Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Kamis, 24 Juni 2021 12:21
Tegakkan Prokes, Polsubsektor Pelalawan Gencar Operasi Yustisi di Desa Segati

Kamis, 24 Juni 2021 10:52
Warga Bengkalis Terpapar Covid-19 Meninggal Dunia Kembali Bertambah

Kamis, 24 Juni 2021 09:34
Kantor Polsek Pangkalan Kuras Rutin Dilakukan Penyemprotan Disinfektan

Kamis, 24 Juni 2021 09:02
Dua Penambang Emas Ilegal Diamankan Polsek Singingi, Kuansing

Kamis, 24 Juni 2021 07:53
Didukung AMSI, SMSI dan SPS,
Gubri Intruksikan Konsisten Laksanakan Pergub Mitra Media


Kamis, 24 Juni 2021 07:19
Dituduh Peras Bupati, Kejari Kuansing dan Staf Diperiksa Kejati Riau

Rabu, 23 Juni 2021 21:33
Hadiri Pengukuhan Kwartir Pramuka Ranting Mandau,
Bupati Bengkalis Harap Kembalikan Kejayaan Pramuka


Rabu, 23 Juni 2021 20:32
Pemkab Inhu Hadiri Pencanangan Penurunan Stunting Secara Virtual

Rabu, 23 Juni 2021 20:28
Cemburu Buta, Suami Bunuh Istri Tengah Hamil 7 Bulan di Kampar

Rabu, 23 Juni 2021 18:25
Pendaftaran Online PPDB SMA/SMK Negeri di Riau Dimulai 28 Juni

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Kamis, 22 April 2021 11:47
BPJS Ketenagakerjaan Realisasasikan Kenaikan Manfaat Beasiswa 

Para peserta BPJS Ketenagakerjaan bersyukur. Mendapat peningkatan manfaat beasiswa.

Riauterkini - DURI - Usai diterbitkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali mendapatkan mandat menunaikan kewajiban untuk memberikan beasiswa pendidikan kepada ahli waris peserta. Hal ini sesuai dengan manfaat yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JKK JKM.

Pembayaran beasiswa ditunaikan setelah aturan turunan dari PP Nomor 82 Tahun 2019 yaitu Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program JKK, JKM dan JHT yang efektif berlaku pada 1 April 2021. Permenaker ini mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat JKK, JKM dan JHT, dengan salah satunya adalah pembayaran beasiswa pendidikan bagi anak ahli waris peserta.

Berdasarkan Permenaker tersebut,  beasiswa pendidikan anak diberikan pada ahli waris peserta yang mengalami risiko meninggal dunia dan atau kecelakaan kerja yang berdampak cacat total tetap atau meninggal dunia. Manfaat beasiswa ini diberikan untuk 2 orang anak dengan nilai maksimal Rp174 juta, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga jenjang pendidikan Strata 1 (S1). Kriteria anak yang dapat menerima beasiswa dinyatakan belum bekerja, belum menikah dan di bawah usia 23 tahun.

Kegiatan penyerahan beasiswa secara simbolis ini dilaksanakan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo di Jakarta, Rabu (21/4/21) dan dilakukan serentak di 33 Provinsi secara daring.

Ida bersyukur atas implementasi Permenaker Nomor 5 Tahun 2021, yang terlaksana bertepatan bulan Ramadan sekaligus Hari Kartini."Permenaker ini sangat dinantikan kehadirannya dikarena merupakan pemutakhiran dari 4 Permenaker dan 1 Keputusan Menaker yang sebelumnya mengatur mekanisme pemberian manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan,"ujarnya.

Senada, Anggoro mengapresiasi kerja keras Kemnaker dan seluruh Kementerian dan Lembaga yang terlibat dalam penyusunan Permenaker Nomor 5 tahun 2021, sehingga kenaikan manfaatnya sangat dirasakan ahli waris peserta program JKK dan JKM.

"Manfaat beasiswa ini naik signifikan, 1.350 persen, dari sebelumnya sebesar Rp12 juta untuk satu orang anak, menjadi maksimal Rp174 juta untuk dua orang anak. Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat mendukung mereka dalam menjalani proses belajar di sekolah, perguruan tinggi atau pelatihan,"ungkap Anggoro.

