Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Ahad, 26 September 2021 21:40
Dewan Ajak Masyarakat Pekanbaru Budayakan Tanjak

Ahad, 26 September 2021 21:36
Tolak Bantuan RLH, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Minta Pemprov Beri Sanksi Tiga Kabupaten

Ahad, 26 September 2021 20:25
SEF Kembali Selenggarakan Webinar Riset Komunikasi

Ahad, 26 September 2021 19:56
Memalukan, Anggota DPRD Riau Tak Bisa Bedakan Triliun dengan Miliar

Ahad, 26 September 2021 19:09
Kumpulkan 450 Juta dari Balontum, Musda HIPMI Riau Masih Diragukan Legitimasinya

Ahad, 26 September 2021 18:30
Tiga Ketua Fraksi DPRD Riau Telat,
Pandangan Umum Fraksi Terhadap Perubahan APBD 2021 Sempat Terganggu


Ahad, 26 September 2021 16:49
Vaksinasi Kompak Relawan Peduli Covid-19 Bengkalis Sasar 1.266 Warga

Ahad, 26 September 2021 15:48
Tekad Syamsurizal Tegakan PPP di Riau Setelah Terjerembab 2019 Lalu

Ahad, 26 September 2021 13:29
Rapimwil Tetap Dibuka, Pelantikan Pengurus DPW PPP Riau Diundur Akhir Oktober Secara Serentak

Ahad, 26 September 2021 12:56
Damanhuri, Putra Riau yang Terpilih Jadi Pengadilan Ring Tinju di PON XX Papua

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Selasa, 10 Nopember 2020 17:26
Upaya Pelindo 1 Dumai Genjot Layanan Peti Kemas Internasional

PT Pelindo I Cabang Duma resmi membuka pelayanan aktivitas bongkar muat peti kemas internasional. Momen perdana sandar Kapal KM Logistik Nusantara 5 milik PT Pelni.

Riauterkini-DUMAI- PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai, resmi membuka pelayanan aktivitas bongkar muat peti kemas internasional dengan momen perdana sandar Kapal KM Logistik Nusantara 5 milik PT Pelni pada Sabtu (7/11) lalu.

General Manager PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli SE, menyebut kedatangan kapal petikemas internasional perdana ini tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan para pihak dan stakeholder terkait.

KM Logistik Nusantara 5 ini sandar dengan sukses di Pelabuhan 1 Dumai dari Port Klang Malaysia bermuatan 50 TEUs kontainer. Pelindo I merupakan BUMN kepelabuhanan berperan sebagai gerbang logistik dan mendukung kegiatan perdagangan.

Sehingga selalu berupaya berbenah dan membuat langkah terobosan untuk meningkatkan pelayanan kegiatan logistik dan perdagangan, baik domestik maupun internasional.

"Setelah resmi dibuka pelayanan peti kemas internasional ini diharap dapat terus meningkat sejalan dengan peningkatan perdagangan ekspor impor ke sejumlah negara tetangga," kata Jonedi Ramli, SE, Selasa (10/11/20).

Ke depan, jalur pelayaran diharapkan ditambahkan tujuan Pelabuhan Pasir Pelepas, Johor Malaysia, dan pelayanan sudah dibuka ini sebagai terobosan awal untuk membuka jalur perdagangan internasional ke berbagai pelabuhan di belahan dunia.

"Kami sebagai BUMN bergerak di jasa kepelabuhanan siap untuk memfasilitasi kegiatan ekspor impor menuju negara tetangga, demi peningkatan ekonomi dan bisnis di Dumai seperti harapan masyarakat dan pemerintah," sebut Jonedi.

Pelindo I Dumai mencatat trafik kunjungan kapal sebanyak 1.796 call atau 15.753.386 GT (Gross Tonnage) selama semester I 2020.

Pendapatan usaha Pelabuhan Dumai sampai dengan semester I tahun ini sebesar Rp271,74 miliar, dengan salah satu bisnis unggulan di Pelabuhan Dumai yakni marine services baik di pelabuhan umum maupun di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) seperti Kawasan Industri Dumai (KID), Lubuk Gaung dan Pertamina.

Kawasan Industri Lubuk Gaung menjadi potensial yang akan terus diupayakan untuk memperluas pasar marine services dengan gencar melakukan kerjasama serta pendekatan ke agen dan pemilik TUKS, kemudian layanan unggulan bongkar muat curah kering dan curah cair.

Untuk layanan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Dumai mengalami peningkatan signifikan, hingga Semester I Tahun 2020 melayani bongkar muat peti kemas sebanyak 6.675 boks, naik 72,89 persen dibanding periode yang sama 2019 sebesar 3.861 boks.

