Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 31 Juli 2021 13:16
Waspada, Penambahan Kasus Covid-19 di Bengkalis 100 Orang Perhari

Sabtu, 31 Juli 2021 09:50
Apical Group Bagikan 500 Paket Bantuan ke Masyarakat Terdampak Covid-19 di Balikpapan

Sabtu, 31 Juli 2021 09:40
Pasien Covid-19 di Kuansing Tambah 62 dan Sembuh 55

Sabtu, 31 Juli 2021 09:38
Bupati Bengkalis Serahkan Bahan Pokok ke Pengendara Bemo

Sabtu, 31 Juli 2021 07:16
Belum Penuhi Komitmen Terkait Adat, LAM Riau Somasi Pertamina

Sabtu, 31 Juli 2021 07:10
Razman A Nasution Duga Ada Bujuk Rayu Hingga Kasus H Pertama Akan Dihentikan

Jum’at, 30 Juli 2021 22:17
Tujuh Hektar Lahan Gambut di Bengkalis Terbakar

Jum’at, 30 Juli 2021 20:48
Perempuan Ditemukan Mengapung Teryata Warga Gatot Soebroto Bengkalis

Jum’at, 30 Juli 2021 18:18
Kesal Istri Diganggu Korban, Seorang Pemuda Mandah Nekat Membunuh

Jum’at, 30 Juli 2021 17:41
DPRD Kuansing Setujui LKPJ Bupati 2020



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 24 Juni 2021 21:23
Kunker ke Lanud Rsn, Kasau Tinjau Latma TNI AU-USPACAF Amerika

Kasau kunker ke Lanud Rsn. Orang nomor satu dijajaran TNI-AU ini pantau langsung Latma dengan USPACAF Amerika.

Riauterkini - PEKANBARU - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, lakukan kunjungan kerja ke Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, Kamis (24/6/21).

Orang nomor satu di jajanan TNI-AU itu, berkesempatan meninjau pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) dengan TNI Angkatan Udara dengan United State Pacific Air Force (USPACAF) Amerika Serikat, dengan sandi cope west 2021 yang masih berlangsung di Rsn Pekanbaru.

Setelah menerima laporan dari Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Andi Kustoro dan Jajar Kehormatan di apron baseops, Kasau dan rombongan menuju gedung Air Combat Manuvering Instrumentation (ACMI) guna meninjau ruang Base Central Debrief System (BCDS).

BCDS merupakan fasilitas latihan yang berfungsi memantau seluruh pergerakan pesawat saat melaksanakan latihan pertempuran di udara. Terrmasuk saat pesawat melaksanakan penembakan, baik menggunakan roket, bom, maupun melihat akurasi dari hasil penembakan tersebut.

BCDS juga mampu menampilkan secara audio visual, saat pesawat sedang melaksanakan latihan pertempuran udara secara real time. Fasilitas latihan ini turut digunakan saat Latma Cope West 2021 yang telah berlangsung sejak 14 Juni 2021. Melalui layar monitor di ruang BCDS, ditampilkan jalannya latihan pertempuran udara, sebagai bahan evaluasi pada saat debrief yang diikuti oleh peserta latihan.

Pada saat di ruang BCDS, Kasau menerima laporan pelaksanaan latihan Cope West 2021 yang disampaikan oleh Kolonel Pnb Jajang Setiawan, selaku Direktur Latihan dari TNI AU.

Dipaparkannya, diawali dengan penyampaian sejarah penyelenggaraan latihan cope west pertama di Medan pada tahun 1995, hingga Cope West 2021 di Lanud Roesmin Nurjadin saat ini. "Materi latihan diantaranya, berkaitan dengan Basic Fighter Manuver (BFM), Air Combat Manuver (ACM) dan Air Combat Tactic (ACT)," papar Kolonel (Pnb) Jajang, juga menjabat sebagai Danwing 6 Lanud Rsn.

Selain melaksanakan materi latihan di atas, Cope West 2021 juga melaksanakan latihan pertempuran udara jarak jauh atau Beyond Visual Range (BVR). Materi ACT dengan BVR ini sudah dapat dilaksanakan, karena pesawat F-16 TNI AU yang telah diupgrade melalui program Falcon Star E_MLU telah didukung dengan teknologi dan persenjataan rudal air to air yang memadai.

