Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Selasa, 28 September 2021 07:55
Sembuh 7, Pasien Positif Covid - 19 Kuansing Bertambah 1 Orang

Senin, 27 September 2021 21:27
Kemeriahan MTQ ke - II, Ini Harapan Lurah Duri Timur

Senin, 27 September 2021 20:52
Bank Riau Kepri Masuk 10 Terbaik se Indonesia dalam Mendukung Program Perumahan Pemerintahan Jokowi

Senin, 27 September 2021 19:39
Pemprov Gratiskan Rapid Antigen Untuk Pelamar CPNS

Senin, 27 September 2021 17:09
Bupati Kuansing Resmikan Pasar Pokan Selasa Desa Teluk Pauh

Senin, 27 September 2021 17:07
Bawa Kabur Sepeda Motor Warga Riau, Pria Asal Sibuhuan Ditangkap Polisi Rohul

Senin, 27 September 2021 15:58
Tekan Kecelakaan di Tol Permai, PT HK Pasang 20 Rumble Strip dan 15 Lampu Flip Flop

Senin, 27 September 2021 15:33
Empat Poin Penting Putusan Rapimwil PPP Riau

Senin, 27 September 2021 13:12
Wako Paisal Lantik Indra Gunawan Sebagai Sekda Kota Dumai

Senin, 27 September 2021 11:37
Bupati Kuansing Kembali Ingatkan Prokes Diperketat Saat Sekolah PTM



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 28 Juli 2021 20:45
Sandiaga Uno: Desa Wisata Menjadi Game Changer di Tengah Pandemi

STP Riau didukung SKK Migas –PT CPI menggelar Webinar "Membangun Daya Saing Pariwisata Berbasis Potensi Lokal". Menparekraf ikut Webinar tersebut.

Riauterkini-PEKANBARU-Program Desa Wisata dapat menjadi salah satu motor kebangkitan perekonomian nasional dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi. Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika membuka webinar nasional bertajuk “Membangun Daya Saing Pariwisata Berbasis Potensi Lokal, UMKM, Digitalisasi dan Ekonomi Kreatif ” yang ditaja Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau dan didukung oleh SKK Migas – PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) pada Rabu (28/7/21.

“Desa Wisata bisa menjadi game changer dalam membangkitkan perekonomian nasional dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Kita butuh KolaborAksi, berkolaborasi dan mengambil aksi dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut,” kata menteri kelahiran Pekanbaru tersebut.

Dalam webinar itu dikupas strategi dan peran berbagai pihak dalam membangun daya saing pariwisata, khususnya melalui program desa wisata.

Di Riau, salah satu desa wisata yang meraih penghargaan nasional dari Kemenparekraf adalah Desa Wisata Kampung Patin yang berada di Kabupaten Kampar. Penghargaan itu diraih pada akhir tahun lalu. Desa Wisata Kampung Patin merupakan binaan SKK Migas – PT CPI yang menggandeng STP Riau sebagai mitra pelaksana. Konsep yang dikembangkan adalah wisata berbasis komunitas (community based tourism/ CBT). CBT merupakan konsep pengembangan destinasi wisata melalui pemberdayaan masyarakat lokal yang mempertimbangkan aspek keberlanjutan lingkungan, sosial, dan budaya. Secara garis besar, konsep CBT berupaya membangun keterampilan komunitas dan menjaga konservasi lingkungan.

Webinar nasional diikuti lebih dari 180 peserta. Bergabung juga dalam webinar tersebut adalah Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rahmat, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Bararekraf Kemenparekraf RI Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, MM, Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, dan VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin.

“SKK Migas dan PT CPI ingin berkontribusi terhadap upaya pemerintah dalam menggalakkan sektor pariwisata. Pengembangan wisata berbasis komunitas menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di wilayah Koto Masjid Kampung Patin sekaligus memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” kata VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin dalam sambutannya.

Kerja sama multipihak yang memiliki komitmen selaras, lanjut dia, menjadi kunci sukses pelaksanaan program. Pendanaan Program CBT ini melalui mekanisme cost recovery.

