Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 5 Juni 2020 22:12
Riau Urutan Kedua Angka Kesembuhan Covid-19 di Indonesia

Jum’at, 5 Juni 2020 21:56
Kapolsek Bantan, Bengkalis Dimutasi

Jum’at, 5 Juni 2020 21:53
Syamsudin Uti Ditunjuk Jadi Plt Ketua Umum PW KBB Riau

Jum’at, 5 Juni 2020 21:09
Lomba Video Inovasi New Normal Tingkat Nasional, Bupati Inhil Seleksi 7 Video Terbaik

Jum’at, 5 Juni 2020 19:15
PT Ekadura Indonesia Rohul Inovasi Pelayanan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Jum’at, 5 Juni 2020 18:46
Antisipasi Gas Berbahaya, Penggalian Sumur Bor di Lirik Inhu Dihentikan

Jum’at, 5 Juni 2020 18:37
Kasus Pasien Positif Covid-19 Kembali Dilaporkan Nihil, Satu Sembuh

Jum’at, 5 Juni 2020 18:24
Kapolres Rohul Edukasi Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan Menuju Fase New Normal

Jum’at, 5 Juni 2020 18:23
Suhu Badan Dicek, Gubri Apresiasi Jemaah Jalankan Protokol Kesehatan

Jum’at, 5 Juni 2020 17:10
Gubri dan BPKP Launcing Aplikasi Mata Bansos

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 4 April 2019 14:55
Pertama di Provinsi Riau,
102 Operator, Mekanik dan Sopir Dinas PUPR Rohul Ikuti Uji Kompetensi Operator Alat Berat


Sebanyak 102 operator alat berat, mekanik dan sopir di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sebanyak 102 operator alat berat, mekanik dan sopir di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat.

Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat yang dipusatkan di Kantor Dinas PUPR Rokan Hulu yang dilaksanakan selama empat hari, yakni mulai 1 April sampai 4 April 2019.

Kepala Dinas‎ PUPR Kabupaten Rokan Hulu Anton ST, MM, melalui ‎Kepala Tata Usaha (KTU) UPTD Alat Berat dan Laboratorium Dinas PUPR Rokan Hulu Abdul Barri,‎ mengatakan Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat‎ merupakan kerjasama‎ Dinas PUPR Rokan Hulu dengan‎ Balai Material dan Peralatan Kontruksi Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Universitas Pasir Pengaraian, dan Tim Penguji atau Asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa konstruksi (LPJK) Riau.

‎Barri mengatakan pada uji kompetensi, ratusan operator alat berat, mekanik, dan sopir dari empat UPTD kecamatan dan seluruh UPTD di Dinas PUPR mengikuti tiga bidang pengujian, yakni pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap kerja (attitude).

Tujuan dari uji kompetensi sendiri, kata Barri, bertujuan untuk melatih dan membina tenaga operator alat berat, mekanik dan sopir Dinas PUPR Rokan Hulu, sehingga mengerti cara perawatan dan pengoperasian alat milik dinas.

"Mereka harus mahir dan mampu dalam pengoperasian peralatan, perbaikan peralatan, maupun pelaksanaan pekerjaan di lapangan," jelas Barri di sela kegiatan di Kantor Dinas PUPR Rokan Hulu, Kamis (4/4/2019).

Barri mengharapkan dari Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat tersebut, seluruh peralatan‎ kerja milik Kabupaten Rokan Hulu, baik alat berat, dump truk dan lainnya dapat terawat baik, dapat bekerja maksimal, dan hasil yang diperoleh dapat memuaskan masyarakat.

Ia menambahkan sedikitnya ada empat alat yang diujikan kepada para operator, mekanik dan sopir pada uji kompetensi ini, yakni alat berat jenis excavator, Backhoe Loader, dump truk, dan bomag.

"Tes yang dilakukan seperti terhadap perawatan peralatan, terhadap teknik pembawaan dan terhadap perawatan, kerusakan, perbaikan dan pengoperasionalan peralatan itu sendiri," ujarnya.

Bagi peserta yang tidak lulus uji kompetensi, diakui Barri, kemungkinan tidak bisa membawa alat berat. Dan kemungkinan besar, mereka akan mengikuti uji ulang di tahun-tahun berikutnya, atau bisa mengikuti di wilayah lain, atau bisa di balai langsung.

