Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Selasa, 7 Juli 2020 10:12
1123 Paket Pasar Murah Disdagperin Bengkalis Mulai Didistribusikan

Selasa, 7 Juli 2020 07:27
BNNP Riau Bongkar Jaringan Narkoba Antar Provinsi

Selasa, 7 Juli 2020 07:10
Kontak dengan Ny. SA, 120 Swab Warga Kuantan Mudik Negatif dan 8 Menunggu

Selasa, 7 Juli 2020 06:51
Kembali Buka, TKP Foodcourt Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Selasa, 7 Juli 2020 06:47
Seluruh Pasien Positif Sembuh, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Inhil Apresiasi Kinerja Tim Medis

Selasa, 7 Juli 2020 06:41
Tinjau Kondisi Masyarakat, Bupati Yopi Kunjungi Desa Marjinal

Senin, 6 Juli 2020 21:11
Gubri Tandatangani Sertifikat Akta Bayi Gajah Damar

Senin, 6 Juli 2020 20:40
Hilang Kendali, Dua Unit Minibus Laga Kambing di Pasiran, Bengkalis

Senin, 6 Juli 2020 20:24
Diduga Bawa Puluhan Kg Sabu, Beredar Video Penangkapan Bandar Narkoba di Dumai

Senin, 6 Juli 2020 18:56
Enam Tahun Berjalan, FFVP Berhasil Kurangi Karhutla 750 Ribu Hektar

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 11 Desember 2019 16:21
VOTED Lahirkan 315 Tenaga Terampil

315 warga Riau di wisuda setelah ikuti Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja yang digelar PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI)

Riauterkini-PEKANBARU-Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja yang ditaja PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) melahirkan tenaga-tenaga terampil bagi Riau. Sebanyak 315 peserta ”diwisuda” dalam sebuah acara penyerahan sertifikat dan penutupan program di Pekanbaru, Rabu (11/12). Mereka adalah warga masyarakat yang berasal dari 24 kecamatan di tujuh kabupaten/kota di sekitar wilayah operasi PT CPI.

”Melalui program seperti ini, PT CPI ingin turut berkontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar sehingga tercipta kemandirian,”tutur GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

Dengan keterampilan yang dimiliki, peserta program diharapkan memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha.

Para peserta mengikuti Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja, atau Vocational Training for Entrepreneurship and Workforce Development (VOTED), sejak akhir tahun lalu.

PT CPI menggandeng Institut Kemandirian Dompet Dhuafa (IKDD) sebagai mitra pelaksana program. Bidang-bidang pelatihan adalah desain tata busana, pengolahan pangan, bengkel sepeda motor, komputer, desain grafis, dan pengelasan.

Acara penyerahan sertifikat sekaligus menandai akhir program pada angkatan kali ini. Tampak hadir dalam acara penutupan di antaranya Kadis ESDM Provinsi Riau, SKK Migas Sumbagut, perwakilan dinas pendidikan Riau, dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi maupun kabupaten/kota, dan pimpinan Dompet Dhuafa.

"Apresiasi setinggi-tingginya bagi PT CPI dan Dompet Dhuafa yang turut mendukung upaya kami dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat menekan angka pengangguran. Para lulusan program harus juga memiliki mental untuk mandiri, kerja keras, dan disiplin," kata Joyosman yang hadir mewakili kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Pentingnya peran pemerintah dan partisipasi pihak swasta dalam menekan angka pengangguran juga disampaikan Sekretaris Disnakertrans Riau Zulkifli. "Karena itu, program VOTED ini sangat membantu program pemerintah," paparnya.

Tidak hanya menyentuh keterampilan teknis, Program VOTED memberikan pelatihan kewirausahaan untuk memperkenalkan dunia usaha, termasuk cara memulai dan menjalankannya. Motivasi mereka perlu terus dipupuk agar menjadi wirausahawan yang gigih.

Selain itu, peserta mendapatkan kesempatan magang di sejumlah mitra yang digandeng IKDD. Kendati program telah berakhir, IKDD tetap akan melakukan pendampingan peserta guna membantu tercapainya tujuan program.

"Setelah lulus sekolah tiga tahun lalu, saya sudah coba melamar ke berbagai perusahaan tapi hasilnya nihil. Namun, alhamdulillah setelah ikut Program VOTED sekarang saya sudah mendapatkan pekerjaan sebagai tenaga administrasi di sebuah perusahan jasa pengeboran," ungkap Rangga Saputra, salah seorang peserta program pelatihan bidang komputer. Dia lulusan sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Duri.

Program VOTED ini merupakan bagian dari program investasi sosial PT CPI di bidang pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Tahun ini PT CPI juga melaksanakan Program Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT. CPI di Indonesia dapat diakses melaluiwww.indonesia.chevron.com .(rls)

Loading...


Berita lainnya..........
- 1123 Paket Pasar Murah Disdagperin Bengkalis Mulai Didistribusikan
- PHRI Sebut Okupansi Hotel Mulai Mengeliat di Pekanbaru di Tengah Corona
- HUT BNI Ke 74, Pegawai dan SP BNI Bagikan 146.000 Paket Sembako
- BPDPKS Kucurkan Puluhan Miliar untuk Replanting Kebun Sawit Petani Mitra Asian Agri
- Anggaran Dialihkan Penanggulangan Covid-19, Tahun Ini Pelalawan Expo Ditiadakan
- SKK Migas-PT CPI Gelar WFD
- Sejumlah Titik Anjungan Rusak, Nasabah BNI di Duri Mengular Narik Rupiah
- OJK: Waspada Info Hoak Tarik Dana di Perbankan
- Pertamina Taja Bakul Online, Dukung Jualan UMKM Riau di Era New Normal
- Antisipasi Covid-19, BRI Telukkuantan Laksanakan Protokol Kesehatan
- Juni 2020, Peremajaan Sawit Rakyat di Riau Baru 9 Ribuan Hektar
- SRO Beri Stimulus Stakeholders Pasar Modal
- Pekan Ini Harga TBS Sawit Riau Naik
- PSBB Berakhir, Bisnis Perhotelan di Pekanbari Mulai Menggeliat
- Tinjau Pasar Modern, Bupati Kuansing Ingin Pastikan Pedagang Nyaman
- Bupati Kuansing Panen Bawang Merah di Desa Kompe Barangin
- Tagihan Listrik Naik, PLN Siapkan Skema
- Pasca Idul Fitri, Harga TBS Sawit Riau Naik
- Pasca Lebaran, Harga Barang Kebutuhan Masih Belum Turun
- Pandemi Corona, Lebih 5 Ribu Pekerja di Riau Dirumahkan dan Di-PHK


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com