Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Sabtu, 17 April 2021 21:41
Tambahan Kasus Baru Covid-19 Meledak Lagi Capai 323 Orang

Sabtu, 17 April 2021 20:06
Hari Bakti Pemasyarakatan Ke 57, Lapas Tembilahan Berikan Sembako Pada Tukang Becak dan Kaum Dhuafa

Sabtu, 17 April 2021 17:04
Strategi Ini Bapenda Bengkalis akan Capai Target PAD 2021

Sabtu, 17 April 2021 16:04
Puluhan Makam di TPU Payung Sekaki Pekanbaru Amblas

Sabtu, 17 April 2021 15:22
4 Pejabat Polres Bengkalis Dimutasi

Sabtu, 17 April 2021 14:58
Polsek Ukui Tingkatkan Patroli Daerah Rawan Karhutla

Sabtu, 17 April 2021 14:49
Polsek Bunut Giatkan Patroli C3 dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Sabtu, 17 April 2021 14:29
Polsek Pangkalan Lesung Patroli Penegakan Prokes

Sabtu, 17 April 2021 14:16
Cegah Kejahatan, Polsek Pangkalan Kuras Pantau Tempat Keramaian

Sabtu, 17 April 2021 13:48
Pastikan Prokes, Polsek Bandar Sei Kijang Periksa Kendaraan

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Rabu, 3 Maret 2021 11:47
Bank Indonesia Kpw Riau Gelar KKI 2021

Kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 digelar BI Kpw Riau. Acara yang diikuti anggota UMKM dari Aspekraf dan Perkumpulan Jasa Boga Pekanbaru mengedepankan penggunaan QRIS.

Riauterkini-PEKANBARU-Bank Indonesia kantor perwakilan Riau menggelar  Program KKI 2021 (Karya Kreatif Indonesia), Rabu (3/3/21). Kegiatan yang digelar di sebuah mall terkemuka di Pekanbaru ini melibatkan UMKM binaan BI maupun binaan Pemprov Riau seperti Aspekraf maupun Perkumpulan Jasa Boga Pekanbaru.

Demikian diungkapkan Deputi Bank Indonesia Kpw Riau, Teguh Setiadi. Menurutnya, setelah mengadopsi digitalisasi seperti olshop, marketplace, medsos dan lainnya dalam pengembangan usahanya, ada peningkatan.

"Untuk itu,nkami ajak semua agar adopsi digitalisasi dan mengedepankan penggunaan QRIS. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya," terang Teguh.

Teguh menambahkan, BI mendorong UMKM di Riau yang didominasi bidang usaha kuliner untuk digitalisasi dari penjualan maupun sistem pembayaran secara online denganenggunakan QRIS di semua daerah se-Indonesia agar masuk di web KKI. 

"UMKM nya tinggal hubungi BI Riau, lalu UMKM akan masuk di Ekatalog KKI sehingga konsumen bisa belanja," katanya.

Penggunaan QRIS di Riau terus berkembang. BI mendorong penggunaannya dari sisi penjualan. UMKM kuliner di Riau yang berjumlah sekitar 118. 000 sudah menggunakan transaksi melalui QRIS.

"Program QRIS dari BI ini di semua bank sudah berjalan. Jadi dengan ini semua pembayaran bisa diterima darinaplikasi pembayaran mana aja. Saat ini makin meningkat penggunaan QRIS dan ada diskon dari bank dan penerbit setiap transaksi QRIS," terang Taguh.

Ketua Aspekraf Riau, Arni Ningsih memgatakan bahwa saat ini seluruh anggota Aspekraf sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi. "Sejak tahun lalu kami dan 60 anggota Aspekraf sudah gunakan menggunakan QRIS dalam bertransaksi," terangnya.

Yuli meliani Ketua Perkumpulan Jasa Boga Pekanbaru mengatakan bahwa 100 UMKM kuliner sudah mulai menggunakan QRIS dalam bertransaksi.

"Sebelum jalan tol jadi saja anggota perkumpulan jasa boga Pekanbaru sudah menggunakan e-money dalam bertransaksi. Ada juga yang sudah punya QRIS walaupun belum digunakan," terangnya.

KKI Majukan UMKM Dimasa Pandemi

Sebelumnya, Gubernur BI, Perry Warjiyo berharap dengan adanya pagelaran KKI ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional di tengah pandemi covid-19.

“Di tengah pandemi covid-19 kita meyakinkan bersama untuk memajukan UMKM sebagai sumber pertumbuhan dan kekuatan ekonomi kita. Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementrian dan lembaga,” kata Ferry Warjio.

Dalam rangka mendorong UMKM sebagai sumber pertumbuhan, Bank Indonesia menyusun Strategi Nasional (Stranas) pengembangan UMKM yang menekankan pada 3 pilar kebijakan. Yakni, Korporatisasi, Kapasitas dan Pembiayaan.