Dikatakan Anggoro, proyeksi total penerima manfaat beasiswa ini mencapai 10.451 anak dengan total nilai yang dikucurkan sebesar Rp 115,64 Milliar."Saya berharap agar pembayaran beasiswa yang sempat tertunda ini sesegera mungkin kami tunaikan, paling lambat minggu pertama bulan Mei 2021 mendatang untuk mendukung pendidikan anak peserta,"tutur Anggoro.

Hal tersebut sudah menjadi komitmen BPJAMSOSTEK untuk memberikan pelayanan terbaik dengan cepat dan tepat sasaran, agar kepercayaan masyarakat terus meningkat, sehingga akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dalam melindungi pekerja menjalani aktivitas pekerjaan sehari-hari."Tentunya dengan kesadaran berjaminan sosial yang tinggi, kami harapkan akan mengakselerasi tercapainya perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja Indonesia,"tambahnya berharap.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Duri, Achiruddin menyampaikan bahwa BPJAMSOSTEK memberi manfaat yang luar biasa besar dengan iuran yang sangat kecil, karena BPJAMSOSTEK bersifat Nirlaba. Seluruh pekerja berhak atas manfaat ini dan semua pemberi kerja berkewajiban memberikan hak normatif jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerjanya. Mudah mudahan ke depannya seluruh pekerja menjadi pintar dan sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan. Menutup kegiatan tersebut, Ida Fauziyah memberikan semangat kepada anak anak penerima beasiswa dan berpesan bahwa pendidikan itu adalah sarana mencapai masa depan yang cemerlang dan sudah menjadi hak anak anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak meskipun dengan keterbatasan.

"Kali ini negara hadir untuk memastikan anak anak yang kurang beruntung mendapatkan pendidikan. Anak-anak jangan takut bermimpi, gantungkan cita cita setinggi-tingginya karena ada BPJAMSOSTEK yang membantu mewujudkannya,"ungkap Ida sembari memotivasi.*(Rls/hen)

Loading...


Berita lainnya..........
- Mei, BI Catat Uang Beredar Rp 6.994,9 Triliun
- Taja Webinar, Unilak Pekanbaru Dorong Pemuda Rumbai Berwirausaha
- Muscab Perdana FSP NIBA Kuansing Pilih Andi Nurbai sebagai Ketua
- BOB PT BSP-Pertamina Hulu Raih Sertifikat SMAP ISO 37001:2016
- RUPS BRK, OJK Akan Segera Ajukan Sejumlah Nama ke Pusat
- Sukseskan Vaksinan Gotong-royong, Apical Dukung Pemulihan Ekonomi
- Meski Masih Pandemi, Volume Transaksi RFB Masih Naik
- Apical Bersama Bupati Bogor Ajak Masyarakat Cintai Kuliner Tradisional
- Dukung Pemerintah Daerah, Apical Turut Serta Lestarikan Kuliner Khas Kabupaten Bogor
- Permudah Pendaftaran dan Pembayaran Iuran, BPJAMSOSTEK Gandeng LinkAja
- Riau Tuan Rumah FESyar Regional Sumatera Agustus Mendatang
- Dana Haji di Perbankan Syariah Rp 43 Triliun
- Konsumen Yakin Ekonomi Bakal Meningkat
- Harga CPO Malaysia Pengaruhi Harga TBS Sawit Riau
- Kunjungi Bank Riau Kepri, Gubernur Kepri Komit Tambah Modal
- Bandara Japura Perlu Investor, Sekali Terbang Pesawat Komersil Rp420 Juta
- Minyak Goreng Picu Inflasi di Riau
- Bank Riau Kepri - UIR Jalin Kerjasama Pembayaran Biaya Pendidikan
- Pulihkan Ekonomi, Bupati Meranti Ajak Pegawai Nongkrong di Kedai Kopi Sejam Sehari
- Dongkrak Produksi Migas, BOB kembali Tajak Sumur Migas di Bengkalis


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com