Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Kamis, 24 Juni 2021 13:14
Pemilik PT. ANN Terjerat Korupsi Proyek MY Peningkatan Jalan Lingkar Bengkalis Diadili

Kamis, 24 Juni 2021 12:48
Aparat Bandar Sei Kijang Bersiaga di Pos Pantau

Kamis, 24 Juni 2021 12:47
Seorang Oknum Personil Polres Pelalawan Tersangka Pembunuh Janda

Kamis, 24 Juni 2021 12:21
Tegakkan Prokes, Polsubsektor Pelalawan Gencar Operasi Yustisi di Desa Segati

Kamis, 24 Juni 2021 10:52
Warga Bengkalis Terpapar Covid-19 Meninggal Dunia Kembali Bertambah

Kamis, 24 Juni 2021 09:34
Kantor Polsek Pangkalan Kuras Rutin Dilakukan Penyemprotan Disinfektan

Kamis, 24 Juni 2021 09:02
Dua Penambang Emas Ilegal Diamankan Polsek Singingi, Kuansing

Kamis, 24 Juni 2021 07:53
Didukung AMSI, SMSI dan SPS,
Gubri Intruksikan Konsisten Laksanakan Pergub Mitra Media


Kamis, 24 Juni 2021 07:19
Dituduh Peras Bupati, Kejari Kuansing dan Staf Diperiksa Kejati Riau

Rabu, 23 Juni 2021 21:33
Hadiri Pengukuhan Kwartir Pramuka Ranting Mandau,
Bupati Bengkalis Harap Kembalikan Kejayaan Pramuka




Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 6 Mei 2021 08:51
Sambut Inpres Jamsostek, Menko Perekonomian Dorong Perlindungan Penerima KUR Kecil

Menko Perekonomian minta adanya perlindungan penerima KUR kecil. Implementasi Inpres Jamsostek.

Riauterkini - JAKARTA - Usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek), BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) terus melakukan koordinasi dengan seluruh Kementerian dan lembaga guna mempercepat pelaksanaan perintah dari presiden itu.

Setelah sebelumnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini giliran Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian yang menyatakan dukungannya terhadap implementasi inpres tersebut.

Komitmen dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto di sela-sela kegiatan audiensi bersama dengan Direksi dan Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK yang bertempat di Gedung Ali Wardhana Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/21). Airlangga didampingi oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiarso, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Moh. Rudy Salahuddin, dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang 1,5 jam.

“Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, sebab dengan terjaminnya perlindungan para pekerja, produktivitas mereka meningkat, sehingga perekonomian dapat segera pulih,"ujar Airlangga.

Pihaknya juga mengapresiasi langkah-langkah BPJAMSOSTEK yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional di antaranya melalui program Bantuan Subsidi Upah dan Relaksasi Iuran."Dua program tersebut dianggap mampu mempertahankan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas keuangan,"tambahnya.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo, mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder Pemerintah, terutama Kementerian, Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah dalam mendukung Inpres 2/2021 ini.

"Bentuk dukungan riil yang bisa dilakukan oleh Kementerian, Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah selain dengan mendaftarkan pegawai Non-ASN juga dengan cara menerbitkan peraturan atau regulasi yang mendukung implementasi Inpres Nomor 2/2021,"ujar Anggoro.

Sesuai dengan Inpres tersebut, Menko Perekonomian secara spesifik diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan upaya agar peserta Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi peserta aktif program Jamsostek dan juga menyempurnakan regulasi terkait pelaksanaan KUR.

"Berdasarkan data yang kami miliki, ada sekitar 13 juta pekerja yang masih belum terlindungi, terdiri dari penerima KUR Bank Himbara dan non-Himbara tahun 2020 hingga 2021, serta penerima Kartu Pra kerja tahun 2020  dan kuartal I 2021,"papar Anggoro.

  Dengan masih banyaknya penerima KUR yg belum terlindungi, Anggoro mengharapkan dukungan dari Kemenko Perekonomian dan Kementerian terkait di jajarannya untuk secara aktif bersama-sama dengan BPJAMSOSTEK agar Inpres dimaksud dapat berjalan dengan baik.

Dituturkan Airlangga jika pada rapat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Senin (3/5) yang lalu telah diputuskan beberapa perubahan kebijakan KUR, salah satunya adalah para penerima KUR kecil dapat menjadi peserta aktif program Jamsostek. “Saya harap besaran iurannya tidak memberatkan para pelaku usaha kecil tersebut,"tambah Airlangga.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Duri, Achiruddin mengatakan bahwa penerima KUR dapat dipastikan mempunyai usaha kecil yang merupakan mata pencaharian yang bersangkutan, oleh sebab itu mereka juga sangat berhak atas jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai perlindungan terhadap pendapatan mereka dari risiko sosial ekonomi. BPJAMSOSTEK selaku penyelenggara yang dibentuk oleh Negara akan semaksimal mungkin memperluas cakupan peserta tanpa mencari keuntungan atasnya.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga penyerahan simbolis sertifikat kepesertaan oleh Direktur Utama BPJAMSOSTEK kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian serta kartu kepesertaan kepada 3 perwakilan PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) di lingkungan Kemenko Perekonomian.*(rls/hen)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Aparat Bandar Sei Kijang Bersiaga di Pos Pantau
- Tegakkan Prokes, Polsubsektor Pelalawan Gencar Operasi Yustisi di Desa Segati
- Kantor Polsek Pangkalan Kuras Rutin Dilakukan Penyemprotan Disinfektan
- Didukung AMSI, SMSI dan SPS,
Gubri Intruksikan Konsisten Laksanakan Pergub Mitra Media

- Hadiri Pengukuhan Kwartir Pramuka Ranting Mandau,
Bupati Bengkalis Harap Kembalikan Kejayaan Pramuka

- Pemkab Inhu Hadiri Pencanangan Penurunan Stunting Secara Virtual
- Pendaftaran Online PPDB SMA/SMK Negeri di Riau Dimulai 28 Juni
- Diapresiasi Gubri, PT RAPP Dukung Program Cegah Stunting di Riau
- Taja Mitsubishi Motors Supermarket Exhibition, MMKSI Hadirkan Produk Edisi Spesial dan Penawaran Menarik
- Pesawat TMC Segera Didatangkan ke Riau
- Ibu dan adiknya Tewas, Kondisi Dua Bocah Korban Terbakar di Kuansing Membaik
- Petugas Rutan Pekanbaru Gagalkan Penyeludupan Handhone Dalam Paket Makanan
- Ratusan Warga Terserang Penyakit Kulit, Tomas Sebut Akibat Limbah PT Arara Abadi
- Pelantikan PWI Rohil Dijadwalkan 15 Juli 2021
- Wakapolres Pelalawan Minta Petugas Posko PPKM Tetap Semangat Awasi Prokes
- Sambut HUT, Polsek Langgam Gelar Giat Bakti Sosial
- HUT ke-75 Bhayangkara, Ratusan Anak di Bengkalis Ikuti Khitanan
- Tingkatkan Kesadaran Warga, Polsubsektor Pelalawan Intensif Razia Masker
- Rangkaian Kunker Kehumasan, KPU Riau Sambangi Ombudsman
- Kapolsek Bandar Sei Kijang Pimpin Penertiban Prokes


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com