Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 5 Desember 2020 19:00
Jumlah Pasien Sehat Covid-19 Lebih Banyak Dibanding Positif

Sabtu, 5 Desember 2020 15:28
Pasien Positif Covid-19 di Kuansing Hari ini Kembali Nihil

Sabtu, 5 Desember 2020 15:27
Ibunda Pj. Bupati Tutup Usia, Dandim 0303/Bengkalis Sampaikan Belasungkawa

Sabtu, 5 Desember 2020 15:06
Pilkada, Bawaslu Bengkalis Ingatkan Paslon Patuhi Aturan

Sabtu, 5 Desember 2020 14:51
726 Lulusan Umri Diwisuda, Acrom Casani Tampil sebagai Pemuncak Tingkat Universitas

Sabtu, 5 Desember 2020 13:25
Optimis Menangi Pilkada Pelalawan, Tim HT Fokus Kawal Pencoblosan 9 Desember

Sabtu, 5 Desember 2020 12:44
Polres Inhil Gelar Pengamanan Perlintasan Persepeda di Tembilahan

Sabtu, 5 Desember 2020 12:41
Kabur ke Sumbar, Polda Riau Tangkap Pelaku Penganiaya Guru Ngaji Pesantren TDM

Sabtu, 5 Desember 2020 10:24
Utusan Riau Juara III Seleksi Abdiyasa Teladan Tingkat Nasional

Sabtu, 5 Desember 2020 08:12
Merasa Difitnah, Hendri Along Bersiap Lapor ke Polisi

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 10 Nopember 2020 17:26
Upaya Pelindo 1 Dumai Genjot Layanan Peti Kemas Internasional

PT Pelindo I Cabang Duma resmi membuka pelayanan aktivitas bongkar muat peti kemas internasional. Momen perdana sandar Kapal KM Logistik Nusantara 5 milik PT Pelni.

Riauterkini-DUMAI- PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai, resmi membuka pelayanan aktivitas bongkar muat peti kemas internasional dengan momen perdana sandar Kapal KM Logistik Nusantara 5 milik PT Pelni pada Sabtu (7/11) lalu.

General Manager PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli SE, menyebut kedatangan kapal petikemas internasional perdana ini tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan para pihak dan stakeholder terkait.

KM Logistik Nusantara 5 ini sandar dengan sukses di Pelabuhan 1 Dumai dari Port Klang Malaysia bermuatan 50 TEUs kontainer. Pelindo I merupakan BUMN kepelabuhanan berperan sebagai gerbang logistik dan mendukung kegiatan perdagangan.

Sehingga selalu berupaya berbenah dan membuat langkah terobosan untuk meningkatkan pelayanan kegiatan logistik dan perdagangan, baik domestik maupun internasional.

"Setelah resmi dibuka pelayanan peti kemas internasional ini diharap dapat terus meningkat sejalan dengan peningkatan perdagangan ekspor impor ke sejumlah negara tetangga," kata Jonedi Ramli, SE, Selasa (10/11/20).

Ke depan, jalur pelayaran diharapkan ditambahkan tujuan Pelabuhan Pasir Pelepas, Johor Malaysia, dan pelayanan sudah dibuka ini sebagai terobosan awal untuk membuka jalur perdagangan internasional ke berbagai pelabuhan di belahan dunia.

"Kami sebagai BUMN bergerak di jasa kepelabuhanan siap untuk memfasilitasi kegiatan ekspor impor menuju negara tetangga, demi peningkatan ekonomi dan bisnis di Dumai seperti harapan masyarakat dan pemerintah," sebut Jonedi.

Pelindo I Dumai mencatat trafik kunjungan kapal sebanyak 1.796 call atau 15.753.386 GT (Gross Tonnage) selama semester I 2020.

Pendapatan usaha Pelabuhan Dumai sampai dengan semester I tahun ini sebesar Rp271,74 miliar, dengan salah satu bisnis unggulan di Pelabuhan Dumai yakni marine services baik di pelabuhan umum maupun di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) seperti Kawasan Industri Dumai (KID), Lubuk Gaung dan Pertamina.

Kawasan Industri Lubuk Gaung menjadi potensial yang akan terus diupayakan untuk memperluas pasar marine services dengan gencar melakukan kerjasama serta pendekatan ke agen dan pemilik TUKS, kemudian layanan unggulan bongkar muat curah kering dan curah cair.