Pada laporannya tersebut, Kolonel Jajang juga memaparkan, tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah, mulai dari kedatangan maupun selama latihan berlangsung.

Masih di ruang BCDS tersebut, Kasau juga menerima penjelasan teknis, tentang pelaksanaan latihan ACT BVR yang disampaikan oleh Danskadron Udara 16, Letkol Pnb Andre Setiawan. Latihan ini diperankan oleh 4 pesawat F-16 TNI AU menghadapi 4 pesawat F-16 USPACAF.

Kasau berharap pelaksanaan latihan Cope West pada tahun berikutnya, agar direncanakan dengan mempertimbangkan berbagai platform lainnya.

"Salah satunya adalah materi air refueling yang menggunakan pesawat tanker," kata Kasau.

Selain itu, Kasau juga menekankan, agar latihan-latihan yang diselenggarakan dijadikan kesempatan guna meningkatkan kemampuan. Termasuk juga dalam membina penerbang-penerbang muda TNI AU yang butuh pengalaman dalam melaksanakan suatu misi operasi udara.

Pada peninjauan ini, Kasau dan rombongan juga menyempatkan diri melihat pesawat F-16 USAF dari 13th Fighter Squadron USPACAF yang berada di shelter charlie Lanud Roesmin Nurjadin.

Latihan Bersama Cope West merupakan ajang berlatih, berbagi ilmu dan berbagi pengalaman antar penerbang tempur pesawat F-16 TNI AU dengan USPACAF.

Pada Latma ini, TNI AU melibatkan sejumlah pesawat F-16 dari dua skadron tempurnya, Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Sementara USAF melibatkan 6 unit F-16 yang berasal dari 13th Fighter Squadron USPACAF yang berpangkalan di Misawa, Jepang.

Turut mendampingi Kasau saat kunjungan kerja ini, sejumlah pejabat utama jajaran TNI AU, diantaranya Dankodiklatau, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Asops Kasau, Pangkoopsau I, Kadisopslatau, Kadisaeroau, Kadiskomlekau, dan Kadispenau.***(mok)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Bupati Bengkalis Serahkan Bahan Pokok ke Pengendara Bemo
- AMSI Luncurkan Riset Lanskap Media Digital Indonesia
- Tinjau Vaksinasi, Ini Pesan Gubri
- Dampak PPKM Level 4, Penyekatan Jalan di Pekanbaru Picu Horor Kemacetan
- Bangun 1,2 Kilometer Jalan, PTPN V Buka Akses 11 Desa di Inhu
- Bupati Meranti Salurkan Beras PPKM ke Masyarakat
- Disetujui DPRD, Pemkab Kuansing Memiliki 4 OPD Baru
- Kian Mengkawatirkan, Kasus Positif Corona di Riau Bertambah 2.096 Orang
- Inovasi Holistik PT RAPP, 15 Desa di Pelalawan Ikut Program Desa Bebas Api
- RS Darurat Covid-19 di Riau Bakal Segera Dioperasikan
- Studi Banding PWI Rohil ke PWI Bengkalis Hasilkan Tiga Konsep Terapan
- Gubri Hadiri Rakorbangnas BMKG Tahun 2021 Secara Virtual
- Lapas Kelas IIB Telukkuantan Salurkan Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu
- Lagi, Meranti Raih Peringkat Pratama Kabupaten Layak anak Nasional
- Dibantu Oksigen Liquid, Wagub Sumbar Apresiasi Pemprov Riau
- Lanal Dumai Buka Pendaftaran Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL
- Sandiaga Uno: Desa Wisata Menjadi Game Changer di Tengah Pandemi
- Polres Inhil Kembali Lakukan Kegiatan Gerai Bansos
- Seribu Warga Binaan Rutan Pekanbaru Diberi Vaksin Covid-19
- Carut Marut Penyeberangan Bengkalis-Pakning,
Bupati : Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan



Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com