"Komitmen dari PT. Chevron Pacific Indonesia untuk melakukan pendampingan Desa Wisata perlu kita apresiasi menjelang berakhirnya kontrak di WK Rokan. Komitmen tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari perusahaan,” tutur Rikky Rahmat Firdaus selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut.

Sektor hulu migas, lanjut dia, terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan potensi lokal di sekitar daerah operasional industri migas. Rikky menilai, peningkatan ekonomi kreatif dan digitalisasi merupakan salah satu langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan potensi lokal di daerah saat ini.

Program CBT ini memberikan beberapa pendampingan ke desa wisata di antaranya pada bidang pemandu wisata, identifikasi potensi objek wisata, penginapan (homestay), dan kuliner. Selain pendampingan, juga diberikan pelatihan terkait promosi dan pemasaran digital, peningkatan suvenir berbasis budaya lokal, dan usaha saing. Program ini telah berjalan sejak Mei 2020 lalu.

Hasil dari program ini, antara lain, lahirnya dua objek wisata baru, yakni Goa Rambut Emas dan Sungai Gagak. Kemudian, produk olahan daging ikan patin di desa tersebut juga lebih dikembangkan menjadi fish burger, otak-otak, bakso goreng, siomay, tekwan, empek-empek, hingga kerupuk kulit patin.

Untuk sektor homestay di sekitar Desa Koto Mesjid, jumlahnya kini meningkat menjadi 30 unit dibandingkan sebelumnya yang hanya sembilan unit. Masyarakat juga dilatih tentang standar homestay di Indonesia maupun protokol kesehatan lokasi wisata di tengah pandemi.

Sektor pariwisata; Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM); dan Ekonomi Kreatif ditargetkan memberikan kontribusi yang terus meningkat terhadap ketahanan ekonomi Indonesia khususnya di masa pandemi. Upaya tersebut memerlukan kualitas dan jumlah wisatawan. Daya saing destinasi dan industri pariwisata nasional ditargetkan meningkat dalam daftar peringkat Travel And Tourism Competitiveness Index (TTCI).*(H-we)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Kemeriahan MTQ ke - II, Ini Harapan Lurah Duri Timur
- Bank Riau Kepri Masuk 10 Terbaik se Indonesia dalam Mendukung Program Perumahan Pemerintahan Jokowi
- Pemprov Gratiskan Rapid Antigen Untuk Pelamar CPNS
- Tekan Kecelakaan di Tol Permai, PT HK Pasang 20 Rumble Strip dan 15 Lampu Flip Flop
- Empat Poin Penting Putusan Rapimwil PPP Riau
- Wako Paisal Lantik Indra Gunawan Sebagai Sekda Kota Dumai
- Layanan Pengujian KIR di Kuansing Kini Berbasis Elektronik
- Kumpulkan 450 Juta dari Balontum, Musda HIPMI Riau Masih Diragukan Legitimasinya
- Tekad Syamsurizal Tegakan PPP di Riau Setelah Terjerembab 2019 Lalu
- Rapimwil Tetap Dibuka, Pelantikan Pengurus DPW PPP Riau Diundur Akhir Oktober Secara Serentak
- Bupati Pelalawan Ungkapkan Kesedihan di Milad ke 1 Rumah Relawan Dhuafa
- Tol Pekanbaru-Dumai Dibangun tak Semata Bisnis
- Satu Tahun Beroperasi, Ada 86 Kasus Kecelakaan, 11 Meninggal di Tol Pekanbaru-Dumai
- Dinas PUPR Riau Diminta Segera Perbaiki Jembatan Sungai Mesjid Dumai
- Jumat Barokah, Jamaah Dhuafa Masjid Ikhlas LBT Dapat Paket Sembako
- Hari Tani, BPP Bantan Salurkan Ratusan Benih dan Sayuran ke Masyarakat
- Aliansi Peduli Lingkungan Nagan Raya Aceh akan Adopsi Penanganan Gambut Riau
- Jalin Kemitraan, BRI Cabang Duri Semeja Bareng Wartawan
- Loncati Pagar, Petugas Rutan Pekanbaru Gagalkan Upaya Pelarian Tahanan
- Berencana Dirikan BUMD Bidang Agro, Kabiro Ekonomi Sumbar Kunjungi PT SPR


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com