Penghubung Provinsi Riau, Erisman Yahya. Sementara Dirjen SDA didampingi sejumlah pejabat setingkat direktur di lingkungan Ditjen SDA.

Dalam paparannya, Gubri menjelaskan bahwa Provinsi Riau dialiri 4 sungai besar, yakni Sungai Siak, Rokan, Kampar dan Indragiri. "Itu belum termasuk sungai-sungai kecil," ungkapnya.

Selain kondisi sungai yang semakin dangkal, jamak terjadi longsor yang merusak jalan. Baik jalan provinsi maupun kabupaten.

Oleh sebab itu, karena penanganan 4 sungai besar ini menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, Gubri berharap ada perhatian yang serius.

Gubri juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III dan V yang menangani 4 sungai.

Hanya khusus dengan BWSS V karena keberadaannya di Sumbar, kadang komunikasi dan koordinasi belum berjalan seperti yang diharapkan. "Padahal Sungai Indragiri ada di bawah kewenangan BWSS V," sebut Gubri.

Gubri juga menyebut tingginya abrasi di sepanjang pantai di Riau khususnya wilayah pesisir. Ada sepanjang 160 km terjadi abrasi. "Ini kalau terus dibiarkan, bahkan satu pulau bisa hilang," ulasnya.Namun Gubri bersyukur penanganan abrasi di Riau ini sudah masuk RPJMN.

Di sisi lain, Gubri juga menyebutkan pentingnya pembangunan irigasi di sejumlah tempat di Riau untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya padi.

"Hari ini Riau masih tergantung kepada provinsi tetangga. Padahal Riau punya potensi yang sangat baik untuk tanaman padi," ucap Gubri seraya mengungkap keberhasilan dirinya membangun sawah dan meningkatkan produksi padi saat menjabat Bupati di Kabupaten Siak.

Sementara Syahrul Aidi mengungkapkan pentingnya sinergi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten. "Jangan ada bupati yang langsung saja ke pusat tanpa berkoordinasi dengan Gubernur," tegasnya.

Politisi PKS itu menyatakan tekadnya mengawal pembangunan infrastruktur terutama untuk Provinsi Riau yang menjadi basis konstituennya. Apalagi ia ditugaskan di Komisi V DPR yang antara lain membidangi masalah infrastruktur. Dalam pada itu, Dirjen SDA Jarot Widyoko mengaku mengapresiasi kedatangan Gubri ke Kementerian PUPR.

"Kami akan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kami," katanya seraya meminta para direktur yang hadir untuk mencatat berbagai aspirasi dan masukan yang disampaikan Gubri. Dirjen SDA juga sempat menyampaikan masukan kepada Gubri terkait pentingnya pembuatan sumur-sumur resapan.

Menurut dia, sumur-sumur resapan akan berfungsi sebagai tabungan. Sehingga jika terjadi musim kemarau, sumber-sumber air tidak cepat kering dan jika musim hujan tiba, sungai-sungai tidak cepat meluap.

Saat ini ada 7.900 sungai di Indonesia dan 4 ribuan diantaranya menjadi kewenagan Ditjen SDA. Sebelumnya, Gubri juga sempat bertemu dengan Direktur Pembiayaan Infrastruktur Kemenpupr Ir H Herry TZ, MT.

Dalam pertemuan itu, Gubri mengungkapkan kondisi jalan di Provinsi Riau khususnya jalan provinsi sepanjang lebih-kurang 2.800 km, dimana kondisinya banyak yang rusak.

Kondisi APBD Riau yang terbatas tidak mungkin mampu membangun seluruhnya. Perlu anggaran triliunan rupiah. Untuk itu, Gubri meminta perhatian serius Pemerintah Pusat. Apalagi kontribusi Riau terhadap negara sangat besar.

Dalam pertemuan itu juga disepakati bagaimana memanfaatkan seluruh potensi yang ada untuk bersama-sama membangun infrastruktur jalan.Mulai dari APBN, APBD, termasuk perusahaan-perusahaan pengguna jalan yang juga harus bertanggungjawab atas perbaikan jalan.

Untuk itu perlu dibentuk tim khusus yang akan melakukan kajian, sehingga seluruh potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal. Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR siap membantu untuk hal itu. ***(mok)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Hari Ini Riau Termasuk Provinsi Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Pada Kasus Baru
- Riau Masuk Delapan Nominasi API
- Wujudkan Mini Data Center, Diskominfo Inhil Kunjungi Data Center Pekanbaru
- Cari Kerja di Pelalawan, Saat Test Kesehatan Warga Sumut Ternyata Positif Covid-19
- Satu Pegawai Positif Corona, Sport Station di Mal Pekanbaru Tutup Semetara
- Gubri dan Pangdam Cek Kesiapan Sebelum Peresmian Tol Permai
- 6 Pasien Positif Covid-19 Inhil Sembuh
- Seorang Karyawan di Mal Pekanbaru Positif Covid-19
- Tracing dari Ibu, Ayah dan Anak di Kuansing Positif Covid-19
- Beri Bantuan Perlengkapan Bagi MPA, Bupati Inhil Apresiasi 2 Grup Perusahaan
- Desak KPK Periksa Bapak Pembangunan Bengkalis, HMPP Riau Gelar Aksi di Polda Riau
- CATAR, Aplikasi Transportasi Antar Jemput Makanan Karya Anak Muda Bengkalis
- Peringatan Bagi Direksi, BUMD Kinerja Rendah Siap-siap Diganti
- Dibangunkan Jalan, Warga Desa Api-api, Bengkalis Sampaikan Ucapan Terima Kasih ke TMMD
- Jumat Berkah, Srikandi Masuri Tebar Ratusan Nasi Kotak di Duri
- Dimakamkan di TPM, Prajurit TNI Warga Pekanbaru Gugur dalam Tugas PBB di Kongo
- Pemadaman Dikerahkan 3 Helikopter, Lahan Gambut di Pulau Rupat Terbakar
- Komisi III Minta Bapenda Bengkalis Genjot PAD
- Bupati Kuansing Bagikan Benih Padi dan Pupuk Gratis ke Masyarakat
- Jubir GT Covid - 19 Kuansing Jelaskan Dua Macam Rapid Test


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com