Home > Usaha >>
Berita Terhangat..
Jum’at, 29 Oktober 2021 00:10
Walikota Pekanbaru Isyaratkan Berlabuh ke PPP

Kamis, 28 Oktober 2021 21:51
Cegah Penyebaran Covid-19, 100 Warga Binaan Baru Rutan Lakukan Swab Ulang

Kamis, 28 Oktober 2021 19:23
Wujud Syukur, Alumni SIP ke-50 Polda Riau Sambangi Sekolah Islam dan Panti Jompo

Kamis, 28 Oktober 2021 19:07
Ditinjau Syamsuar, Bazar Murah Golkar Riau Diserbu Warga

Kamis, 28 Oktober 2021 18:52
Isu Keanggotaan Nusirwan di Kopsa-M, Kepala Desa Pangkalan Baru Angkat Bicara

Kamis, 28 Oktober 2021 18:45
PN Bangkinang Vonis Bebas Hermayalis Dalam Kasus KDRT

Kamis, 28 Oktober 2021 18:33
Ide Kreatif Helmibaked House Pasutri di Rumbai, Dari Hobi Bisa Menghasilkan Rupiah

Kamis, 28 Oktober 2021 17:56
Eka Hospital Raih Penghargaan “The Most Innovative Hospital 2021”

Kamis, 28 Oktober 2021 17:49
MoU Bank Riau Kepri dan Pemkab Kepulauan Anambas Ditandatangani Pada Hari Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021 17:46
Angkat Perekonomian Masyarakat Desa, Asian Agri Bantu Peternak Desa Bagan Limau

 

Perhatian : Pengutipan berita riauterkini.com harus mencantumkan riauterkini, atau kami akan menuntut secara hukum sesuai @UU Hak Cipta.
Jum’at, 17 September 2021 17:14
Punya Komitmen yang Sama, Bank Riau Kepri Jadi Mitra dalam Program Subsidi Bunga Pinjaman Modal Usaha dari Pemrov Kepri

Bank Riau Kepri bersama Pemprov Kepri komitmen upaya pemberdayaan UMKM. Komitmen diberikan dalam bentuk bantuan subsidi bunga.

Riauterkini-TANJUNGPINANG - Bank Riau Kepri bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen dalam upaya penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya di masa pandemi Covid-19. Komitmen itu dalam bentuk bantuan subsidi bunga atau margin untuk pelaku UMKM yang melakukan pinjaman untuk modal usaha melalui Bank Riau Kepri.

Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau Kepri, Tengkoe Irawan mengatakan kerjasama yang dilakukan Bank Riau Kepri dengan Pemrov Kepri ini mulanya digagas oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Pada 21 Agustus 2021 lalu, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dan Dirut Bank RiauKepri Andi Buchari menandatangani MoU tentang Kredit/pembiyaan Usaha Mikro dengan Subsidi bunga/margin di Menara Dang Merdu, Kota Pekanbaru, Riau.

"Ini memang inisiatif dari Gubernur Kepulauan Riau, yang kita harapkan dapat meningkatkan ekonomi para pelaku usaha mikro serta akan membuka peluang bisnis baru selama masa pandemi Covid-19 ini," kata Tengkoe Irawan pada acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang kredit/pembiayaan usaha mikro dengan subsidi bunga/margin di Rupatama Lantai IV, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (15/9/2021) lalu.

Bank Riau Kepri, kata Tengkoe, hampir 2.000 an memberikan relaksasi kepada debitur yang mengalami keterlambatan dan hambatan dalam menjalankan bisnisnya. Kepedulian Bank Riau Kepri dengan kondisi para debitur selama masa pandemi Covid-19 ini hampir sama dengan kebijakan yang dibuat oleh Pemrov Kepri, dimana debitur tetap mengembalikan pokok angsuran dari pinjamannya tanpa mengganggu bisnis yang sedang berjalan.

"Setelah nanti program Kredit/pembiayaan Usaha Mikro dengan Subsidi bunga/margin ini berjalan, pihak Bank Riau Kepri dengan OPD terkait akan terus melakukan sosialisasi kepada debitur, agar persepsi yang sama dari kerjasama ini tidak diterima berbeda oleh debitur. Mulai dari saat prospek hingga monitoringnya nanti harus sejalan antara pihak Bank dengan OPD terkait," kata Tengkoe lagi.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekdaprov Kepri Lamidi menegaskan, komitmen Pemrov Kepri dalam upaya penguatan dan pemberdayaan UMKM ini sebagai salah satu pilar pembangunan daerah. Sehingga mampu membuka kesempatan kerja yang luas dan memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Lamidi juga menegaskan masyarakat atau pelaku UMKM yang akan memanfaatkan program subsidi bunga pinjaman modal usaha dari Pemrov Kepri ini, harus paham dulu dengan kata bantuan subsidi bunga. Pinjaman ini bukan uang hilang, melainkan tetap harus dikembalikan sesuai pinjaman yang diajukan.

