Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Senin, 12 April 2021 20:50
Selama Ramadan, DPRD Pekanbaru Minta PLN Tidak Lakukan Pemadaman

Senin, 12 April 2021 19:41
Kisah Komnas PA Bengkalis, Kehilangan Anak Sesaat Usai Dilantik

Senin, 12 April 2021 18:18
Pemudik Diminta Putar Balik, Penyekatan Arus Mudik Dimulai 6-17 Mei

Senin, 12 April 2021 17:33
Menjelang PSU Pilkada Rohul 2020, AKBP Taufiq Berharap Penyelenggara Profesional

Senin, 12 April 2021 17:16
Polres Pelalawan Gelar Apel Pasukan Kesalamatan Lancang Kuning 2021

Senin, 12 April 2021 15:29
Antisipasi C3, Personel Polsek Pangkalan Kerinci Sisir Tempat Rawan

Senin, 12 April 2021 15:22
Polsek Kuala Kampar Beri Teguran Pelanggar Prokes

Senin, 12 April 2021 15:16
Jelang Ramadhan, Polsek Pangkalan Lesung Tim Sebar Saber Pungli ke Tempat Perbelanjaan

Senin, 12 April 2021 15:00
Polsek Bunut Rutin Gelar Operasi Yustisi Prokes

Senin, 12 April 2021 15:00
Ops Keselamatan Lancang Kuning 2021, Kapolres Rohul Pesankan ini ke Masyarakat

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 26 Maret 2021 13:35
Pengurus Gabki Riau Periode 2020-2025 Dilantik

Ketum GAPKI Pusat melantik Pengurus GAPKI Riau periode 2020-2025. Pelantikan dilakukan secara daring.

Riauterkini-PEKANBARU-Setelah terpilih pada Musyawarah Cabang VI GAPKI Riau pada 16 Desember 2020 lalu, Pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau hari ini, Jumat (26/3/21) dilantik. Pelantikan langsung Ketua Umum GAPKI Pusat, Joko Supriono secara virtual.

CEO PTPN V, Jatmiko Krisna Santosa yang dilantik sebagai Ketua Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau 2021-2025, mengatakan bahwa ia ingin membawa GAPKI Riau sebagai wadah yang memiliki dampak positif yang menguntungkan bagi pelaku usaha kelapa sawit di provinsi Riau yang saat ini memiliki luas kebun sawit terbesar di Indonesia.

Akselerasi peremajaan sawit rakyat menurutnya menjadi salah satu program prioritas asosiasi perkebunan kelapa sawit periode 2020-2025 sebagai langkah peningkatan ekonomi para petani. GAPKI Cabang Riau menempatkan peremajaan sawit rakyat sebagai fokus utama kepengurusan asosiasi perusahaan perkebunan tersebut.

"Yang jadi concern kita berkaitan dengan peremajaan sawit rakyat. Kita tahu persis kalau bicara CPO (crude palm oil) perusahaan mendekati 5 ton per hektare. Sementara petani hanya 2 ton hektare. Ini masih jadi pekerjaan rumah besar," kata Jatmiko K Santosa, usai pelantikan pengurus GAPKI Cabang Riau Periode 2020-2025 di Kota Pekanbaru.

Jatmiko mengatakan peremajaan sawit rakyat (PSR) juga telah menjadi prioritas GAPKI dan pemerintah pusat. Bersama pemerintah, GAPKI Pusat berupaya mengakselerasi program tersebut sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Ia menegaskan GAPKI Riau segera berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk memetakan daerah di Riau yang memiliki potensi besar dalam pelaksanaan PSR.

"Saat ini, Pelalawan menjadi salah satu kabupaten percontohan pelaksanaan PSR melibatkan perusahaan di Riau. GAPKI Riau segera berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk memetakan daerah di Riau yang memiliki potensi besar dalam pelaksanaan PSR," terangnya.

Menurutnya, kerjasama yang baik antara pengusaha dan petani sawit akan berimplikasi besar dalam melawan kampanye hitam sektor perkebunan sawit. Ia mengatakan langkah sertifikasi perkebunan sawit rakyat dengan perusahaan menjadi solusi yang bisa dipilih dalam melawan kampanye hitam negara produsen pesaing.

Jatmiko mengatakan bahwa saat ini perkebunan sawit di Bumi Lancang Kuning telah menjadi salah satu sektor yang masih tumbuh positif di tengah pandemi. Dengan total luas lahan perkebunan sawit mencapai 3,6 juta hektare, atau terluas di Indonesia, Jatmiko mengatakan sudah waktunya Riau memberikan kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi dari sektor minyak nabati.

Selanjutnya, GAPKI Riau bersama pemerintah akan terus memonitor aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan industri dan lahan perkebunan sawit yang tumpang tindih serta aturan ketenagakerjaan.

"Undang-undang ketenagakerjaan. Peraturan pemerintah sudah diterbitkan. Bagaimana membantu pemerintah provinsi agar peraturan dapat dilaksanakan dengan baik. Adalah bagaimana data kita akurat. Tidak ada lagi permasalahan tumpang tindih kawasan," ujarnya.