Untuk layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai mengalami peningkatan signifikan, hingga Semester I Tahun 2020 melayani bongkar muat peti kemas sebanyak 6.675 boks, naik 72,89 persen dibanding periode yang sama 2019 sebesar 3.861 boks.

Demi Kemajuan Daerah, Pelindo Dumai Kerjasama dengan BUMD

Walikota Dumai Zulkifli AS apresiasi kerjasama dan kebersamaan baik antara PT Pelindo I sebagai BUMN dengan dua BUMD untuk peningkatan sektor perekonomian dan kemajuan pembangunan daerah.

"BUMD dibentuk agar menggarap potensi pendapatan daerah melalui terobosan maupuan kerjasama, termasuk dengan Pelindo sebagai BUMN, yang haruw berkontribusi ke daerah," kata Walikota Zulkifli di Dumai, Senin (9/11/20).

General Manager PT Pelindo I Cabang Dumai Jonedi Ramli menjelaskan, sudah dilakukan kerjasama dengan dua BUMD Dumai, yakni PT Pembangunan Dumai Berseri dan PT Pelabuhan Dumai Berseri, dan diharap berjalan lancar dan memberi kontribusi positif bagi daerah.

"Kerjasama ini kali kedua, sebelumnya sudah dikerjasamakan pas masuk pelabuhan penumpang, dan kami siap bersinergi dengan perusahaan daerah," kata Jonedi.

Kerjasama dibangun, lanjutnya, tetap dalam koridor bisnis to bisnis atau saling menguntungkan para pihak sesuai ketentuan berlaku, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Penandatanganan kesepahaman bersama antara Pelindo 1 Dumai dengan PT Pembangunan Dumai dan PT Pelabuhan Dumai Berseri sudah dilakukan pada Jumat (6/11), dalam bidang pengelolaan dan pengusahaan areal lahan Pelindo di eks RS Putri Tujuh dan eks Kanwil Perhubungan serta eks Kantor PT Pelindo I Dumai.

Sinergi Pelindo I Dumai dengan dua perusahaan daerah ini terbangun berkat komunikasi dan diskusi para pihak untuk tujuan saling mengisi antara perusahaan nasional dan daerah.

"Kita harap kerjasama ini dapat menjadi langkah bersama dan terobosan bagi Pelindo dalam meningkatkan kontribusi ke daerah dengan konsep saling menguntungkan sesuai aturan," sebut Jonedi.*(had)

Loading...


Berita lainnya..........
- Presiden Lepas Ekspor Nasional Serentak,
RAPP dan APR Ekspor Kertas dan Rayon ke Berbagai Negara

- Mix Makan dan Ngopi, Warung Lapan Enam Dilaunching
- PT. CPI Terima Penghargaan SKK Migas
- Musdalil Amri Siap Pimpin DPD REI Riau
- Kantor Baru BNI KCP Pasar Sungai Guntung Kantor Cabang Tembilahan Diresmikan
- Bapenda Pekanbaru Optimis Pajak Daerah Tahun 2020 Capai Target
- UMK Kuansing 2021 Ditetapkan Sebesar 3 Juta Lebih
- Siap Dirikan Pabrik Pengolahan Limbah,
Tim Daehan E & C Co.Ltd. dari Korea Selatan Kunjungi Inhil

- Lindungi Masyarakat Tertipu Investasi Bodong dan Fintech,
ISEI Kom UIN Suska Riau Gelar Webinar Nasional

- Penerbangan Sehat di Bandara SSK II, Cegah Penularan Covid-19
- Ditarget Selesai di 2022, Gubri Buka Groundbreaking SPAM Pekanbaru-Kampar
- Rayakan Hari Jadi ke-19, Electronic City Suguhkan Program B19 Surprize
- HUT ke-9, OJK Salurkan Bantuan untuk Masjid dan Panti Asuhan
- Waspada, Investasi Ilegal Kain Marak di Masa Pandemi
- Telkomsel Suguhkan Serial Dibalik Lubang Kunci Lewat MAXStream
- Gubri Harap Startup E-commerce Riau Bangkitkan Ekonomi Nasional
- Upaya Pelindo 1 Dumai Genjot Layanan Peti Kemas Internasional
- Biaya Pengawasan Pengecatan 1 Flyover Capai Rp64 Juta Per Bulan
- Sesuai Instruksi Bupati Yopi, UMK Inhu 2021 Naik jadi Rp 3.082.808
- Dirut Optimis BRK Syariah Tuntas Pertengahan 2021


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com