Kebijakan ini diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang diharapkan oleh UMKM di Indonesia selama ini. 

Salah satu program yang dilakukan adalah “Pengembangan UMKM Unggulan” yang bertujuan mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di daerah secara berkelanjutan yang berbasiskan pada potensi lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif. 

Program pengembangan UMKM unggulan ini dilakukan dengan menerapkan pilar kebijakan korporatisasi, kapasitas dan pembiayaan.

UMKM Unggulan ini dilakukan dengan menerapkan pilar kebijakan korporatisasi, kapasitas, dan pembiayaan. Tema pengembangan UMKM Unggulan dilakukan untuk mendukung industri kreatif, kegiatan ekspor, dan pemberdayaan perempuan.

Pengembangan UMKM Unggulan difokuskan pada komoditas orientasi ekspor dan pendukung pariwisata. Seperti kain, kerajinan, kopi dan makanan minuman olahan. Produk kreatif berbasis kain tradisional yang merupakan kekayaan budaya daerah sangat lekat dengan pemberdayaan perempuan. Juga, memiliki potensi peningkatan nilai tambah tinggi, dan berpotensi ekspor dengan kekhususan value, dan keunikan produk. Itu karena mengandung nilai budaya, dan unsur heritage, yang dibuat secara hand-made.

Pembinaan UMKM diarahkan untuk meningkatkan potensi lokal, mengedepankan proses penciptaan nilai tambah, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, dan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. 

Salah satu program yang dilakukan Bank Indonesia untuk mendukung pengembangan UMKM Indonesia adalah dengan membuat Karya Kreatif Indonesia atau KKI, tahun ini merupakan tahun ke lima pagelaran ini selenggarakan.

Sejak tahun 2019, konsep KKI diselenggarakan sebagai sebuah festival dengan format resepsi atau selebrasi perayaan kesuksesan UMKM yang dari tahun ke tahun dibina Bank Indonesia di berbagai daerah.

Kegiatan KKI juga dirancang secara terintegrasi, meliputi pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, workshop, business matching dan business coaching untuk mendukung UMKM yang lebih produktif melalui digitalisasi dan mampu menembus pasar global. Perjalanan Penyelenggaraan 

Penyelenggaraan KKI, UMKM sebagai focus pengembangan untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru menuju Indonesia maju. Berbagai rangkaian kegiatan KKI digelar seperti Pameran Produk UMKM Unggulan, Pagelaran Karya Kreatif, Business Matching, Business Coaching, Webinar Digitalisasi UMKM, Edukasi Onboarding UMKM, Workshop Healthy Food. *(H-we)

Loading...


Berita lainnya..........
- BI Perkirakan Kebutuhan Tunai Ramadhan dan Lebaran 2021 Rp 4,5 Triliun
- PT EPN Gelar Groundbreaking Fuel Terminal Inhil
- Maret 2021, Ekspor Riau Capai 1,79 Miliar USD
- Kondisi Harga Sebako di Kuansing pada Pekan Pertama Puasa 2021
- Ramadhan Hari Pertama, Harga Cabe dan Ayam Ras Naik
- Paguyuban Dosen LLDIKTI UNILAK Bahikan Ratusan Nasi Boc Lewat Keroncongantar.com
- IWARA RAPP Promosikan Busana Berbahan Viscose di Riau International Fashion Festival 2021
- BI-Kemenko Perekonomian RI Gelar FEKDI 2021
- BOB PT BSP-Pertamina Hulu Lantik General Manager Baru
- Permudah Pembayaran Tagihan Pajak dan Lainnya, Bank Riau Kepri Jalin Kerjasama Dengan PT. Pos Indonesia
- OJK Minta Optimal Mitigasi Resiko,
Sulit Menjamin Pembobolan Rekening tak Terulang di BRK

- Tambah Dokter Spesialis Tulang, Pantai Hospital Ayer Keroh Perkuat Squad Ahli Orthopedi
- Konversi Bank Riau Kepri Syariah Beri Jaminan Kepada Nasabah
- Dermaga C Pelindo Dumai Perdana Layani Ekspor Peti Kemas Internasional
- 18 Desa dan 4 BUMDes di Karimun mendapat penghargaan dari Bank Riau Kepri
- Nasabah Non Muslim di Batam. Kompak Dukung Konversi Syariah Bank Riau Kepri
- Pengurus Gabki Riau Periode 2020-2025 Dilantik
- Pasar Moderen Kuansing, Masih Kekurangan Tenaga Pengelola
- Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional,
PT RAPP Fasilitasi Mitra Kerja dengan Penyuplai dan Jasa Finansial

- Transisi Alih-kelola Blok Rokan Capai Kemajuan Signifikan


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com