‎"Tapi yang jelas kalau mereka mau harus mengulangi lagi," tambah Barri, dan mengaku belum tahu persis, apakah uji kompetensi akan dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas PUPR Rokan Hulu atau tidak.

"Bagi yang sudah lulus yang sudah memiliki sertifikat berarti mereka sudah mampu dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka laksanakan," katanya.

Barri mengaku selain 102 operator, mekanik dan sopir ini, di tahun 2005 atau 2006, sudah ada petugas yang mengikuti uji kompetensi.

‎Sementara, salah seorang Asesor Kompetensi LPJK Riau, Fidel Fernadez ST, mengatakan Kabupaten Rokan Hulu mempunyai operator-operator yang berbakat untuk masing-masing bidang pekerjaan.

"Dengan adanya pengujian skill, knowledge, dan sikap kerja atau atitude ini akan meningkatkan kemampuan dari peserta untuk lebih baik lagi," jelas Fidel di sela kegiatannya, dan mengharapkan tiga bidang harus dikuasai dan ditingkatkan oleh operator, mekanik dan sopir.

Pada pengujian, diakui Fidel, Asesor Kompetensi LPJK Riau menguji beberapa kemampuan peserta, mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP), pemanasan dan pemilihan alat sebelum pengoperasian, pengoperasian alat, sampai tahap pemeliharaan alat setelah dioperasikan.

"Asesor juga menitikberatkan Bidang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja‎), karena operator-operator riskan akan kecelakaan kerja di tempat kerjanya," ungkap Fidel, dan mengaku dirinya sebagai penguji dump truk dan backhoe loader.

Selain diperlukan kemampuan skill dan disiplin, seorang operator alat berat juga bekerja sesuai dua dasar, yaitu berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) dan format dari pihak atasan.

"Jadi misalnya dapat SPK apa yang harus dilakukan, berdasarkan SPK itu harus dipenuhi seperti penimbunan, penggalian atau pembuangan material. Jadi mereka bekerja berdasarkan instruksi kerja," kata Fidel.

Asesor Kompetensi LPJK Riau, jelas Fidel, memberi pengujian berdasarkan tiga bidang, yaitu knowledge, skill dan attitude. Bagi peserta yang lulus akan memperoleh sertifikat dikeluarkan oleh LPJK Riau yang direkomendasikan oleh LPJK pusat.***(zal)

Loading...


Berita lainnya..........
- Tagihan Listrik Naik, PLN Siapkan Skema
- Mei, Riau Inflasi 0,54 Persen
- Pasca Idul Fitri, Harga TBS Sawit Riau Naik
- Pasca Lebaran, Harga Barang Kebutuhan Masih Belum Turun
- Pandemi Corona, Lebih 5 Ribu Pekerja di Riau Dirumahkan dan Di-PHK
- Peduli Covid-19, Bank Riau-Kepri Cabang Airmolek, Inhu Serahkan Bantuan Dana
- Perdana di Indonesia, Tokocrypto Berhasil Raih Pendanaan dari Binance
- Kliring Berjangka Indonesia Resmikan KBI E-Ducenter
- APINDO RIAU Buka Posko Pengaduan THR Bagi Perusahaan Terdampak Covid-19
- Triwulan I 2020, Perekonomian Riau Tumbuh 2,24 Persen
- Bagi 10.000 Angkot, Pertamina Beri Cashback 50 Persen untuk Pembelian Pertalite dan Dexlite Setiap Hari
- Kadis DPPP Pekanbaru Umumkan Penundaan Pasar Murah
- DPPP Pekanbari Bakal Gelar Pasar Murah di 12 Kecamatan
- AP II Hentikan Penerbangan Komersil Bandara SSK II Pekanbaru
- Bupati Inhil Resmikan 4 Pasar Kecamatan Secara Virtual
- Hadapi Ramadan, Kapasitas Jaringan Indosat Ooredoo Ready
- Meski Corona Merebak, Pertamina Prediksi Peningkatan Kebutuhan Energi Saat Ramadhan
- Triwulan I 2020, Investasi PMDN Riau Peringkat Pertama di Luar Jawa
- Pasar Saham Terus Tumbuh di Tengah Pandemi Corona
- Lahan Bekas Terbakar PT Serikat Putra Ditanami Nenas


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com