Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 23 Januari 2021 11:04
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo Positif Covid-19

Jum’at, 22 Januari 2021 21:13
Rangkaian HPN, 10 Desa Direncanakan Terima PWI Inhil Award 2021

Jum’at, 22 Januari 2021 20:29
BB Chip Judi High Domino Hilang, Polres Meranti Indentifikasi Pelaku

Jum’at, 22 Januari 2021 19:33
1 Sembuh, Penambahan Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Tidak Ada

Jum’at, 22 Januari 2021 19:27
Jumlah Pasien Sembuh Lebih Banyak Dibanding Terkonfirmasi

Jum’at, 22 Januari 2021 17:35
Pemkab Inhil Terima Bantuan CSR PT. Bank Riau Kepri

Jum’at, 22 Januari 2021 17:22
1 Dasawarsa, Penduduk Riau Nambah 855.720 Jiwa

Jum’at, 22 Januari 2021 16:30
Polda Riau Pertimbangkan Panggil Wako Firdaus Dalam Kasus Sampah

Jum’at, 22 Januari 2021 16:24
Wagub Ingin PKS Sejalan Wujudkan Riau Lebih Baik

Jum’at, 22 Januari 2021 14:02
Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 24 Nopember 2020 07:51
Pj. Bupati Membuka MTQ ke-45 Kabupaten Bengkalis

Meskipun berbeda dengan tahun lalu karena dampak pandemi Covid-19. Pembukaan MTQ Bengkalis tetap berlangsung hikmat dengan menjalankan Prokes secara ketat.

Riauterkini-BENGKALIS- Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 1442 H/2020 M, Senin (23/11/20) malam di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi, perhelatan MTQ tahun ini wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sejumlah kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan harus ditiadakan seperti pawai takruf sebelum pembukaan secara resmi dilakukan. Kemudian biasanya MTQ kabupaten menunjuk tuan rumah kecamatan juga harus dibatalkan, dan hanya digelar di lokasi yang bisa diterapkan Prokes secara ketat.

Pembukaan MTQ berlangsung di halaman Masjid Agung Istiqomah Jalan Pattimura-Sudirman Bengkalis ini, juga dilakukan pembatasan undangan maupun masyarakat yang hadir. Dua arah jalan tersebut terpaksa ditutup sementara.

Bagi undangan yang hadir dan akan memasuki areal lokasi MTQ diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disiapkan panitia, dan duduk dengan menjaga jarak.

Abdi dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang terus dilaksanakan, untuk mencari bibit unggul qori dan qoriah, hafidz-hafidzah, khottot-khototah di Kabupaten Bengkalis. Namun, yang tak kalah pentingnya, pelaksanaan MTQ ini juga memiliki nilai-nilai syiar Islam melalui Alquran yang senantiasa harus dijaga kemurniannya dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejalan dengan tema MTQ ke-45 tahun ini, “Merangkai kehidupan berlandaskan Alquran menuju Kabupaten Bengkalis yang maju dan sejahtera”.

“Jadikan keikutsertaan dalam MTQ kali ini, sebagai salah satu upaya untuk memelihara kesucian Alquran dan mengembangkan syiar Islam, juga harus membawa manfaat bagi kemaslahatan ummat serta harus menjadi bagian penting dalam mengaktualisasikan nilai-nilai universal Islam dengan baik dan benar,” ujar Abdi.

Selanjutnya Abdi berharap melalui pelaksanaan MTQ ini, generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi semata, akan tetapi juga diperkuat dengan ilmu agama sebagai pondasi dalam kehidupan, agar generasi muda Kabupaten Bengkalis terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme.

Senada disampaikan Ketua Pelaksana MTQ, H. Bustami HY, maksud dilaksanakan MTQ  adalah sebagai media silaturrahim yang efektif, ukhuwah islamiyah mempersatukan umat.

