Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 18 Januari 2020 21:33
Dua Atlet Layar Bengkalis Ikuti Kejuaraan Internasional di Batam

Sabtu, 18 Januari 2020 20:41
The New Era of Gold,
Waktunya Beli Emas untuk Mereka yang Merencanakan Masa Depan


Sabtu, 18 Januari 2020 19:35
HUT ke-47, PDIP Bengkalis Gelar Istighosah Bersama

Sabtu, 18 Januari 2020 17:31
Puluhan Hektar Lahan Gambut di Rupat, Bengkalis Kembali Terbakar

Sabtu, 18 Januari 2020 17:01
Longsor, Pemukiman Warga Kampung Baru Timur, Kuansing Terancam Runtuh

Sabtu, 18 Januari 2020 16:25
Wagubri Harap IDI Riau dan Pekanbaru Tingkatkan Ilmu dan Pelayanan Masyarakat

Sabtu, 18 Januari 2020 15:10
Kado HUT ke-39, Bupati Rohul Janji Pemkab Bangun Jalan Poros Desa Pasir Jaya

Sabtu, 18 Januari 2020 14:57
Ketua DPC Askonas Rohul‎ Berharap Kegiatan Pembangunan Perhatikan Aspek Lingkungan

Sabtu, 18 Januari 2020 14:23
Audensi Bersama Kadiskes Riau, AMKR Bisa Jadi Garda Perubahan Hidup Sehat

Sabtu, 18 Januari 2020 12:12
Masyarakat Sungai Paku Doakan Andi Putra-Suhardiman Amby Menang Pilkada Kuansing

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 11 Desember 2019 16:21
VOTED Lahirkan 315 Tenaga Terampil

315 warga Riau di wisuda setelah ikuti Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja yang digelar PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI)

Riauterkini-PEKANBARU-Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja yang ditaja PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) melahirkan tenaga-tenaga terampil bagi Riau. Sebanyak 315 peserta ”diwisuda” dalam sebuah acara penyerahan sertifikat dan penutupan program di Pekanbaru, Rabu (11/12). Mereka adalah warga masyarakat yang berasal dari 24 kecamatan di tujuh kabupaten/kota di sekitar wilayah operasi PT CPI.

”Melalui program seperti ini, PT CPI ingin turut berkontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitar sehingga tercipta kemandirian,”tutur GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin.

Dengan keterampilan yang dimiliki, peserta program diharapkan memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha.

Para peserta mengikuti Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keterampilan Tenaga Kerja, atau Vocational Training for Entrepreneurship and Workforce Development (VOTED), sejak akhir tahun lalu.

PT CPI menggandeng Institut Kemandirian Dompet Dhuafa (IKDD) sebagai mitra pelaksana program. Bidang-bidang pelatihan adalah desain tata busana, pengolahan pangan, bengkel sepeda motor, komputer, desain grafis, dan pengelasan.

Acara penyerahan sertifikat sekaligus menandai akhir program pada angkatan kali ini. Tampak hadir dalam acara penutupan di antaranya Kadis ESDM Provinsi Riau, SKK Migas Sumbagut, perwakilan dinas pendidikan Riau, dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi maupun kabupaten/kota, dan pimpinan Dompet Dhuafa.

"Apresiasi setinggi-tingginya bagi PT CPI dan Dompet Dhuafa yang turut mendukung upaya kami dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat menekan angka pengangguran. Para lulusan program harus juga memiliki mental untuk mandiri, kerja keras, dan disiplin," kata Joyosman yang hadir mewakili kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Pentingnya peran pemerintah dan partisipasi pihak swasta dalam menekan angka pengangguran juga disampaikan Sekretaris Disnakertrans Riau Zulkifli. "Karena itu, program VOTED ini sangat membantu program pemerintah," paparnya.

Tidak hanya menyentuh keterampilan teknis, Program VOTED memberikan pelatihan kewirausahaan untuk memperkenalkan dunia usaha, termasuk cara memulai dan menjalankannya. Motivasi mereka perlu terus dipupuk agar menjadi wirausahawan yang gigih.

Selain itu, peserta mendapatkan kesempatan magang di sejumlah mitra yang digandeng IKDD. Kendati program telah berakhir, IKDD tetap akan melakukan pendampingan peserta guna membantu tercapainya tujuan program.

"Setelah lulus sekolah tiga tahun lalu, saya sudah coba melamar ke berbagai perusahaan tapi hasilnya nihil. Namun, alhamdulillah setelah ikut Program VOTED sekarang saya sudah mendapatkan pekerjaan sebagai tenaga administrasi di sebuah perusahan jasa pengeboran," ungkap Rangga Saputra, salah seorang peserta program pelatihan bidang komputer. Dia lulusan sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Duri.

Program VOTED ini merupakan bagian dari program investasi sosial PT CPI di bidang pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Tahun ini PT CPI juga melaksanakan Program Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT. CPI di Indonesia dapat diakses melaluiwww.indonesia.chevron.com .(rls)

Loading...


Berita lainnya..........
- The New Era of Gold,
Waktunya Beli Emas untuk Mereka yang Merencanakan Masa Depan

- Tiket Mulai Dijual, Konser Koplopolitan Didi Kempot Targetkan 3000 Penonton
- Mulai 1 Februari 2020, Bayar Parkir di SSK II Non Tunai
- Tak Bawa Surat Kuasa, Majelis KI Riau Tolak Lima Termohon Sidang Sengketa Informasi
- Mudahkan Pasien Jantung di Riau, IJN Buka Kantor Perwakilan
- Harga Bawang Merah dan Putih di Pekanbaru Bertahan Mahal
- 2019, RFB Bukukan 1,5 Juta Lot
- Kenalkan Irfan Maulana, Kades di Kuansing yang Sukses Bertani Sayur dan Buah
- Bupati Kuansing Ikut Panen Bawah Merah di Benai Kecil
- Dirut BRK Kosong, OJK Segera Fit and Proper 9 Calon
- Pertamina Sesuaikan Harga, Harga Pertamax Series dan Dex Series Turun
- Seminar di Masjid An-Nur, Yusuf Siregar Siap Uangkap Kiat Budidaya Anggur di Riau
- Selama 2019, Inflasi Riau 2,3 Persen
- Lifting Minyak Mentah Area Sumbagut Diperkirakan Lampaui Target
- Jelang Pergantian Tahun, Harga Barang Naik
- Sistem Lelang Getah Pemkab Kuansing Sukses Dongkrak Harga Karet
- Kadin Riau - BUMN Se-Riau Bahas MoU Kemen BUMN-Kadin Indonesia
- APKASINDO Optimis Peningkatan Target PSR Menjadi 500 Ribu Ha
- Kasus Fidusia di Riau, Debetur Menang dari Leasing
- BI Gelar Pertemuan Tahunan


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com