"Jadi yang dibantu oleh Pemrov Kepri itu adalah pembayaran bunga dari pinjaman yang diajukan pelaku UMKM. Ini bentuk upaya kami membantu pelaku UMKM agar tetap produktif di masa pandemi Covid-19 ini. Keuntungan yang diperoleh dari usaha nanti juga bisa disimpan untuk menambah modal usaha, sementara modal awal dari pinjaman ini tetap dibayarkan ke Bank Riau Kepri sebagai mitra kita dalam program ini," kata Lamidi.

Tidak hanya itu saja, Dinas Koperasi dan UKM harus dapat selalu berkordinasi dengan pihak Bank Riau Kepri untuk melakukan monitoring dan evaluasi kepada pemanfaat bantuan subsidi bunga pinjaman ini. Evaluasi dan monitoring harus dilakukan secara berkala terhadap pemanfaat bantuan ini, agar tidak disalah artikan maksud dari bantuan Pemprov Kepri ini.

"Ini tugas Dinas Koperasi dan UKM bersama pihak Bank Riau Kepri, bagaimana perkembangan usaha pemanfaat setelah mendapat bantuan, apa kendala mereka dan hal lainnya. Ini harus dianggarkan sekali 2 bulan, kita tidak ingin ada pemanfaat yang macet dalam membayar angsuran modal usahanya," tegas Lamidi lagi.

Dalam program Pemrov Kepri ini, pelaku UMKM dapat meminjam uang di Bank Riau Kepri untuk modal usaha senilai Rp 20 juta maksimal dan mendapat keringanan tanpa bunga.

"Karena, bunga pinjaman modal tersebut dibayar oleh Pemprov Kepri. Sehingga, pelaku UMKM hanya mengembalikan pinjaman pokok kepada Bank RiauKepri, dengan masa paling lama 2 tahun. Jangan sampai salah mengartikan bantuan Pemrov ini," katanya menegaskan sekali lagi.

Pada akhir acara dilakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama oleh Agusnawarman, Kepala Dinas Koperasi UKM Kepri dengan Tengkoe Irawan, Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau Kepri, Tengkoe Irawan dan disaksikan Penjabat (Pj) Sekdaprov Kepri Lamidi, Asisten Administrasi Umum M Hasbi, Kepala BPKAD Veni, Kepala BP2RD Reni Yusneli.

Turut hadir Kepala Divisi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bank Riau Kepri, Antoni, Pemimpin Divisi Hukum PT Bank Riau Kepri Fajar Restu Hadi, Pinbag Komunikasi Korporasi M Dwi Harsadi P, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Tanjungpinang Wan Abdur Rahman, Pjs Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Batam Erwin Indra, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Bintan Musnardi Putra, dan Pimpinan Cabang Pembantu Bank RiauKepri Bintan Center Destrian. ***

Loading...


Berita lainnya..........
- BNI Gelar Undian Rejeki BNI Point #GaPakeNanti Bertabur Hadiah Mewah dan Menarik
- Apical Group Kembali Ikut Trade Expo Indonesia Digital Edition 2021
- Bank Riau Kepri serahkan CSR pada Pemprov Riau untuk Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai
- Sub Holding Gas Pertamina Laksanakan Sosialisasi ROW di Desa Harapan Baru
- Program CSR, Bank Riau Kepri Bangun Surau Selensen Point
- Holding Perkebunan Perkuat Green Energy dan Dukung Dekarbonisasi
- Perkuat Bisnis dan Transfer Knowledge Perbankan Syariah, Bank Riau Kepri Lakukan MoU dengan BSI
- Tingkatkan PAD Dishub Kuansing Bakal Maksimalkan Layanan KIR dan Terminal
- PT SPR Kerjasama PT SAI Perdagangan Komoditi Antar Daerah
- Bank Riau Kepri Dinilai Miliki Kinerja yang Bagus Versi BPKH
- CMSE 2021, Peningkatan Investasi Pasar Modal Dorong Kebangkitan Ekonomi Nasional
- Pinjol Illegal, OJK Riau Ingatkan Masyarakat Riau Agar Waspada
- Peningkatan Komsumsi Diaebut Pertamina Picu BBM Langka di Pekanbaru
- Bank Riau Kepri Sosialisasikan Fitur QRIS ke OPD di Pemerintah Kota Batam
- Sukses Sejahterakan Petani, Dirut Holding Perkebunan Ingin Nasionalisasikan Pola PTPN V
- Gerak Cepat, PHR WK Rokan Lampaui Target Sumur Pengeboran
- Dikeluhkan, Nasabah KK BNI Duri Hanya Dilayani Seorang CS
- Hari Ozon Internasional 2021, KTH Bukik Ijau Kuansing Terima Penghargaan
- Bupati Kuansing Puji Ketekunan Petani Padi Gunung Kesiangan
- Selama Oktober 2021, OJK Gelar Bulan Inklusi Keuangan


Riauterkini.com
Untitled Document | IP Anda :
All Right Reserved 2014 @ Riauterkini.com