Sekaligus menyeleksi bibit yang akan diutus Kabupaten Bengkalis pada helat MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Riau. MTQ Kabupaten Bengkalis tahun ini akan dilaksanakan 22 November-2 Desember 2020 mendatang. Cabang-cabang yang diperlombakan antara lain, cabang tilawah tartil putra putri, anak-anak putra atau putri, remaja putra putri, qiraat sabah muratal putra putri, muna hifdzil quran dan satu jus tilawah putra dan putri.

Adapun jumlah peserta kafilah 377 orang terdiri dari utusan Kecamatan Bengkalis 45 orang, Bantan 43 orang, Bukit Batu 49 orang, Siakkecil 42, Pinggir 40 orang, Rupat 33 orang, Rupat Utara 32 orang, Bandar Laksamana 33 orang, Bathin Solapan 39 orang, LPTQ 22 orang.

Sedangkan yang yang tidak mengutus helat MTQ tahun ini ada dua kecamatan, yakni Kecamatan Mandau dan Kecamatan Talang Muandau.

Qori Internasional Memukau

Qori Internasional dari Provinsi Jambi, H. Abdullah Fikri, tampil memukau di pembukaan MTQ ke-45 Kabupaten Bengkalis.

Kehadiran qori jemputan tersebut untuk melantunkan ayat-ayat suci Alquran menjadi salah satu penampilan yang ditunggu-tunggu undangan yang hadir maupun para utusan kafilah peserta MTQ.

Pj Bupati H. Syahrial Abdi terpukau saat mendengar lantunan ayat suci Ustadz H. Abdullah Fikri, dengan suara yang merdu dan alunan lagu yang syahdu membuat hati bergetar.

"Kami berharap dengan kehadiran Ustadz Fmampu memberikan motivasi serta contoh bagi peserta MTQ," ucap Abdi.

Tampak hadir dalam pembukaan MTQ ini Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, S.I.K, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Lizardo Gumay, Sekda Bengkalis H. Bustami HY.

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Herawati, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj. Akna Juwita, Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj. Umi Kalsum, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis H. Heri Indra Putra, Ketua MKA LAMR Datuk Seri Zainuddin Yusuf, Ketua Baznas H. Ali Ambar, serta tamu undangan lainnya.***(dik/inf)



Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Rangkaian HPN, 10 Desa Direncanakan Terima PWI Inhil Award 2021
- 1 Dasawarsa, Penduduk Riau Nambah 855.720 Jiwa
- Prajurit Kodim 0314 Inhi Latihan di Lapangan Tembak Baru
- Ditolak PT, Kontraktor Penggugat Rp1,2 Miliar Hutang PUPR Riau Berlanjut ke Kasasi
- Kampung Tangguh Polres Bengkalis Juara I Riau
- AMSI Riau Bersiap Taja Konferwil II, Usung Semangat Bangun Media Profesional dan Berintegritas
- Meski Pandemi, Pacu Jalur 2021 Tetap Dibiaya APBD Kuansing
- Kapolres Rohul Ajak Upika Kepenuhan Ikut Mengantisipasi Konflik Sosial
- Pemprov Riau Dorong Pusat Bangun Dermaga dan Kapal Roro di Inhil
- Dua Orang Gila Diamankan Tim Satgas Dinsos Pekanbaru
- Jadi Kurir Wakaf, Relawan Pekanbaru Charity Bagikan Buku Sirah Nabawiyah dan Al Quran ke Pelosok Indragiri Hilir
- KSOP Bengkalis Ingatkan Cuaca Ekstrim di Laut
- Personil Polres Inhil Rutin Lakukan Kegiatan Binrohtal
- ODGJ Marak, Dinsos Pekanbaru Gandeng Dompet Duafa
- Bupati Kuansing Tinjau Pembangunan Pustaka
- Ulang Tahun ke 41, Kapolres Inhil AKBP Dijamu Ketua DPRD Inhil Makan Bersama
- Rutan Pekanbaru Kembali Terima 40 Tahanan Baru
- Sekda Pekanbaru: Gaji ASN Segera Cair
- Pekan Depan Bengkalis Terapkan Belajar Tatap Muka
- IKDR Inhil Apresiasi Rencana Wisata Jurnalistik PWI ke Pantai Terumbu Mablu Sei Bela


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com