Logo RTC
 
 
KPA Kota Pekanbaru Raih Penghargaan

Riauterkini -PEKANBARU - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru meraih penghargaan sebagai KPA yang aktif dalam penanggulangan AIDS di Provinsi Riau. Penghargaan diberikan KPA Provinsi Riau pada saat rapat koordinasi KPA se-Provinsi Riau. Penghargaan diberikan Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si yang menjadi nara sumber utama pada kegiatan tersebut.

Penghargaan diterima Wakil Walikota Pekanbaru selaku Ketua Pelaksana KPA Kota Pekanbaru didampingi Sekretaris KPA Kota Pekanbaru Hasan Supriyanto. Wakil Walikota menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KPA Provinsi Riau. Penghargaan ini juga sekaligus tantangan bagi Kota Pekanbaru untuk lebih serius dalam melakukan upaya penanggulangan AIDS.

Karena sebagaimana disampaikan Plt. Sekjen Kemendagri, upaya penanggulangan AIDS merupakan salah satu komponen yang menjadi tanggung jawab daerah dan termasuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM). Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban daerah yang diukur oleh pemerintah pusat. Disamping itu, sebagai kota yang sedang berkembang, permasalahan HIV menjadi persoalan kita Bersama. Lanjut Ayat.

Salah satu yang dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru adalah dengan menyediakan layanan pemeriksaan tes HIV di seluruh puskesmas utama di Kota Pekanbaru. Tercatat 21 puskesmas dapat melayani tes atau pemeriksaan HIV. Selain itu, 22 rumah sakit baik yang dikelola pemerintah maupun swasta sudah dapat melayani tes atau pemeriksaan HIV. Namun upaya ini masih terus dilakukan termasuk pada aspek pencegahan.

Untuk itu lanjut Ayat, diharapkan juga jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru dan instansi terkait untuk tetap melaksanakan upaya penanggulangan AIDS sesuai dengan tupoksi masing-masing. Upaya menggalang dukungan berbagai pihak juga tetap dilakukan. Hal-hal yang patut dikoordinasikan dapat dilakukan dengan KPA Kota Pekanbaru atau Dinas Kesehatan. Karena memang salah satu tugas pokok dan fungsi KPA adalah melakukan koordinasi upaya penanggulangan AIDS. Tutup Ayat.

Ditambahkan Hasan, kedepan KPA Kota Pekanbaru bersama pihak terkait akan mengupayakan pencapaian SPM yang sudah ditetapkan pemerintah pusat dari komponen HIV dan AIDS. Salah satu focus upaya yang akan dilakukan adalah dengan mendorong ketahanan keluarga. Upaya penanggulangan pada usia remaja juga menjadi perhatian KPA Kota Pekanbaru kedepan. Tutup Hasan. (Dan)

BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 06 Desember 2021

Kota Pekanbaru Terima WTP 5 Kali Berturut-turut dari Kemenkeu

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Prestasi ini diperoleh karenakan tata kelola dan pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru yang transparan dan akuntabel selama lima tahun terakhir.

Advertorial
Jumat, 06 Nopember 2021

Bupati Pelalawan Panen Raya di Desa Kuala Panduk

Riauterkini-PELALAWAN- Bupati Pelalawan H Zukri Misran menghadiri kegiatan panen raya padi di desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.Jumat (05/11/21).

Galeri