Selanjutnya, GAPKI Riau turut fokus pada pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bersama Pemerintah Provinsi Riau secara berkelanjutan. Jatmiko turut menargetkan perusahaan yang menjadi anggota aktif GAPKI Riau bertambah. Saat ini, ia mengatakan baru sekitar 64 perusahaan dari total 200 perusahaan sawit yang berdiri di tanah Melayu itu.

Sementara itu, Ketua GAPKI Pusat, Joko Supriono, mengakui bahwa tugas kepengurusan GAPKI Riau cukup berat. Terutama status Riau sebagai provinsi dengan areal perkebunan sawit terbesar di Indonesia. Ia mengatakan tantangan perkebunan sawit tidak akan pernah usai selama Indonesia masih menjadi negara eksportir CPO.

"Kita perlu terus memperkuat supply chain dari petani maupun perusahaan sehingga jadi satu supply chain yang solid, bersatu, berjuang bersama memajukan sawit antara pelaku usaha dan masyarakat. Saya yakin upaya memajukan industri ini akan mudah dan juga hadapi tantangan global yang lebih berat ini," urainya secara daring.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, mengakui bahwa perkebunan sawit merupakan sektor yang paling berpartisipasi dalam membangun Riau. Ia mengatakan begitu banyak kantong-kantong keramaian di seluruh penjuru Provinsi Riau akibat keberadaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit.

"Perkebunan paling banyak berpatisipasi membangun Riau. Banyak kantong-kantong keramaian di Riau karena adanya perkebunan sawit dan pabrik kelapa sawit. Selain itu, subsektor perkebunan tidak berimbas pandemi dan malah naik harga TBS. Kartu pengaman Riau adalah perkebunan sawit," ujarnya.

Edy berharap kepengurusan GAPKI Cabang Riau dapat bertugas dengan baik dan membantu masyarakat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

"GAPKI Riau sudah saatnya memberikan kontribusi dan manfaat bagi pengusaha sawit dan pemerintah, dibandingkan provinsi lainnya," kata Jatmiko dalam kesempatan tersebut.

Ia menambahkan, saat ini ada 62 anggota yang sudah tergabung di GAPKI Riau, dan juga masih ada perusahaan yang belum tergabung dengan GAPKI Riau. Keberadaan GAPKI Riau diharapkan dapat memiliki nilai tambah bagi pelaku usaha yang sudah bergabung.

"Sehingga ada nilai tambah bagi calon-calon anggota GAPKI Riau yang mau bergabung. Saya berharap, GAPKI Riau memiliki manfaat bagi anggota yang akan bergabung dan anggota yang sudah bergabung kedepannya," ulasnya.

Hadiri pada acara pelantikan pengurus GAPKI Riau, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Ketua Dinas Perkebunan Riau, Zulkifli, serta disaksikan langsung ketua GAPKI Pusat, Joko Supriono, secara daring. *(H-we)

Loading...


Berita lainnya..........
- Paguyuban Dosen LLDIKTI UNILAK Bahikan Ratusan Nasi Boc Lewat Keroncongantar.com
- IWARA RAPP Promosikan Busana Berbahan Viscose di Riau International Fashion Festival 2021
- BI-Kemenko Perekonomian RI Gelar FEKDI 2021
- BOB PT BSP-Pertamina Hulu Lantik General Manager Baru
- Permudah Pembayaran Tagihan Pajak dan Lainnya, Bank Riau Kepri Jalin Kerjasama Dengan PT. Pos Indonesia
- OJK Minta Optimal Mitigasi Resiko,
Sulit Menjamin Pembobolan Rekening tak Terulang di BRK

- Tambah Dokter Spesialis Tulang, Pantai Hospital Ayer Keroh Perkuat Squad Ahli Orthopedi
- Konversi Bank Riau Kepri Syariah Beri Jaminan Kepada Nasabah
- Dermaga C Pelindo Dumai Perdana Layani Ekspor Peti Kemas Internasional
- 18 Desa dan 4 BUMDes di Karimun mendapat penghargaan dari Bank Riau Kepri
- Nasabah Non Muslim di Batam. Kompak Dukung Konversi Syariah Bank Riau Kepri
- Pengurus Gabki Riau Periode 2020-2025 Dilantik
- Pasar Moderen Kuansing, Masih Kekurangan Tenaga Pengelola
- Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional,
PT RAPP Fasilitasi Mitra Kerja dengan Penyuplai dan Jasa Finansial

- Transisi Alih-kelola Blok Rokan Capai Kemajuan Signifikan
- Dukung Stabilisasi Harga Bahan Pangan Pokok, BI Kpw Riau Serahkan Bantuan Chiller Room
- OJK: Hati-hati Tawaran Investasi Bodong
- RAPP Raih CSR Terbaik di Kabupaten Pelalawan
- Petani Binaan PT RAPP Ceritakan Sukses Budidaya Nanas Ratu di Nasional e-Learning KLHK
- Resto D,Perahu Hotel Inhil Pratama Luncurkan Promo Sambut Ramadhan


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com