Demi Kemajuan Daerah, Pelindo Dumai Kerjasama dengan BUMD

Walikota Dumai Zulkifli AS apresiasi kerjasama dan kebersamaan baik antara PT Pelindo I sebagai BUMN dengan dua BUMD untuk peningkatan sektor perekonomian dan kemajuan pembangunan daerah.

"BUMD dibentuk agar menggarap potensi pendapatan daerah melalui terobosan maupuan kerjasama, termasuk dengan Pelindo sebagai BUMN, yang haruw berkontribusi ke daerah," kata Walikota Zulkifli di Dumai, Senin (9/11/20).

General Manager PT Pelindo I Cabang Dumai Jonedi Ramli menjelaskan, sudah dilakukan kerjasama dengan dua BUMD Dumai, yakni PT Pembangunan Dumai Berseri dan PT Pelabuhan Dumai Berseri, dan diharap berjalan lancar dan memberi kontribusi positif bagi daerah.

"Kerjasama ini kali kedua, sebelumnya sudah dikerjasamakan pas masuk pelabuhan penumpang, dan kami siap bersinergi dengan perusahaan daerah," kata Jonedi.

Kerjasama dibangun, lanjutnya, tetap dalam koridor bisnis to bisnis atau saling menguntungkan para pihak sesuai ketentuan berlaku, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Penandatanganan kesepahaman bersama antara Pelindo 1 Dumai dengan PT Pembangunan Dumai dan PT Pelabuhan Dumai Berseri sudah dilakukan pada Jumat (6/11), dalam bidang pengelolaan dan pengusahaan areal lahan Pelindo di eks RS Putri Tujuh dan eks Kanwil Perhubungan serta eks Kantor PT Pelindo I Dumai.

Sinergi Pelindo I Dumai dengan dua perusahaan daerah ini terbangun berkat komunikasi dan diskusi para pihak untuk tujuan saling mengisi antara perusahaan nasional dan daerah.

"Kita harap kerjasama ini dapat menjadi langkah bersama dan terobosan bagi Pelindo dalam meningkatkan kontribusi ke daerah dengan konsep saling menguntungkan sesuai aturan," sebut Jonedi.*(had)

Loading...


Berita lainnya..........
- SEF Kembali Selenggarakan Webinar Riset Komunikasi
- Progres SPALD-T di Pekanbaru Sudah 90 Persen
- Direktur Utama Bank Riau Kepri Jadi Panelis di Debat Kandidat Caketum Hipmi Riau
- PTPN V Raup Rp168,8 Miliar dari Sertifikasi ISCC dan RSPO
- Carikan Solusi Pendanaan Saat Pendemi, Diskop Usulkan ke LPDB Bantuan untuk UMKM
- PT SPR - PT PP Tirta Riau Bangun Sistem Penyediaan Air Minum
- Tiga Inovator Bisnis Raih Penghargaan di Econovation 2021
- Kemendag- BAPPEBTI- KBI Gelar Publik Hearing
- Aktivis Lingkungan Minta Inpres No.8 tahun 2018 Diperpanjang
- Punya Komitmen yang Sama, Bank Riau Kepri Jadi Mitra dalam Program Subsidi Bunga Pinjaman Modal Usaha dari Pemrov Kepri
- Bupati Natuna Tandatangani MoU dengan Bank Riau Kepri
- Terungkap Saat Hearing Komisi III DPRD Rohul,
Sekitar 500 Pekerja PT. SJI Nusa Coy Belum Didaftarkan sebagai Peserta Jamsostek

- TPID Kota Pekanbaru dan Kota Dumai Raih Trofi dan Sertifikat TPID Award 2021
- Januari-Agustus 2021, Ekspor Riau Naik 53,20 Persen
- Gelar Program Undian, BNI Siapkan Hadiah Kendaraan Ramah Lingkungan
- Plt Bupati Bintan Apresiasi Prestasi Bank Riau Kepri dan Jalin Kerjasama terkait Jasa Layanan Perbankan
- Wako Tanjungpinang Tandatangani MoU dengan Bank Riau Kepri Terkait Jasa Layanan Perbankan
- LandX Kenalkan Model Patungan Bisnis Lewat Aplikasi Kepada Anak Muda di ISCFF 2021 Riau
- UUS Bank Riau Kepri Raih Skor Tertinggi dalam Rating Institusi Keuangan Syariah 2021
- Bupati Terbitkan Perbup, Pekan ini ASN Mulai Pakai Batik Kuansing


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com