Home > Sosial & Budaya >>
Berita Terhangat..
Rabu, 22 September 2021 07:01
Tim BBKSDA Riau Lepas Liarkan Python Reticulatus ke Habitatnya

Rabu, 22 September 2021 06:59
KPU Riau Audiensi ke Kadisdik Riau

Rabu, 22 September 2021 06:56
Puluhan Paket Sembako PT. PCR Kembali Disalurkan ke Masyarakat Mamdau

Selasa, 21 September 2021 20:47
Terkendala SIPD, KUA-PPAS APBD-P 2021 Baru Diterima DPRD Inhu

Selasa, 21 September 2021 18:39
Selain Rusak Parah, Kabel Listrik di Gedung Juang 45 Disikat Maling

Selasa, 21 September 2021 17:34
30 Peserta Calon KPID Riau Lulus Seleksi CAT

Selasa, 21 September 2021 16:34
Kabupaten Inhil Perkuat PPID Desa dengan Perda

Selasa, 21 September 2021 15:05
Beri Semangat Tahanan Lansia, Rutan Pekanbaru Libatkan Minda Briliant

Selasa, 21 September 2021 14:59
Razia Rutin, Lapas Bengkalis Zero HP

Selasa, 21 September 2021 14:23
Disdag Bengkalis Bina dan Latih UMKM Menghadapi Pandemi Covid-19



Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Ahad, 12 September 2021 17:56
Tiba di Kampar, Sandiaga Uno Disuguhi Ritual Budaya dan Olahan Patin

Sandiaga Uno kunjungi Desa Wisata Koto Masjid. Menteri Pariwisata ini disuguhi ritual budaya dan saksikan sentra parekraf suvenir, pembuatan olahan patin, kriya, dan fesyen batik khas Kampar.

Riauterkini - PEKANBARU - Menparekraf Sandiaga Uno tiba di tanah kelahirannya di Pekanbaru, Riau, pada Ahad (12/9/21). Ia datang disambut Gubernur Riau, Syamsuar dan Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat.

Sesudah sampai di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sandiaga langsung bertolak ke Desa Wisata Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Riau.

Selesai menempuh perjalanan 2 jam, Sandiaga tiba di desa wisata yang dijuluki Kampung Patin itu, tepatnya di objek wisata alam Puncak Kompe. Warga desa setempat menyuguhi atraksi seni budaya, tari persembahan, pencak silat perisai, musik tradisional gobano, dan tarian losung.

Di tempat wisata yang mirip Raja Empat itu, Sandiaga menikmati pesona Danau Koto Panjang dan gugusan pulau sembari menelusuri sentra parekraf suvenir, pembuatan olahan patin, kriya, dan fesyen batik khas Kampar.

Lalu, ia juga diajak warga manyaksikan, ritual adat budaya tahunan memperingati desa yang terendam "Mengonang Kampung Lamo" (mengenang kampung lama) asal mula Desa Koto Masjid.

“Hari ini kita melihat bahwa Desa Wisata Koto Mesjid sudah menjadi inspirasi, sudah menjadi satu semangat kita semua untuk kebangkitan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat lokal. Desa Wisata Koto Mesjid membuktikkan bahwa dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan suatu desa,” kata Menparekraf Sandiaga.

Desa Wisata Koto Masjid memiliki beragam kuliner dari olahan ikan patin, diantaranya kerupuk patin, abon patin, bakso patin, siomay patin hingga es dawet patin.

Selain itu, desa peraih 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini, juga memiliki daya tarik wisata rumah produksi kriya dari bambu, lidi sawit, rotan dan pandan. Kemudian, objek wisata alam air terjun sungai gagak, lembah aman, dan talau pusako.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan. Dari jumlah ini, sebanyak 123 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata dengan kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, dan dengan produk wisata atraksi, edukasi, kuliner dan lainnya.

"Alhamdulillah Desa Wisata Koto Masjid di Kabupaten Kampar lolos 50 besar Anugerah Pariwisata Indonesia tahun ini. Insya Allah kedatangan pak Menteri Sandiaga Uno, diharapkan bisa membawa kemajuan sektor pariwisata di Provinsi Riau," ujar Gubernur Riau, Syamsuar.

"Kami memberikan apresiasi program ADWI 2021 Kemenparekraf. Semoga mampu mendorong semua pelaku parekraf sehingga bisa menjadikan desa wisata yang mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak COVID-19," tutur Gubernur Riau.

Desa Koto Wisata Masjid menyediakan 18 homestay yang masih berkonsep rumah warga. Diberi nama Homestay Patin 1 hingga 18. Lalu juga ada rumah daur ulang kreatif sebagai pemanfaatan limbah. Keberadaanya selain untuk mengurangi sampah juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat menjelaskan pada ajang ADWI 2021 dari total 123 desa wisata di Riau, hanya ada 41 desa yang ikut mendaftar. Setelah melalui proses kurasi dewan juri hanya 1 desa dari Riau yang berhasil lolos.

"ADWI 2021 diharapkan mampu menjadi pemantik kebangkitan sektor pariwisata yang saat ini terdampak pandemi COVID-19. Kami optimis program desa wisata terus tumbuh sebagai pariwisata alternatif sehingga sektor pariwisata mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi daerah," tandasnya. ***(mok)

Loading...


Berita Sosial lainnya..........
- Puluhan Paket Sembako PT. PCR Kembali Disalurkan ke Masyarakat Mamdau
- Selain Rusak Parah, Kabel Listrik di Gedung Juang 45 Disikat Maling
- 30 Peserta Calon KPID Riau Lulus Seleksi CAT
- Kabupaten Inhil Perkuat PPID Desa dengan Perda
- Beri Semangat Tahanan Lansia, Rutan Pekanbaru Libatkan Minda Briliant
- Razia Rutin, Lapas Bengkalis Zero HP
- Bukaka Bermasyarakat, Salurkan Puluhan Paket Sembako
- Enam Mahasiswa Unilak Bela Riau di PON Papua, Rektor Doakan Raih Medali
- Program CSR, PT MRP Bangun 500 Lampu PJU-TS di Kabupaten Inhil
- Gandeng Masyarakat, PHR Gelorakan Peduli Lingkungan di Duri
- Rumah Yatim Berikan Bantuan untuk Pembangunan Fasilitas WC Mushola Al Ikhlas
- Evaluasi Pejabat Pemprov Segera Dimulai, tak Berkompeten Siap-siap Non Job
- Gubri Beri Tahniah Untuk Peraih Juara Dua Nasional Lomba Inovasi TTG
- Mubes Ormawa STIE Riau ke-22 Sukses
- Gubri Harap SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar Sudah Dinikmati Warga Tahun Depan
- KPU Riau Berkunjung ke FH Unri
- Said Muhammad Iqbal Hidayatullah dan Dina Aprita Bujang Dara Inhu 2021
- Jelang Musda XII HIPMI Riau, Erwin Edison Sambangi Wako Dumai
- Disambut Bupati Rohil, Calon Ketua HIPMI Riau Erwin Edison Siap Bersinergi Bangun Negeri Seribu Kubah
- Istri Bupati Pelalawan Besuk Warga Penderita Cerebral Palsy


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com