Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 28 Maret 2020 16:37
Antisipasi Ledakan Pasien Corona, RSJ Tampan dan RS Madani Pekanbaru Disiapkan Pasien Virus Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 16:12
Gubri Minta Bupati/Wali Kota Data Semua Warga Baru Pulang Dari Berbagai Daerah

Sabtu, 28 Maret 2020 15:57
Tekan Dampak Covid-19, MPI Riau Ajak Gerakkan Sedekah Massal

Sabtu, 28 Maret 2020 13:51
Terpelset di Jamban, Lansia di Kuansing Hilang Terbawa Arus

Sabtu, 28 Maret 2020 12:49
Pasien Meninggal di RSUD Pangkalankerinci tak Terkait Corona

Jum’at, 27 Maret 2020 20:44
Supir Ngantuk, Truk Tangki CPO di Duri Adu Kuat

Jum’at, 27 Maret 2020 18:40
Kapolresta Pekanbaru Turun Padamkan Kebakaran Lahan di Rumbai

Jum’at, 27 Maret 2020 18:36
BBKSDA Riau Evakuasi Anakan Beruang Madu Terjerat

Jum’at, 27 Maret 2020 18:18
Sempat Dikarantina, 451 Warga Bengkalis dari Malaysia Dipulangkan ke Rumah Masing-masing

Jum’at, 27 Maret 2020 17:52
Melawan Corona, DPD IPK Riau Semprot Disinfektan di Sejumlah Rumah Ibadah

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 10 Maret 2020 08:36
BI Kpw Riau Gelar Pekan QRIS di Sejumlah Lokasi

Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Pekan ini BI menggelar 'Pekan QRIS'.

Riauterkini-PEKANBARU-Sebagai upaya meningkatkan penggunaan transaksi non tunai melalui QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, Bank Indonesia Kpw Riau menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional 2020 pada 9-15 Maret 2020. Pekan QRIS dilaksanakan roadshow merchant focus di beberapa titik seperti Pasar Bawah, kampus UMRI, Pengurus Masjid se-PKU di BI, lt.3 dan di Al ihsan Boarding School serta di Mal SKA.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus didampingi Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri, Selasa (10/3/20). Menurutnya, acara puncak pekan QRIS akan dilaksanakan pada Ahad 15 maret 2020 di car free day.

"Pekan pertama sudah kita lakukan seminggu kemarin. Pekan kedua ini kita fokus pada merchant atau orang yang menerima pembayaran melalui QRIS," tambahnya.

QRIS adalah standar kode respons cepat (QR code) untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking yang ditetapkan oleh Bank Indonesia bersama industri pembayaran, baik bank atau nonbank, yang digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran retail di Indonesia.

Menurut Decymus, QRIS bukanlah hal baru. Beberapa negara lainnya seperti Cina, Thailand dan Malaysia telah melakukan hal serupa yaitu pembayaran melalui gawai. Kehadiran QRIS ini tidak bermaksud untuk meninggalkan uang tunai, tetapi BI menjaga agar inovasi yang bermunculan tidak merugikan masyarakat.

"Ketika ada inovasi uang tunai ke kartu kredit kami mengatur supaya aman. Lalu kartu kredit berevolusi menjadi uang elektronik supaya aman bagi masyarakat," jelasnya. Decymus.

Dulu, tambahnya, kartu ATM hanya bisa melakukan transaksi di mesin yang sesuai dengan ATM tersebut. Kemudian BI membuat sistem gerbang pembayaran nasional (GPN) agar setiap ATM dapat melakukam transaksi di semua mesin. Sistem serupa juga diterapkan dalam QRIS ini, dimana sebelumnya pembayaran menggunakan uang elektronik hanya bisa dilakukan dalam satu jalur. Kemudian masyarakat harus memiliki banyak aplikasi untuk dapat melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik.

"Dulu kalau Ovo hanya bisa bayar ke merchant Ovo. Dengan QRIS ini semuanya masuk, Gopay bisa bayar ke merchant Ovo dan sebagainya, " ujarnya.

Decymus mengatakan banyak yang bisa didapatkan oleh customer dan merchant dengan menggunakan QRIS, karena QRIS itu UNGGUL. Pertama, QRIS itu Universal atau inklusif sehingga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian menggunakan QRIS itu gampang, karena transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman. Selanjutnya, menggunakan QRIS itu Untung, karena satu QR code dapat digunakan oleh semua aplikasi. Yang terakhir, penggunaan QRIS secara Langsung membuat transaksi menjadi cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, melalui pekan QRIS nasional diharapkan nantinya sebanyak 3 juta UMKM merchant dapat tumbuh menjadi 4 juta-5 juta merchant.

Ke depan, tambahnya, BI akan meluncurkan fast payment sehingga melalui akun merchant kedua pelaku usaha sudah dapat bertransaksi.

“Tahun depan BI Fast Payment kami luncurkan sehingga begitu QRIS diakses melalui akun merchant kedua, pelaku usaha sudah bisa bertransaksi, baik fintech, open banking sehingga nantinya terhubung ke rekening bank melalui RTGS,” tambahnya.*(H-we)

Loading...


Berita lainnya..........
- Pemkab Kuansing Bantah Hoax Penutupan Pasar Modern Telukkuantan
- Keroncongantar.com, Starup Asal Riau Wakili Infonesia ke Turki
- Target Pertumbuhan Ekonomi Riau 3 Persen Meredup
- Puluhan UMKM dan Exportir Ikan Ikuti HACCP BI Kpw Riau
- Hoby Menjahit Bikin Sheila Kini Bangga jadi Bagian APR
- BI Kpw Riau Gelar Puncak Pekan QRIS
- Co-op PT CPI 2020 Ditutup
- BPSK Hanya Dua di Riau, Salah Satunya di Kuansing
- ABUJAPI Riau-BPJS Sosialisasikan PP 82/2019 untuk BUJP se-Riau
- 33 Ribu Bibit Ikan Nila Akan Disemai Bupati di Seluruh Desa Kuansing
- Seko Pekanbaru Optimis Koperasi Syariah Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
- BI Kpw Riau Gelar Pekan QRIS di Sejumlah Lokasi
- Tenaga Kerja AKAD Merajalela di Pekanbaru, SPSI Minta Disnaker Tegas
- BI Sebut Jatim Pemasok Alternatif Kebutuhan Pangan Riau
- 2020, BI Beri Beasiswa 175 Mahasiswa Riau
- February 2020, Riau Inflasi 0,34 Persen
- Disparpora Rohil Narasumber Dialog Ekonomi Kreatif
- Kalangan Travel di Riau Berharap Saudi tak Lama Cegah Jemaah Umroh
- Penerapan Non Tunai di Riau Dinilai Belum Terintegrasi
- Baru Dirilis, Tercatat Ada 110 Konsumen di Riau Memesan Suzuki XL7


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com